oleh

Manager Kebun Silau Dunia Hadiri Sosialisasi Program Peremajaan Sawit Rakyat

-Daerah-865 views


Manager Kebun Silau Dunia Hadiri Sosialisasi Program Peremajaan Sawit Rakyat

SIMALUNGUN.Mitanews.co.id ||


Manager Kebun Silau Dunia Kasiaman Saragih , SP hadiri sosialisasi program Peremajaan Sawit Rakyat yang diselenggarakan Sosialisasi Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) yang diselenggarakan kelompok tani (Koptan) Harapan Tani Madear , Kamis 4 Juli 2024 di Balai Karyawan Silau Dunia.

Kasiaman Saragih, SP dalam sambutannya menyampaikan tentang pentingnya percepatan penginputan data-data yang dibutuhkan guna persyaratan menjadi peserta program PSR. Program PSR ini merupakan penugasan dari pemerintah kepada PTP Nusantara IV yang diteruskan direksi kepada unit kebun untuk melaksanakan sosialisasi.

"Empat unit kebun telah melaksanakan kegiatan ini termasuk Kebun Silau Dunia.Ini kita lakukan karena sangat bermanfaat besar kepada masyarakat", ucap Kasiaman Saragih.

Ditambahkannya,program ini sangat membutuhkan disiplin dari setiap pengurus dan anggota, dengan berpedoman pada yang telah ditentukan.

Terkait berkas pendukung dalam PSR ini diminta dipersiapkan scand surat lahan dan akta jual beli dalam satu file , scand KTP, scand KK.

"Jika nama pengusul terjadi beda nama dengan surat legalitas, diminta meminta surat keterangan dari Pangulu Nagori (Kepala Desa) yang menyatakan lahan itu telah berpindah tangan", bilang Manager.

Selain itu , lanjutnya surat kuasa perkebunan kepada ketua Koptan untuk berkuasa atas nama anggota dalam proses permohonan dana PSR kepada Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS).

Berikan juga nomor handphone agar bisa dihubungi saat verifikasi oleh pihak Sucofindo serta data luas tanah rata dan miring setiap peserta.

Peserta memberikan suatu kuasa kepada pengurus untuk mengelola lahan dan memiliki rekening bank Mandiri sebagai bank pendamping dalam program PSR,bilangnya.

Terakhir Manager Kebun Silau Dunia Kasiaman berharap Pemerintah Desa Bandar Maruhur turut membantu dan mendukung program ini ,karena pasti ada saja kendala terlebih terkait lahan yang bisa saja nantinya dalam peremajaan akan menggunakan alat berat dimana akan melewati jalan atau lahan tertentu.

Sebelumnya, Ketua Koptan Harapan Tani Madear Dunan Jhonson Purba menyampaikan terimakasih kepada Management Kebun Silau Dunia yang telah memfasilitasi kegiatan sosialisasi tersebut dengan baik.

Dunan berharap agar tidak ada informasi yang simpang siur terkait penerimaan bantuan PSR nantinya karena belum semua anggota memenuhi persyaratan yang dimintakan.

Ketua Koptan Harapan Tani Madear berharap Manager Kebun Silau Dunia terus memberikan arahan agar dalam verifikasi nanti berhasil sesuai dengan ketentuan.

Terakhir ia menyampaikan,dari 500 hektar lahan yang diajukan baru 200 hektar (158 anggota) yang dikategorikan memenuhi persyaratan.

Acara tersebut juga dihadiri mantan Ketua DPRD Simalungun Drs Johalim Purba dan pengusaha Ir Sudirman.(mn.44)***

Baca Juga :
Tasyakuran Ilyas Sitorus, Doakan Masyarakat Sumut Mendapat Panggilan ke Tanah Suci

News Feed