oleh

Hari Lingkungan Hidup, Kebun Silau Dunia Tanam dan Bagikan Bibit Produktif Gratis

-Daerah-798 views


Hari Lingkungan Hidup, Kebun Silau Dunia Tanam dan Bagikan Bibit Produktif Gratis

SIMALUNGUN.Mitanews.co.id ||


PTP Nusantara IV Regional I Unit Kebun Silau Dunia melakukan aksi tanam dan membagikan bibit tanaman produktif (baca: bibit buah-buahan) yang merupakan tanaman serba guna/Multi Purpose Tree Species (MPTS) kepada tiga pemerintah desa yang ada dilingkungan perkebunan , Rabu 5 Juni 2024 di sekitaran Kantor kebun Desa Silau Dunia Kecamatan Silau Kahean Kabupaten Simalungun.

“Kegiatan tanam dan pembagian bibit ini dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia digelar diseluruh PTP Nusantara IV Regional I termasuk Kebun Silau Dunia sebagai upaya mendukung pemerintah memperbaiki ekosistem dan mengurangi emisi karbon.", ujar Manager Kebun Silau Dunia Kasiaman Saragih,SP.

Manager Kebun Silau Dunia Kasiaman Saragih (kiri) secara simbolis menyerahkan bantuan bibit kepads Sekcam Bintang Bayu TM.Barus

Kondisi saat ini ,lanjut Kasiaman suhu udara sangat panas, sampai di Negara India saja dalam kurun satu bulan ini 60 warganya meninggal akibat cuaca ekstrim.

"Inilah tujuan kita berkumpul hari ini, berupaya mengurangi cuaca yang tidak bersahabat ini dengan menanam dan membagi pohon produktif sebagai upaya menjaga ekosistem", bilang Manager.

Lebih jauh disampaikannya, beberapa manfaat bibit tanaman serba guna/Multi Purpose Tree Species (MPTS) selain bisa memberikan oksigen segar yang dibutuh manusia yang diserap karbon dioksida (CO²) dan memberikan oksigen bersih, juga memberi suasana sejuk efek dari udara segar itu sendiri.

Kemudian, bilang Kasiaman mampu menyerap air hingga mencegah erosi, banjir, menambah debit air tanah yang bisa dimanfaatkan dan sebagai tempat hidup hewan lain seperti unggas.

Ekosistem akan berjalan dengan baik jika kita tidak menyepelekan hal ini dengan mensosialisasikan apa yang kita lakukan hari ini paling tidak setiap kita menanam satu pohon "one man one three".

Camat Bintang Bayu yang diwakili Sekcam Terang Malem Barus dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih atas partisipasi Kebun Silau Dunia yang peduli dengan lingkungan.

Menurutnya, kegiatan penanaman dan pemberian bantuan bibit ini yang dominan dalam jenis pohon produktif berbuah, diharapkan juga dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat secara keseluruhan.

Adapun desa yang menerima bantuan bibit masing-masing sebanyak 15 pohon Desa Sarang Giting Kahan, Huta Durian Kecamatan Bintang Bayu Kabupaten Serdang Bedagai dan Desa Silau Dunia Kecamatan Silau Kahean Kabupaten Simalungun.

Sementara bibit yang diberikan terdiri dari rambutan, durian, mangga, jambu madu dan jambu jamaika.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Askep Rayon-B Zulkarnain Nasution,Askep Rayon-A D.F.Sitepu, SP Asisten Personalia Ramli,S.Pd,S.H ,para Asisten Afdeling, Pangulu Nagori (Kades) Silau Dunia Andrian Mas Rudi Saragih,yang mewakili Kepala Desa Huta Durian,dan Sarang Giting Kahan.(mn.44)***

Baca Juga :
Bupati Nias Terima Penghargaan Paramesti dari Kemenkes RI

News Feed