oleh

Bupati Nias Utara Serahkan Alat Tangkap Ikan

-Daerah-657 views


Bupati Nias Utara Serahkan Alat Tangkap Ikan

NIAS UTARA.Mitanews.co.id ||


Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu, S. Pd, M.IP serahkan bantuan sarana penangkapan ikan berupa jaring dan pancing beserta sarana pendukung lainnya bagi nelayan.

Di Desa Humene Sihene'asi Kecamatan Tugala Oyo Kabupaten Nias Utara, Senin 22 Januari 2024.

Sarana ini merupakan kegiatan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara TA. 2023.

Pada kesempatan ini Bupati Nias Utara menyampaikan arahannya kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Fahasaradodo bahwa sarana yang diterima ini supaya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya guna untuk peningkatan produksi dan perekonomian kelompok atau masyarakat pesisir yang tergabung.

Tokoh masyarakat Desa Humene Sihene Asi Sitoris Hia menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Nias Utara dalam hal ini kepada Bupati Nias Utara Waruwu atas kepedulian dan perhatiannya kepada kelompok nelayan yang ada di Desa Humene Sihene'asi. Kami akui bahwa sejak tahun 2021 Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara aktif melakukan monitoring dan pendampingan pembinaan kelompok nelayan di Desa Humene Sihene'asi. Buktinya hingga hari ini , masyarakat kami menerima paket bantuan sarana penangkapan ikan yang langsung diserahkan oleh Bupati Nias Utara.

Dalam.kesempatan yang sama, Yurisili Hulu selaku Ketua KUB Fahasaradòdò menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Nias Utara atas perhatian dalam memajukan kelompok ini, semoga.sarana ini dapat kami manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jujur baru sekali ini nelayan yang ada di Desa Humene Sihene'asi baru tersentuh program bantuan pemerintah dibidang pemberdayaan masyarakat pesisir, sejak Indonesia Merdeka, kami nyatakan nelayan baru mendapat perhatian masa pemerintahan Bupati Nias Utara Bapak Amizaro Waruwu dan Wakil Bupati Nias Utara Bapak Yusman Zega.

Kepala Dinas Perikanan.Kabupaten Nias Utara Sabar Jaya Telaumbanua ,S.Pi,.M.Si menyampaikan bahwa Kelompok KUB Fahasaradòdò Desa Humene Sihene Kecamatan Tugala Oyo telah kita melakukan pendampingan sejak tahun 2021 mulai dari pembentukan dan pembinaan kelompok.

Lanjut Kadis, ada terdapat sebanyak 17 orang nelayan selaku Kepala Keluarga yang aktif melaut di Desa Humene Sihene Asi. Namun nelayan ini terimbas dari pencemaran aspal oleh kapal MT. Aashi yang kandas di sekitar perairan tugala oyo Tahun 2022 mengakibatkan rusaknya alat penangkapan ikan yang dioperasikan oleh nelayan setempat. Mengingat potensi perikanan yang luar biasa yang belum dimanfaatkan secara optimal maka Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara mengadakan penyediaan sarana penangkapan ikan bagi kelompok KUB ini.

"Kita sudah ikut sertakan penyediaan sarana cool box sebanyak 24 unit guna mempertahankan kesegaran mutu ikan sehingga nelayan dapat menjangkau pemasaran ikan ke pekan atau pasar tradisional yang ada di sekitar Kecamatan Tugala Oyo," jelas Kadis.(ad)***

Baca Juga :
KPU Palas Gelar Bimtek Pemungutan, Perhitungan Suara

News Feed