oleh

Bupati Nias Utara Buka Pelatihan Pengelolaan Toilet Di Destinasi Pariwisata

-Daerah-715 views

Nias Utara.Mitanews.co.id | Bupati Amizaro Waruwu, S.Pd Buka Secara Resmi Pelatihan Pengelolaan Toilet Di Destinasi Pariwisata Kabupaten Nias Utara TA.2021,yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 13 s/d 15 Desember 2021, bertempat di Training Center Osseda jl. Gowe Zalawa Desa Fadoro Fulolo, Kecamatan Lotu, Senin (13 /12/ 2021).

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Nias Utara Fotani Zai, S.Pd.,MM dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini dilaksanakan berdasarkan Undang-undang No. 10 Tahun 2009, tentang Kepariwisataan dan Surat Keputusan Bupati Nias Utara No.556/217/K/Tahun 2021 tanggal 03 Agustus 2021 tentang pembentukan Tim penyelenggara pelatihan pengelolaan Toilet di Destinasi Wisata Kabupaten Nias Utara.

Ia menjelaskan pelaksanaan pelatihan ini bertujuan:
Pertama:Meningkatkan kompetensi pemangku kepentingan bidang pariwisata dalam memahami, menguasai dan menerapkan konsep-konsep kepariwisataan yang berkelanjutan.
Kedua: Menciptakan pelayan prima kepada wisatawan dengan layanan yang sesuai dengan permintaan pasar dengan paket layanan yang tersedia.
Ketiga: Meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di destinasi wisata

Peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 40 orang yang terdiri dari berbagai pengusaha, Homestay dan Pemandu Wisata lainnya, Dalam Kegiatan Pelatihan ini turut menghadirkan 3 orang sebagai narasumber yaitu FotaniZai, S.pd.,MM.,Yurman Waruwu, S.Kep.Ns.,M.Kep.,M.Si., Herwil Junaidi Harefa, SE

Bupati Nias Utara pada arahannya menyampaikan dalam hal melaksanakan kegiatan pengelolaan toilet oleh Dinas Pariwisata. “Kita tahu bahwa toilet ini sangat berpengaruh dalam meningkatkan kawasan daerah wisata, untuk itu saya mengajak seluruh peserta atau duta-duta pariwisata untuk melakukan suatu Gerakan kepada masyarakat tentang masalah kebersihan toilet terkhusus di daerah kawasan wisata di Kabupaten Nias Utara”.ucapnya

Lanjutnya, Ia menyampaikan bahwa toilet di destinasi wisata masih perlu di tingkatkan dan di pelihara kebersihannya dan mengharapkan melalui pelaksanaan pelatihan tersebut para duta-duta di destinasi pariwisata bisa menjadi fasilitator terhadap masyarakat tentang kebersihan toilet di kawasan wisata “, jelas Bupati

Diakhir arahannya, Amizaro berharap toilet-toilet yang ada dikawasan wisata Nias Utara semakin baik kedepannya dan dengan adanya pelatihan ini, pelayanan di lokasi wisata dapat di tingkatkan sehingga kenyamanan pengunjung menjadi potensi berkembangnya suatu kawasan wisata,tutupnya.(ad)

Baca juga : Edy Rahmayadi Nilai Peran Perempuan Pada Ekonomi Keluarga Sangat Tinggi

News Feed