oleh

Haris Lubis Bersyukur PPDB 2024 Aman sesuai Komitmen Pj Gubsu Hassanudin

-Daerah-256 views


Haris Lubis Bersyukur PPDB 2024 Aman sesuai Komitmen Pj Gubsu Hassanudin

MEDAN.Mitanews.co.id ||


Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tahun 2024 di Sumatera Utara berjalan lancar dan relatif aman.

Di seluruh satuan pendidikan tingkat SMAN mau pun SMKN se propinsi ini terlaksana dengan baik sesuai program dan schedule yang direncanakan.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Kadisdik Provsu) Ir H Abdul Haris Lubis MSi di Medan, Selasa 18 Juni 2024 mengucapkan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa.

"Alhamdulillah pelaksanaan PPDB 2024 telah sesuai aturan sebagaimana komitmen Pj Gubsu Bapak Dr Hassanudin dan Permendikbud RI," ujar mantan Kadis Ketenagakerjaan ini.

Dikemukakannya seluruh tahapan seleksi mulai jalur afirmasi, prestasi, mutasi dan perpindahan anak guru serta zonasi yang telah diumumkan secara resmi pada 17 Juni 2024 telah disahkan dan tidak ada yang melanggar aturan maupun kebijakan yang berlaku. 

Kadis mengakui ada beberapa SMKN yang belum terpenuhi untuk program studinya. Namun tidak menyebutkan ada kemungkinan  dibuka kembali untuk tahap ketiga khusus terhadap sekolah yang belum ditampung kuota peserta didiknya. 

Haris mengatakan, masih menunggu informasi berdasarkan laporan yang diperoleh dari SMKN yang belum cukup daya tampung siswa-siswinya.

"Ada beberapa nanti kita akan ambil kebijakan untuk bisa memenuhi masalahnya. Kenapa tidak terpenuhi berarti kan tidak ada orang yang ingin mendaftar di situ. Itu lah persoalannya," paparnya.

Sementara kuotanya masih tersedia, sebenarnya kewajiban kita juga bagaimana caranya supaya kuota itu terpenuhi agar sekolah itu bisa berjalan sebagaimana mestinya nanti. 

Langkah yang akan coba diambil kata Haris adalah kebijakan untuk melakukan promosi program studi yang kekurangan tadi.

"Kita akan promosikan SMKN atau SMAN juga seperti itu. Kalau kuota tidak terpenuhi berarti aktivitas belajar mengajar akan menjadi terganggu juga," tambahnya. 

Oleh karenanya, Dinas Pendidikan Provsu coba mempromosikan supaya anak didik siswa-siswi kita yang gagal masuk kita harapkan itu bisa masuk ke tempat-tempat yang yang masih belum terpenuhi kuotanya demi mengakomodir keinginan masyarakat.

"Kita selalu berupaya dan berpikir barangkali melalui sosialisasi dan promosi kepada siswa-siswa kita yang belum berhasil atau belum rezeki untuk masuk di sekolah yang diinginkan dan diharapkannya," tambah Haris. 

Ketika disinggung dengan keadaan yang relatif aman ini, Kadis telah berkomitmen dalam PPDB online 2024 ini bersikap jujur dan transparan dan menolak titipan calon peserta didik.

"Kita bangun komitmen bersama Cabdisdik, kepala SMAN/SMKN dan pejabat utama eselon III dan IV untuk bertindak bersih dan tanpa kecurangan," ucapnya.

Haris juga tak berkeinginan untuk dimusuhi oleh siapa pun dalam PPDB 2024 ini. Yang pasti masyarakat diharapkan paham dan mengerti bahwa yang dilakukan ini adalah untuk kebaikan bersama.

"Alhamdulillah mudah-mudahan  aman dan lancar," jelas Haris.(MN.01)***

Baca Juga :
BKPRMI dan Jamiyah Singapore Sebar 1.000 Hewan Qurban di Indonesia

News Feed