oleh

Bupati Bakhtiar Turun ke Sawah Meninjau KUR Tani Di Sosorgadong Dalam Suasana Hujan

-Daerah-1,289 views

TAPANULI TENGAH .Mitanews.co id | Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani turun ke sawah meninjau realisasi program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pertanian di Kelurahan Sosorgadong, Kecamatan Sosorgadong, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), pada Minggu (19/12/2021).

Hadir tanpa protokoler dan dalam suasana hujan, Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani disambut riang gembira oleh petani yang mendapatkan program KUR Tani di lokasi hamparan sawah yang luas tersebut.

Roijal Sihotang merasa terharu saat mengetahui lahan sawahnya ditinjau langsung oleh orang namor satu di Tapanuli Tengah itu.

“Terima kasih sekali kami ucapkan kepada pak Bupati Bakhtiar yang sudah datang menyapa kami di sawah ini,” ucap Roijal.

Hal senada juga disampaikan oleh Ibu Rentina Matondang, petani yang hadir di lokasi persawahan itu juga mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan, khususnya kepada kami.

Dengan program KUR Tani ini, tambah Rentina, kebutuhan bertani padi kami dapat terpenuhi semuanya.

Pada kesempatan itu, Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani menyampaikan tujuan dirinya langsung meninjau lahan para petani ini untuk memastikan program KUR Tani berjalan dengan baik di Kecamatan Sosorgadong. 

“Saya turun langsung ke lahan sawah petani ini untuk meninjau langsung bagaimana pertumbuhan padi para petani dan memastikan program KUR Tani sudah berjalan dengan baik sesuai ketentuan berlaku,” kata Bupati Bakhtiar.

Bupati Bakhtiar menjelaskan, para petani yang ikut program KUR Tani ini akan mendapatkan modal usaha pertanian secara mudah dan murah. Tanpa jaminan atau boroh apapun. Para petani mendapatkan benih bersertifikat, mendapatkan kepastian pupuk yang berkualitas, pestisida, dan mendapatkan biaya pengolahan lahan serta biaya panen dan pasca panen.

“Bukan hanya itu, petani yang ikut program KUR Tani ini juga mendapatkan biaya hidup enam juta rupiah per hektar per musim tanam dan para petani juga dijamin oleh asuransi gagal panen yakni asuransi Jasindo,” ungkap Bupati Bakhtiar.

“Saya juga ingin, produksi para petani naik secara nyata, dari yang biasa selama ini 5 ton per hektar, bisa naik menjadi 6 hingga 7 ton per hektar,” harapnya mengakhiri.

Seperti diketahui, Program KUR Tani di Kabupaten Tapanuli Tengah ini adalah buah perjuangan Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani selama dua tahun ini, mulai kerjasama dengan Kementerian Pertanian, Bank BNI, hingga asuransi gagal panen. Program KUR Tani ini ditargerkan bisa tersalurkan kepada 20 ribu petani padi di Kabupaten Tapanuli Tengah.( mn.16).

Baca juga : Honda CB Seruduk “Ekor” Colt Diesel

News Feed