oleh

Bupati dan Wabup Sergai Hadiri Syukuran Pembangunan Jalan di Panombean

-Daerah-1,125 views

SERGAI, Mitanews.co.id | Percepatan penanganan pandemi Covid-19 tidak menjadikan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) terhenti. Bupati Sergai H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati (Wabup) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP tetap menjaga komitmen untuk mengakomodasi kebutuhan akses jalan warga dengan membawa keyakinan “Jalan Mulus, Ekonomi Bagus”.

Hal tersebut jelas mendapat apresiasi yang tinggi dari masyarakat, tak terkecuali masyarakat Desa Panombean Kecamatan Bintang Bayu. Atas Pembangunan infrastruktur jalan yang dilaksanakan di desanya, warga mengadakan acara syukuran di pekarangan Balai Desa Panombean Kecamatan Sei Bamban, Kamis (30/12/2021).

Bupati Sergai H Darma Wijaya didampingi Wabup Adlin Umar Yusri Tambunan dalam kesempatan tersebut mengatakan, berterima kasih kepada masyarakat Kecamatan Bintang Bayu dimana saat Pilkada lalu dengan keguyubannya mampu memberikan suara untuk Darma Wijaya-Adlin Tambunan 83 persen.

“Bintang Bayu ini adalah tempat bermain saya,ditambah suara “Dambaan” yang besar tidak mungkin tidak saya prioritaskan”, ujar Darma Wijaya.

Terkait permintaan Ketua Asosiasi Pemerintah Desa (APDESI) Kecamatan Bintang Bayu Najarudin tentang kondisi jalan menuju Desa Damak Tolong Buho yang melintasi areal PT SIFEF Kebun Bandar Pinang Estate,Bupati mengatakan bahwa hal tersebut tidak bisa dianggarkan dari APBD Kabupaten Serdang Bedagai karena status jalan tersebut adalah kewenangan desa.

“Kita cari cara lain dengan pemerintah Pusat atau Provinsi agar bagaimana jalan menuju Damak Tolong Buho ini bisa dibangun,seperti juga yang saat ini diperoleh Kecamatan Sipispis atas rusaknya beberapa infrastruktur disana mendapatkan alokasi anggaran sekitar Rp5 miliar.”,ujar Bupati.

Kita harus bersyukur, Serdang Bedagai tahun ini mendapatkan anggaran 300 M untuk pembangunan infrastruktur.Banyak anggaran yang kita pangkas termasuk anggaran perjalanan dengan menggunakan tiket kelas ekonomi dan pengadaan mobil dinas yang hanya Rp600 juta Disini kita bisa memangkas anggaran hingga Rp2 miliar yang lebih bagus kita bangun untuk jalan”, terang Bang Wiwik sapaan akrab Darma Wijaya.

Termasuk Bimtek Kades juga ditekan,tahun ini tidak ada Kades keluar untuk Bimtek,karena yang utama adalah pembangunan infrastruktur.Itu komitmen kami untuk bangun infrastruktur,dan kita upayakan jalan ke Kecamatan Serba Jadi sekitar 400 Meter,ujar Bupati.

Terakhir, Darma Wijaya mengaku bangga dengan daerah gunung seperti Kecamatan Kotarih,Serba Jadi,Silinda,Dolok Masihul, Sipispis terlebih Kecamatan Bintang Bayu sukses melaksanakan program pemerintah terkait vaksinasi yang bisa menjadi contoh terkait vaksinasi yang tembus angka 89 persen.

Sementara Wabup H Adlin Umar Yusri Tambunan dalam kesempatan tersebut mengakui, masih banyak ruas-ruas jalan yang akan diselesaikan,target kita saat Kabupaten Serdang Bedagai berusia 20 tahun semua jalan Sergai sudah baik.

Kita akan buat daerah pengunungan menjadi pusat pertanian dan perkebunan termasuk menjadi icon pariwisata berbasis perkebunan.Kecamatan Sei Rampah menjadi pusat pemerintahan,dan Perbaungan pusat perekonomian,beber Wabup.

Dirinya juga meminta peran serta masyarakat untuk menjaga jalan yang sudah dibangun dengan anggaran yang besar.Pemkab tidak akan mampu tanpa kontribusi masyarakat.Terkait tonase jalan agar diperhatikan agar umur jalan ini panjang,pesan Adlin.

Sebelumnya,Ketua APDESI Kecamatan Bintang Bayu Najarudin mengucapkan terimakasih atas pembangunan jalan telah selasai dengan mulus.Dirinya mengatakan keyakinan bahwa dibawah kepemimpinan Bupati Sergai H Darma Wijaya-Adlin Tambunan Serdang Bedagai akan maju terus.

“Baru dua tahun ini pembangunan ini merata di Serdang Bedagai.Sejak saya lahir baru ini pembagunan Hotmik merata di Bintang Bayu.Ini menambah keyakinan saya Kabupaten ini akan maju terus”, ucap Kades yang saat ini menjabat periode ketiga.

Usai acara,Amat Saudi (63) warga Dusun I Desa Panombean saat diminta tanggapannya menyampaikan terimakasih atas syukuran pembangunan jalan hotmik yang langsung dihadiri Bupati dan Wakil Bupati.

Alhamdulillah,sekarang dengan jalan mulus warga pekebun mudah mengeluarkan hasil bumi tidak seperti dulu berlubang,berdebu saat kemarau dan becek saat musim penghujan,ucap Amat.

Hal serupa juga disampaikan tokoh masyarakat Syamsuri Samin,S.Pd.
“Saya sempat berpikir apakah sampai umur saya menikmati jalan di Bintang Bayu ini semua di Hotmik.Alhamdulillah akhirnya kita rasakan,ujar Syamsuri.

Dalam acara tersebut secara simbolis Bupati dan Wabup disaksikan Direktur BUMDes Purwono dan Camat Bintang Bayu Fitrianti, menyerahkan secara simbolis sembako kepada 42 Rumah Tangga Miskin (RTM) dari dari BUMDes Bintang Harapan yang memperoleh surplus.(mn.44)

Baca juga : Camat Ulu Barumun Sertijabkan 4 Desa

News Feed