oleh

Pembangunan Masjid Jami’ Al Mukmin Gudang Garam Masih Butuh Uluran Tangan

-Daerah-120 views

SERGAI.Mitanews.co.id | Pembangunan Masjid Jami' Al Mukmin Dusun II Gudang Garam Kecamatan Bintang Bayu Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) masih butuh uluran tangan kini tengah direvitalisasi (dibangun ulang) agar menjadi lebih nyaman dan luas untuk digunakan masyarakat setempat beribadah.

Panitia pembangunan masjid hingga kini terus mencari donatur untuk menutupi banyak kekurangan material konstruksi, dan dana untuk biaya jasa pertukangan, sembari masyarakat juga rutin bergotong-royong membantu pekerjaan pertukangan termasuk patungan dana.

Purwono,Kepala Desa Gudang Garam mengungkapkan total anggaran pembangunan dana yang diperlukan dalam proposal mencapai Rp1 miliar,dirancang oleh Irwansyah Purba,ST asal Medan,yang akan dibangun dengan konstruksi mesjid bangunan utama 17 x 14 m
dengan tiang sokong besar empat buah dan 14 tiang dibagian teras masjid yang semuanya menggunakan besi ukuran 16 mili meter.

"Total anggaran tersebut kita harapkan dapat terpenuhi melalui, kas masjid, swadaya gotong royong masyarakat, serta bantuan pihak ketiga yang sifatnya tidak mengikat," kata Purwono kepada Mitanews,Kamis (24/11/2022) di lokasi pembangunan masjid.

Bantuan pihak ketiga yang dimaksud adalah donatur. Menurut Kades yang menjabat tiga periode ini,para donatur yang ingin beramal jariyah, dengan menginfakkan uang atau dalam bentuk material seperti pasir, semen, batu, besi, keramik lantai, dan lain sebagainya masih sangat diharapkan.Apalagi masjid ini nantinya juga dilengkapi Instalasi elektrikal wudhu dengan luas 7 x 10,5 meter plus tower air dan area parkir.

Diungkapkan Purwono yang sukses membuat Gudang Garam terkenal dengan pengelolaan BUMDes Gudang Garam Mandiri ,jika saat ini dalam pembangunan mesjid, progresnya sekitar 60 persen, telah menghabiskan anggaran lebih dari Rp.600 juta yang dana tersebut telah selesai untuk pembangunan bangunan utama dengan kubah yang dicor.

Diakuinya, dalam proses penerimaan bantuan untuk pembangunan mesjid ini, Kades Gudang Garam ini katakan jika pihak pengurus mesjid sudah melakukan komunikasi dengan para perantau yang sukses di luar daerah untuk turut bersama-sama membangun rumah Allah ini.

"Terkait dana gotong royong dari 294 kepala keluarga,sudah terkumpul semua selama setahun belakangan ini dengan besaran Rp500 ribu tiap KK.Inilah modal awal kita untuk membangun masjid yang nantinya diharapkan dapat menampung 350 jamaah saat menunaikan ibadah sholat ", ucapnya sembari mengatakan akan bermusyawarah untuk kembali menggalang dana dari warga.

Purwono juga menyampaikan beberapa pihak yang sudah berkontribusi,seperti BAZNAS Propinsi sebesar Rp7 juta,Kebun Silau Dunia Rp16 juta,Ketua DPC PPP Sergai yang juga anggota DPRD,Sugiatik,Kebun Bandar Pinang Estate dan donatur lainnya.

Bantuan donasi berupa uang atau material dikatakan Purwono ,dapat diantarkan langsung ke panitia di lokasi pembangunan masjid. Atau bisa juga dijemput oleh panitia dengan menghubungi Ketua Panitia M. Muklis atau Pemerintah Desa Gudang Garam.

Semoga dengan ikut berkontribusi pada pembangunan masjid dengan luas lahan 800 meter persegi yang dihibahkan Pak Sahlan ini kita tergolong menjadi hamba Allah yang dibangunkan rumah di Surga, sebagaimana sabda Rasulullah salallahu 'alaihi wassalam "Barang siapa yang membangun untuk Allah sebuah masjid, meskipun sebesar sarang burung, maka Allah membangunkan untuknya rumah di surga", ucap Purwono mengutip Hadis Riwayat Bukkori.

Tidak lupa ia turut mengajak kepada seluruh warga masyarakat Kecamatan Bintang Bayu dan lainnya untuk terus secara bersama-sama dalam menyelesaikan pembangunan mesjid, yang direncanakan digunakan untuk pelaksanaan sholat Tarawih meskipun belum rampung nantinya.

"Kami akan sangat senang dan bahagia sekali akan bantuan dan uluran tangan dari semua donatur dalam menyelesaikan pembangunan rumah Alloh ini ", tukasnya mengakhiri.(mn.44)

Baca Juga : 4 Parpol di Palas Belum Penuhi Syarat Keanggotaan

News Feed