oleh

KPU Samosir Sosialisasi dan Simulasi Putungsura Pemiu 2024

-Daerah-573 views


KPU Samosir Sosialisasi dan Simulasi Putungsura Pemiu 2024

SAMOSIR.Mitanews.co.id ||


Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Samosir melaksanakan sosialisasi dan simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara (Putungsura) untuk Pemilu 2024.

Dalam kesempatan itu, KPU Samosir mengajak masayarak dari berbagai kecamatan turut serta dalam menyukseskan Pemilu yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Samosir, Vincentius AP Sitinjak mengungkapkan, bahwa berbagai simulasi yang dilakukan KPU telah menyesuaikan tata letak pemungutan suara serta kategori pemilih dengan kondisi sebenarnya.

Salah satu tujuan dari kegiatan simulasi ini adalah untuk mempersiapkan bimbingan teknis bagi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"Tujuannya adalah untuk menyebarkan informasi kepada seluruh PPK, PPS dan KPPS guna membantu dalam bimbingan teknis simulasi pemungutan dan perhitungan suara pada Pemilihan Umum 2024," ujar Ketua KPU Samosir, pada hari Selasa, 6 Februari 2024.

Para petugas KPU Samosir telah melakukan simulasi tata cara pencoblosan di seluruh lokasi kegiatan.

Mereka juga mencatat adanya perbedaan antara Pemilihan Umum 14 Februari mendatang dengan Pemilihan Umum sebelumnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Samosir, Citra Dewi Simbolon, menjelaskan bahwa Sirekap merupakan aplikasi berbasis teknologi informasi yang berfungsi sebagai sarana publikasi hasil penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara.

Sirekap juga menjadi alat bantu dalam pelaksanaan rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Sirekap Mobile akan digunakan oleh KPPS untuk memotret formulir C-Hasil Plano menggunakan smartphone berbasis Android, sedangkan Sirekap Web akan digunakan oleh PPK sebagai bahan rekapitulasi di tingkat Kecamatan serta rekapitulasi di tingkat Kabupaten oleh KPU," pungkasnya.

Selain itu, KPU Samosir juga terus gencar menyosialisasikan Pemilu berupa menyampaikan ajakan untuk menggunakan hak pilihnya kepada masyarakat pada 14 Februari 2024. (mn.09)***

Baca Juga :
LPAI Kolaborasi dengan Forum Anak Kabupaten Rohul Turun ke SD 002 Rambah Samo

News Feed