oleh

Diduga Selewengkan APBDes Tahun 2022, BPD Laporkan Kades Seibaru ke Penegak Hukum

-Daerah-19,166 views

LABUHANBATU.Mitanews.co.id ||


Diduga selewengkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Sei Baru Tahun 2022, Badan Permusywaratan Desa (BPD) desa Sei Baru, kecamatan Panai hilir, kabupaten Labuhanbatu layangkan surat laporan ke-kementerian Desa PDTT Cq. Satgas Dana Desa, Ombudsman, KPK, Kejatisu, Kejari Labuhanbatu dan polres Labuhanbatu dan Aparat Penegak Hukum, 14/06/2023.

Sebagaimana Peraturan Desa Sei Baru No.2 tahun 2023 tentang Laporan Pertanggung jawaban APBDes Tahun 2022 Tepat pada 30 Desember 2022 kepala desa Sei Baru (Sapri) sudah menandatanganinya, sehingga pada bulan April 2023 Wahono Wastirto Silaban selaku bendahara Desa Sei Baru, datang kerumah ketua BPD desa Sei Baru dan meminta Ketua BPD untuk menanda tanganinya, kata Asr (anggota BPD)

Namun setelah melihat LPJ APBDes THN 2022 ketua BPD merasa ragu, lalu menyerahkannya kepada anggota BPD lainnya untuk di cek ulang, sehingga setelah dibaca dan di sesuaikan dengan kegiatan - kegiatan yang pernah dilaksanakan pemerintah desa Sei baru pada tahun 2022 terdapat banyak ketidak sesuaian atau diduga banyak kegiatan fiktif, "seperti anggaran Pelaksanaan & sosialisasi Pilkades yg menelan anggaran Rp. 16.250.000, sepanjang tahapan pemilihan kepala desa tidak pernah ada pelaksana sosialisasi Pilkades yang dilakukan panitia Pilkades maupun pemerintah desa Sei baru "

Penyelenggaraan paud/TK/TPA/TKA/TPQ/Madrasah Nonfornal, menelan anggaran Rp. 88.096.900. sebagaimana beredar pengakuan penyelengara paud desa mereka tidak pernah menerima anggaran sebesar itu, ada pun yg diterima hanya untuk honor guru, dan untuk paud milik kades(Sapri) yang baru berdiri, belum bisa menerima bantuan.

Dan ada juga 4 kegiatan di bidang pemeliharaan/pembangunan jalan yang juga diduga fiktif. Memang semasa tahun 2022 ada kegiatan perbaikan jalan disusun enam, itupun panjangnya hanya 40 meter, selain itu tidak ada kegiatan dan perbaikan jalan pada tahun 2022, aneh nya di LPJ APBDes Sei baru tahun 2022 terdapat 4 kegiatan bidang pemeliharaan/pembangunan/peningkatan Jalan ? Anggarannya ratusan juta !

Ada juga di bidang pembinaan dan pemberdayaan masyarakat, termasuk pembinaan group kesenian, penyelenggaraan vestival kesenian, pengiriman kontingen kepemudaan&olahraga, pembinaan LKMD, pemberdayaan perempuan dan peningkatan produksi tanaman pangan, sebagaimana dalam laporan ada 10 kegiatan yang diduga fiktif, yg menelan anggaran ratusan juta rupiah.

Atas adanya dugaan kegiatan pembangunan dan pemberdayaan yang fiktif, kami BPD sei baru sudah pernah mempertanyakannya secara langsung kepada kepala desa (Sapri) dikantor kepala desa, namun saat itu kades meminta tempo satu Minggu untuk memberikan jawaban, setelah tiga kali mempertanyakannya kepada kepala desa dan tidak ada jawaban, BPD membuat undangan secara resmi untuk dilakukan pertemuan membahas LPJ APBDes Tahun 2022, namun tetap tidak ada jawaban, malah kepala desa pernah menyuruh BPD untuk buat LPJ.

Mengingat tidak adanya niat baik kepala desa Sei baru, maka BPD Desa Sei Baru menyampaikan surat laporan dugaan penyelewengan APBDes tahun 2022 di desa Sei baru, ke-"Kemendes PDTT Cq. Satgas Dana Desa, Pimpinan KPK, Ombusmen RI, Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Kejaksaan Negeri Labuhanbatu dan Polisi Resort Labuhanbatu.

Maka, memalui dengan ini juga kami menyampaikan desakan kepada instansi terkait untuk segera menindak lanjuti laporan kami sesuai peraturan prundang-undangan dan kami juga siap untuk melakukan unjuk rasa ke kantor kepala desa maupun ke polres dan kejaksaan Labuhanbatu apabila laporan Kami di abaikan. Ucap Nissa dalimunthe sebagai kordinator lapangan.

Ketika kordinator aksi tentang dana fiktif kepala desa menyatakan bahwa tanda tangan dilakukannya atas paksaan dari PMD LABUHANBATU.

"Untuk penandatanganan LPJ thn 2022,itu saya di paksakan sama PMD,untuk pencairan dana ditahun 2023" ucap kepala desa Sei Baru.(Santi)

Baca Juga :
Pemkab Nisbar Gelar Pesta Budaya Rakyat

News Feed