oleh

Jelang Pensiun ASN Polri Berprestasi Bahar Saputra Kembali Geluti Dunia Sastra

-Daerah-550 views

MEDAN.Mitanews.co.id ||


Abah Bahar Saputra kami kenal sebagai penulis sudah sejak tahun 80 an, karyanya berupa Cerpen, Cerbung , Puisi, artikel budaya dimuat dalam beberapa media yang terbit di Kota Medan.

Pernah menjadi redaktur Budaya Koran Analog pimpinan Bang Sulben Siagian, redaktur Budaya di Koran Andalas Pimpinan Iskandar, ST, bahkan Pendiri dan Pemimpin Redaksi Tabloid Mitra Kamtibmas dan Majalah Tribrata News Polda Sumut.

Kalangan jurnalis di Medan tidak asing dengan sosok Abah Bahar karena akrab dengan wartawan sejak tahun 1990 sampai tahun 2018 sebagai staf Humas Polrestabes Medan, kini ia bertugas sebagai staf Humas Polda Sumut”, ujar Penyair Nasib TS yang mengaku salut ketika mengetahui lelaki yang punya nama lain Bahar Adexinal menjelang setahun lagi pensiun sebagai ASN Polri kembali menekuni dunia Sastra.

Malang melintang di dunia Seni Teater, Film dan mencapai prestasi duduki jabatan Ketua Dewan Kesenian Sumatera Utara ( DKSU) tahun 2017-2022, kini dia memilih menjadi " Penulis" Lagi.dan masih sebagat Ketua Ikatan kritikus Film Indonesia Sumut, juga Ketua Teater Nasional ( Tena) Medan, di Aliansi Media Cyber Indonesia ( AMCI) sebagai Penasehat.

Aktifitas lainnya diluar jam Kerja, Bahar dipercaya sebagai Sekretaris Bidang kerja sama antar Kwartir dan lembaga lain pada Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumut dibawah pimpinan Ka Kwardasu kakak H. Nurdin Lubis,SH, MM untuk periode 2019-2024.
Bahkan pada Hut Kemerdekaan RI ke 78 tahun dilingkungan tempat tinggalnya Dilantik jadi Ketua Komplek Perumahan Cluster Rumah Pondok ( CRP) Deli tua, Namorambe Deli Serdang.

" Semangat Bung Bahar luar biasa, dia juga terpilih sebagai Ketua Angkatan Muda Siliwangi ( AMS) Perwakilan Sumut pada Musper tahun lalu di Medan, namun menjelang memasuki Tahun Politik Pemilu 2024, ia mengundurkan diri menyadari statusnya sebagai ASN Polri yang harus netral tidak melakukan aktifitas politik praktis.

" Waktu pengabdian saya di ASN tinggal setahun lagi sampai Desember 2024, Insha Allah setelah pensiun tetap mengabdikan diri kepada masyarakat, Bangsa dan Agama " Ujar Bahar yang sekarang fokus trapy kesehatan untuk tetap bugar olahraga ringan di ruang terbuka dan nonton bioskop menyaksikan akting aksi Aktor ternama bintang Film Hollywood dan Bollywood.
" Puncak kenikmatan sebagai orang teater dan film ya mengkritisi certa film sekaligus akting aktor dan aktris serta proses kreatif sang sutradara dalam mengemas sinematograpynya dan kelengkapan utuh dalam sebuah garapan film sebagai tontonan dan tuntunan kepada masyarakat.

Karena kegigihan Bahar menggeluti secara intens berbagai aktifitas sejak 1986-2019 di Dunia Kehumasan pada institusi Polri, ia mendapat penghargaan sebagai ASN Polri berprestasi dari Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian melalu Ka SSDM Polri di Jakarta.

" Semangatnya yang kreatif meraih prestasi kerja bolehlah ditiru generasi muda " Kata Kabid Humas Poldasu Kombes Pol Hadi Wahyudi, SH, SIK sebagai pimpinan Bahar.di Bidang Humas Polda Sumut.
Hadi berharap kinerja yang sudah baik terus dipelihara dipenghujung masa tugas menjelang pensiun tahun depan.

Sementara itu Penyair, kritikus film nasional dan Redaktur Budaya Harian Waspada Sugeng Satya Dharma mengatakan sosok Bahar yang selalu berpenampilan necis namun sederhana ini tergolong sosok yang mudah bergaul dengan berbagai kalangan, akrab dengan komunitas berbagai cabang seni sehingga Forum Sastrwan Deli Serdang ( Fosad) menganugerahi piagam penghargaan sebagai Tokoh Peduli Seni Budaya Sumut tahun 2022.

Sejauh ini sejumlah rekan Seniman masih selalu mengajaknya berdiskusi tentang perkembangan Seni budaya di Sumut khususnya dan Indonesia secara umum.
Jargon " Bersinergi, visioner dan Berpikir Indah" yang ia gulirkan selama memimpin DKSU menjadi ingatan dan motivasi para seniman dalam proses kreatif di berbagai bidang kesenian.ujar Sugeng.(MN.01)

Baca Juga :
Pemkab Nias Gelar Rakor Teknis Percepatan Penurunan Stunting

News Feed