oleh

JPKP Apresiasi Kinerja Kadisdukcapil Medan

-Daerah-227 views


JPKP Apresiasi Kinerja Kadisdukcapil Medan

MEDAN.Mitanews.co.id ||


DPW Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Sumut mengapresiasi kinerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Kota Medan, Baginda Siregar.

Apresisasi itu disampaikan Ketua DPW JPKP Sumut, Rudy Chairuriza Tanjung kepada sejumlah wartawan terkait konsistensi dan kesigapan Kadisdukcapil Kota Medan, Baginda Siregar dalam melayani masyarakat yang membutuhkan.

"Kendati hari libur, Kadisdukcapil Kota Medan, Baginda Siregar tetap melakukan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan," ujar Ketua DPW JPKP Sumut, Rudy Chairuriza Tanjung, Jumat, 12 April 2024.

Sebelumnya, lanjut dijelaskan Rudy, pada hari Rabu yang lalu, ada warga Kota Medan atas nama Firman Lamsihar Rajagukguk berkunjung ke rumah saudaranya di Lubukpakam, Kabupaten Deliserdang.

Kemudian, pada malam harinya anak paling kecil dari Firman Lamsihar Rajagukguk yang baru lahir di bulan Januari 2023 lalu, tiba tiba jatuh sakit dan harus dilarikan ke RS Amri Tambunan di Lubukpakam.

"Saat itu, karena ruang PICU di RSUD tersebut penuh, sementara anak tersebut harus mendapatkan penanganan cepat akibat demam tinggi yang tidak kunjung turun. Waktu itu, sudah banyak Rumah Sakit di medan yang dihubungi. Namun, hanya RSUP Adam Malik yang masih ada ruang PICU pada masa itu," jelasnya.

Akan tetapi, ungkap Rudy, anak yang sakit tersebut belum terdaftar di dalam Kartu Keluarga (KK).

Karena belum masuk dalam KK, si anak tadi tidak terdaftar dalam sebagai penerima program Universal Health Coverage (UHC) untuk warga Kota Medan.

"Selanjutnya, pada hari Kamis tanggal 11 April 2024, sekitar pukul 12.00 wib, DPW JPKP Sumut menghubungi Kadisdukcapil Kota Medan melalui seluler dan seterusnya pihak JPKP mengirimkan data ke pihak Kadisdukcapil Medan untuk memohon bantuannya agar dapat memasukkan anak tersebut yang belum masuk ke dalam Kartu Keluarga, agar dapat masuk ke dalam program UHC," katanya.

Atas kesigapan Kadisdukcapil Kota Medan, imbuh Rudy, akhirnya, pada sore harinya, urusan untuk memasukkan ke dalam Kartu Keluarga pasien yang masih balita tersebut telah terselesaikan, dan JPKP akan segera berkoordinasi dengan pihak Rumah Sakit untuk proses UHC pasien tersebut.

"Atas kesigapan dan kepedulian Kadisdukcapil Medan di bawah pimpinan bapak Baginda itulah kita menyampaikan apresiasi. Apalagi, hari itu adalah libur cuti bersama. Namun, karan dalam kondisi urgent, Kadisdukcapil masih menjalankan tugasnya untuk memenuhi kebutuhan warga Medan," imbuhnya.

Karena itu, kata Rudy, sekali lagi, DPW JPKP Sumut menyampaikan apresiasi sekaligus terima kasih kepada Kadisdukcapil Kota Medan beserta jajarannya.

"Semoga, kita semua selalu dalam keberkahan agar tetap dapat membantu warga yang sangat membutuhkan, terlebih terkait hal-hal yang sifatnya urgent walau dihari libur bersama ini. Untuk itu, kita berharap, kepedulian bersama ini harus terus saling kita kedepankan untuk kemajuan bersama," pungkasnya.(mn.09)***

Baca Juga :
Bupati Deliserdang Akui BKPRMI Sangat Berperan Cerdaskan Generasi Muda

News Feed