oleh

Pemkab Nias Gelar Rakor Teknis Percepatan Penurunan Stunting

-Daerah-615 views

NIAS.Mitanews.co.id ||


Pemerintah Kabupaten Nias melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Kabupaten Nias gelar Forum Rapat Teknis Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Nias Tahun 2023, bertempat di Aula Gido Lantai III Kantor Bupati Nias. Jl. Ir. Soekarno Hilizoi Gido, Senin (18/09/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Nias yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Asisten Sekda Kabupaten Nias, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara yang diwakili, Kepala Perangkat Daerah, Camat se-Kabupaten Nias, Kepala UPTD Puskesmas Se-Kabupaten Nias, USAID ERAT Kabupaten Nias, Personil Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Nias.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana, Kharisma Zai, S.ST., M.Kes melaporkan maksud dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut adalah mereview kinerja percepatan penurunan stunting Kabupaten Nias dan sebagai forum koordinasi, konsultasi, sinkronisasi kegiatan dengan Satgas Stunting Provinsi Sumatera Utara.

Mengawali arahan Bupati Nias yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Samson P. Zai, S.H., M.H mengucapkan selamat datang kepada Satgas Stunting Provinsi Sumatera Utara dan menyambut baik pelaksanaan kegiatan tersebut karena merupakan acara yang sangat penting dan bermanfaat.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengevaluasi setiap tahapan program pencegahan dan penanganan stunting di Kabupaten Nias” ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa upaya penurunan stunting terintegrasi di wilayah Kabupaten Nias telah berjalan dengan baik, dimana pada Tahun 2021 angka stunting sebesar 32,1% sedangkan di Tahun 2022 mengalami penurunan sebesar 25% dan hal ini merupakan beban bagi pemerintah karena menyangkut masa depan anak-anak. Upaya penanggulangan stunting terus dilakukan melalui perbaikan pola asuh, pola makan, serta peningkatan akses air bersih dan sanitasi dengan fokus kepada ibu hamil dan remaja.

“Perlu dilakukan edukasi kepada masyarakat, pemilihan nutrisi yang baik serta penyediaan akses sarana dan prasarana kebersihan dan kesehatan yang merata di seluruh desa di Kabupaten Nias” tegasnya.

Untuk itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias meminta kepada TPPS Provinsi Sumatera Utara untuk memberikan dukungan fasilitasi peralatan kesehatan, vitamin, sarana air bersih, dan pelatihan bagi petugas kesehatan. Kepada TPPS Kabupaten Nias, ia menginstruksikan untuk mengevaluasi program kerja yang telah dilakukan dan segera mencari solusi pada setiap permasalahan yang dihadapi.

“Kepada seluruh dinas terkait diharapkan untuk tetap berkoordinasi dan bekerjasama dalam upaya mencegah masalah stunting di Kabupaten Nias. Marilah berperan sebagai agen perubahan dan memberikan kontribusi nyata untuk mewujudkan masyarakat Nias yang maju dan sejahtera” tutup Sekda mengakhiri .(ad)

Baca Juga :
Bupati Tapsel Tidak Tolelir Aparatur Pemkab yang Dipimpinnya Terlibat Narkoba

News Feed