oleh

Diduga Pungli, Pj Bupati Tapteng Bebastugaskan Kadis Kesehatan

-Daerah-1,095 views


Diduga Pungli, Pj Bupati Tapteng Bebastugaskan Kadis Kesehatan

TAPTENG.Mitanews.co.id ||


Penjabat (Pj) Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Dr. Sugeng Riyanta, SH, MH bebastugaskan Kepala Dinas Kesehatan terkait dugaan adanya pungutan liar (pungli) Bantuan Operasi Kesehatan (BOK) dan Jasa Pelayanan Tenaga Kesehatan (Jaspel Nakes).

Hal itu disampaikan Sugeng Riyanta saat menggelar konferensi pers di ruang rapat Cenderawasih, Kantor Bupati Tapteng pada Kamis 21 Desember 2023.

Sugeng yang didampingi Sekda dan Kepala Inspektorat itu menyampaikan bahwa terkait dugaan kasus tersebut, dia sudah membebastugaskan sementara Kepala Dinas Kesehatan Tapanuli Tengah berinisial N. Hal itu dilakukan setelah mempertimbangkan dan menerima masukan dari tim pemeriksa.

“Mulai hari ini, saya sudah mengeluarkan surat keputusan Pj Bupati Tapteng tentang pembebastugasan sementara saudari N sebagai Kepala Dinas Kesehatan Tapteng. Dan menunjuk Pelaksana Harian (Plh) Kadis Kesehatan yang baru, yakni Rahman Siregar yang sehari-hari menjabat Kepala BPBD,” jelas Pj Bupati.

Lebih lanjut Sugeng menjelaskan bahwa hasil pemeriksaan sementara disimpulkan, bahwa tim pemeriksa meyakini adanya dugaan perbuatan pelanggaran berat tentang disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diduga dilakukan oknum Kadis Kesehatan terkait dugaan pungli BOK dan Jaspel.

Ada pun dasar pembebastugasan sementara oknum Kadis berinisial N tersebut adalah Pasal 35 Jo Pasal 40 peraturan BKN nomor 6/2002 tentang Pelaksanaan PP 94/2021, tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

“Pemberhentian sementara itu adalah wewenang Pj Bupati yang sifatnya melekat. Karena ini dalam rangka pemeriksaan dugaan pelanggaran disiplin pegawai, sehingga tidak perlu minta izin dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri),” ucap Sugeng Riyanta.

Sugeng juga mengungkapkan bahwa tim pemeriksa telah memeriksa total 75 orang dari 25 Puskesmas se- Kabupaten Tapteng. Dan dia berjanji akan menyampaikan hasil pemeriksaan lanjutan yang saat ini masih berproses.

“Teman-teman harap bersabar, nanti hasil pemeriksaan lebih lanjut akan disampaikan,” ungkapnya mengakhiri.(MN.16)***

Baca Juga :
Pertemuan TPD Sumut dari Capres/Cawapres AMIN dengan Capt Syaugi di Jakarta Mendapat Apresiasi

News Feed