oleh

Ombudsman RI Soroti Pelayanan Tol Sinaksak

-Daerah-393 views


Ombudsman RI Soroti Pelayanan Tol Sinaksak

MEDAN.Mitamews.co.id ||


Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumut menyoroti pelayanan jalan tol ruas Sinaksak menujuk Jalan Lintas Sumatera, Kota Pematangsiantar-Parapat.

Pasalnya, pada H+2 Idulfitri 1445 H, terjadi kemacetan panjang kurang lebih 3 Km menuju exit tol Sinaksak menuju Jalan Lintas Sumatera Pematangsiantar-Parapat.

"Kiranya perlu perhatian serius pihak Kepolisian Daerah Sumatera Utara dan Pihak pengelola jalan tol terkait kemacetan di ruas jalan tersebut," ujar Pjs Kepala Ombudsamn RI perwakilan Provinsi Sumut, James Marihot Panggabean, Kamis, 11 April 2024.

Selain itu, James Panggabean menjelaskan, diperlukan suatu kesadaran bersama dari sisi masyarakat selaku pengguna jalan untuk berkendara secara tertib dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

"Demikian halnya baik dari sisi Kepolisian dan Penyelenggara Tol untuk mengatur dan memberikan informasi terjadinya penumpukan kendaraan saat keluar tol," jelas James.

Hal ini, menurut James, sangat dibutuhkan bagi masyarakat untuk mempertimbangkan melintas jalan tol tersebut.

"Hal lain yang menjadi pertimbangan bahwa sejak dibukanya pintu tol Sinaksak dan tol lainnya masih terbatasnya rest area dan SPBU untuk pengisian bahan bakar," imbuhnya.

Kemudian, ungkap James, informasi kepadatan kendaraan saat keluar tol sangat diperlukan agar memberikan kepastian bagi pengendara untuk tidak masuk tol dan mengambil jalan alternatif yang akan dituju.

"Kita juga tidak dapat menyalahkan masyarakat yang melintas sehingga terjadi kepadatan kendaraan. Namun yang diperlukan adalah pngaturan dan pengendalian kendaraan yang melintas agar mematuhi aturan dan keselamatan pengemudi serta penumpang terjamin dengan baik," ungkapnya.

Karenanya, kata James, kami dari Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumut meminta perhatian khusus dari pihak terkait.

"Kepada pihak Kepolisian dan penyelenggara jasa tol, kami meminta untuk dilakukan antisipasi dan pengendalian terkait kepadatan kendaraan di jalan tol," pungkasnya.

Sebelumnya, ruas tol Sinaksak tepatnya gerbang keluar menuju Jalan Lintas Sumatera, Kota Pematangsiantar-Parapat macet total.

Tak tanggung-tanggung, kemacetan di ruas jalan tol menuju gerbang keluar itu diperkirakan mencapai 3 kilometer.(mn.09)***

Baca Juga :
Pengasuh Mahad Tahfizhil Quran Daarut Taufiq Mengimami Shalat Idul Fitri 1445 H di Masjid Agung Medan

News Feed