oleh

Ijeck Harap Sinergi dengan Kadin Diperkuat

-Daerah-146 views

JAKARTA.Mitanews.co.id | Hadiri Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sumatera, Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah berharap kerja sama Pemerintah Provinsi (Pemprov) dengan Kadin Sumut yang telah terjalin semakin ditingkatkan lebih baik lagi.

“Selain bersama dalam upaya menyelesaikan masalah struktural perekonomian, Kadin berperan besar dalam menarik para investor untuk datang ke Sumut. Kesempatan investasi di Sumut cukup besar karena potensi yang dimiliki di berbagai sektor,” ujar Ijeck sapaan akrab Musa Rajekshah dalam kata sambutannya pada acara yang berlangsung di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (1/12).

Potensi tersebut, tambah Ijeck, di antaranya sektor pariwisata, perkebunan, pertanian hingga perdagangan. “Kami di Sumut memiliki Danau Toba yang ditetapkan sebagai salah satu destinasi super prioritas. Selain itu juga kita ada pelabuhan belawan dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei yang berdekatan dengan Kuala Tanjung,” ujarnya.

Melihat potensi ini, keberadaan Sumut, lanjut Ijeck, diyakini mampu menopang pertumbuhan ekonomi secara nasional, khususnya Indonesia bagian barat, bahkan juga untuk negara tetangga, Singapura dan Malaysia. “Sumatera Utara secara ekonomi sangat bisa memengaruhi Indonesia bagian barat dan negara-negara tetangga, karena secara jarak kami dekat dengan Malaysia dan Singapura,” katanya.

Saat ini, lanjut Ijeck, ekonomi Sumut tumbuh positif sekitar 4,7% didorong oleh pertumbuhan sektor pertanian, perikanan, perkebunan, perdagangan. Pihaknya juga terus berusaha meminta Pemerintah Pusat untuk memprioritaskan jalan tol Sumatera, khususnya yang menghubungkan Sumut dan Riau.

“Kita sekarang menginginkan bagaimana jalur transportasi darat tol bisa segera menyambung terutama Sumut dengan Riau karena kita penghasil CPO, Riau juga dengan perkebunan sawitnya menghasilkan CPO, dan mengingat juga pelabuhan ekspor CPO kita ada di Dumai dan Belawan. Kami sudah bertemu dengan Kementerian terkait dan sudah menyampaikannya,” ujarnya.

Untuk itu, Ijeck berharap, sinergi dengan Kadin bisa terus ditingkatkan. Ia bahkan meminta agar Kadin terus memberi masukan tentang aturan-aturan agar iklim investasi di Sumut terasa aman dan nyaman bagi para investor.

“Kami harap kerja sama Pemprov Sumut dengan Kadin yang selama ini sudah terjalin bisa lebih baik lagi agar investasi-investasi yang masuk meningkat dan ekonomi masyarakat terus bergerak,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Umum Kadin Indonesia M Arsjad Rasjid dalam kesempatan yang sama menyampaikan hubungan antara Kadin Indonesia dengan Kadin di wilayah Sumatera harus terjalin dengan baik. “Koordinator masing-masing wilayah harus membangun komunikasi, menjadi fasilitator, itu kunci,” katanya.

Lanjutnya, Rakorwil tersebut diharap mampu menghimpun masukan mengenai potensi sinergi Kadin dengan pemerintah daerah dalam rangka penguatan perekonomian nasional.

“Kita berkumpul untuk menerima masukan-masukan apalagi ada hadir Wakil Gubernur Sumut di sini. Kita bisa sharing opportunity, karena penting sekali kerja sama antara Kadin dan pemerintah provinsi hingga kabupaten/kota. Kalau tidak sinergi akan sulit. Harapannya hubungan Kadin dan pemerintah harmonis, bukan waktunya lagi kita bersebrangan, karena gak gampang untuk membangun ekonomi ini dan tantangannnya sangat berat,” ujarnya.(MN.02)

Baca Juga : Sekdaprov Sumut Tuntut Peserta PKN Tingkat II Angkatan XIX Jadi Pembawa Perubahan

News Feed