oleh

Edy Rahmayadi Disambut Positif 5 Parpol untuk Balon Gubsu

-Politik-184 views


Edy Rahmayadi Disambut Positif 5 Parpol untuk Balon Gubsu

MEDAN.Mitanews.co.id ||


Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) ke -17 (2018-2023) Edy Rahmayadi mengaku lima partai politik (Parpol) sangat membuka diri terhadap pendaftarannya sebagai bakal calon (Balon) Gubsu, yang akan berkompetisi pada pelaksanaan Pilkada serentak November 2024.

Edy Rahmayadi, didampingi tim pemenangannya, mendatangi sekretariat lima Parpol tingkat provinsi Sumut dalam sehari, Senin 6 Mei 2024.

Tujuannya adalah untuk mengembalikan formulir dan berkas Balon Gubsu 2024. Yakni, ke sektretariat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan jBangsa (PKB), Partai Demokrat (PD) dan Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Di kantor PDIP Sumut, Edy Rahmayadi di terima Ketua DPD PDIP Rapidin Simbolon, Sekretaris Sutarto dan para pengurus lainnya. Para pengurus Parpol itu mengaku sangat mengapresiasi kedatangan Edy Rahmayadi, yang dating untuk mendaftarkan iri sebagai calon Gubsu.

"Suatu penghormatan kepada kami sebgai partai nasionalis. Ini juga sebagai tahapahan awal. Sesuai tahapan dan mekanisme partai, maka akan kami teruskan ke pusat," kata Ketua PDIP Rapidin Simbolon.

Rapidin juga menilai selama Edy Rahmayadi menjabat Gubernur Sumut juga sinergi dengan Fraksi PDIP di DPRD Sumut. Rapidin juga berharap kemitraan ini tetap terbangun dengan baik. "Kita doakan bersama, kalau nanti bapak Edy jadi calon tetap dari PDIP, terus terang, kami akan bekerja keras dengan kekuatan partai ini untuk memenangkan bapak,'' ujarnya.

Benar-benar serius
------------------
Sementara itu, di kantor PKS Sumut, Edy Rahamayadi diterima Ketua DPW PKS Usman Jakfar dan Sekretaris Misno Adisyah Putra, beserta jajaran pengurus lainnya.

Disampaikan Usman Jakfar, pihaknya menerima pengembalian formulir Balon Gubsu dengan senang hati. Hal itu membuktikan kalau Edy Rahmayadi, benar-benar serius ingin diusung oleh partai tersebut. "Proses selanjutnya DPW akan membawa rapat ketingkat dewan tingkat wilayah. Kita akan membuat berita acara, dan kita teruskan ke DPW Sumbagut, setelah itu masuk ke DPP," katanya.

Usman mengatakan, Edy Rahmayadi merupakan bacalon Gubsu yang pertama sekali mendaftar ke PKS. Dengan begitu, dia menyebut kalau Edy Rahmayadi, memiliki peluang besar untuk kembali diusung PKS di Pilgubsu 2024 mendatang. "Peluang pak Edy sesungguhnya cukup besar. Karna kita sampai hari ini bersama dengan pak Edy dari 5 tahun lalu," sebutnya.

Setelah dari Kantor PKS, Edy Rahmayadi beserta tim, mendatangi kantor PKB, Partai Demokrat dan Partai NasDem Sumut. Di tiga sekretariat Parpol ini, Edy Rahmayadi juga diterima dengan sangat baik.

Ketua DPD Partai Demokrat Muhammad Lokot Nasution, memuji sikap Edy Rahmayadi yang turun langsung, untuk mengantarkan formulir dan berkas pendaftaran sebagai Balon Gubsu 2024.

"Terima kasih kepada pak Edy Rahmayadi, yang hari ini mengembalikan formulir langsung untuk mendaftarkan diri calon Gubernur Sumut periode 2024-2029 dari partai Demokrat dan untuk mendapatkan dukungan Demokrat Pilgub Sumut mendatang,'' kata Lokot Nasution, kepada wartawan, usai menerima kunjungan Edy Rahmayadi.

Lokot mengungkapkan, setelah ini, tim penjaringan Balon Gubernur Sumut, yang telah menerima secara administrasi yang mendaftar, akan menyampaikannya ke DPP Demokrat. Selanjutnya, akan diputuskan oleh Ketua Majelis Tinggi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). ''Karena Demokrat merupakan partai yang membuka ruang diskusi, maka tentunya Mas Ketum dan Pak SBY, juga akan meminta pertimbangan dari kita, sebelum diputuskan,'' katanya.

Sementara itu, Edy Rahmayadi mengatakan, kedatangannya ke sekretariat lima Parpol hari ituadalah untuk 'melamar' secara resmi, maju di Pikada 2024. Dia mengatakan, pengembalian berkas pencalonan ini merupakan bagian dari mekanisme partai.

Kepada ke lima Parpol tersebut, Edy Rahmayadi, mengaku memiliki hubungan yang sangat baik. Yakni, saat dirinya menjabat sebagai Gubsu selama lima tahun. ''Hubungannya dengan PKS selama 5 tahun mempin Sumut terbilang sangat harmonis. Apalagi PKS terus mendukung apa yang menjadi program dan kebijakannya dalam membangun Sumut,'' kata Edy Rahmayadi, yang ditanya wartawan di kantor PKS Sumut.(FH)***

Baca Juga :
Pasangan Sarmadan Ifdal Daftar ke NasDem Palas

News Feed