oleh

Pemkab Nisbar Gelar Pesta Budaya Rakyat

-Daerah-941 views

NIAS BARAT.Mitanews.co.id ||


Pemerintah Kabupaten Nias Barat melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Barat akan menggelar Pesta Budaya Rakyat Kabupaten Nias Barat Tahun 2023 bertajuk Festival Musik Tradisional yang akan dilaksanakan pada hari Minggu 24 September 2023 bertempat di Panggung Utama Pantai Sirombu, Kecamatan Sirombu Kabupaten Nias Barat.

Pesta Budaya Rakyat Kabupaten Nias Barat merupakan upaya nyata Pemerintah Kabupaten Nias Barat untuk memberikan wadah, ruang kreasi bagi para seniman, sanggar, komunitas, dan pelaku budaya di Kabupaten Nias Barat untuk menginspirasi dan melestarikan seni dan budaya melalui ekspresi musik tradisional.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk menghidupkan kembali minat masyarakat dalam menciptakan dan melestarikan alat musik tradisional Nias.

Pesta Budaya Rakyat ini akan menampilkan 8 grup musik tradisional yang mewakili seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Nias Barat. Setiap grup akan berkompetisi dengan menyajikan penampilan musik tradisional terbaik mereka kepada masyarakat. Masing-masing grup ini akan memainkan alat-alat musik tradisional khas Nias Barat diantaranya Aramba, Gondra, Saraina, Doli-Doli, Surune, Koroco, Sigu, Tamburu, dan berbagai alat musik tradisional lainnya.

Selain penampilan Festival Musik Tradisional, Pesta Budaya Rakyat Kabupaten Nias Barat tahun ini dimeriahkan dengan penampilan Sanggar Berakar dari Kecamatan Mandrehe Utara dan talent-talent muda berbakat Nias Barat diantaranya Tri Daeli, Jenny, Grace dan Martha.

Kadis Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Barat, April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Si,
mengungkapkan melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat Kabupaten Nias Barat dapat lebih mengenal, menjaga dan melestarikan kebudayaan, adat istiadat, serta seni tradisional khas Nias Barat.

Selain itu, Kadis Parbudpora juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Nias Barat untuk turut serta dalam event Pesta Budaya Rakyat. Kegiatan ini akan menjadi kesempatan bagi seluruh masyarakat untuk menikmati keindahan musik tradisional dan kebudayaan Nias Barat yang begitu kaya.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk datang menyaksikan suguhan musik etnik di Pantai Sirombu sambil berekreasi menikmati indahnya wisata bahari Pantai Sirombu pada hari minggu tanggal 24 September 2023.” Himbau Kadis Parbudpora.

Pesta Budaya Rakyat diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam mempromosikan, melestarikan, dan mengapresiasi kekayaan budaya daerah serta menjadikannya bagian dari upaya bersama untuk menjaga warisan budaya yang begitu berharga bagi masyarakat Nias Barat.(ad)

Baca Juga :
Pj Gubsu Didampingi Kadis Pendidikan Sumut Resmikan SMK Peternakan di Langkat

News Feed