oleh

Pemkab Tapteng Berikan Penghargaan Atas Capaian Realisasi Pajak, Retribusi dan Realisasi BLUD

-Daerah-653 views


Pemkab Tapteng Berikan Penghargaan Atas Capaian Realisasi Pajak, Retribusi dan Realisasi BLUD

TAPTENG.Mitanews.co.id ||


Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) berikan penghargaan bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kecamatan atas Capaian Realisasi Pajak, Retribusi dan Realisasi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD),

Penghargaan itu diberikan disela sela kegiatan Apel Gabungan Perdana ASN Tahun 2024 ASN Lingkungan Pemkab Tapteng, pada Senin 8 Januari 2024.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Pj Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Dr. Sugeng Riyanta, SH, yang dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Pandan.

Adapun Kecamatan, OPD dan BLUD yang menerima Penghargaan tersebut adalah;

A. Kecamatan terbaik atas relaisasi penerimaan pajak, bumi dan bangunan adalah; Kecamatan Pasaribu Tobing dengan Realisasi 100,06 %, Kecamatan Sosorgadong dengan realisasi 98,64 %, dan Kecamatan Sorkam dengan realisasi 96,38 %. OPD.

B. Terbaik atas realisasi penerimaan retribusi adalah; Dinas Perkim dengan realisasi 106,92 %, Dinas Lingkungan Hidup dengan Realisasi 96,70 %, dan Dinas Kelautan dan Perikanan dengan Realisasi 74,23 %.

C. BUMD terbaik atas realisasi penerimaan Bunga Air Atas Penyertaan modal adalah Perumda Air Minum Mual Nauli dengan Realisasi 155%.

D. Pencapaian Realisasi penerimaan BLUD adalah RSUD Pandan dengan Realisasi 109,50 %.

Sementara itu, Pj Bupati Tapteng Dr. Sugeng riyanta, SH, MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam menutup tahun 2023, pertanggal 31 Desember 2023, saldo Kas Pemkab Tapteng ada 64 Miliar, capaian ini harus disyukuri.

"Namun demikian, kita tidak boleh berbangga hati dan berpuas diri, karena ternyata kinerja OPD kita dalam menggali Pendapatan Asli Daerah belum optimal.

Lebih lanjut, Pj Bupati mengungkapkan bahwa pada tahun 2023 lalu, target Pendapatan asli daerah Tapteng 92 miliar, namun yang tercapai hanya 75 miliar sehingga Persentasenya baru 81,61%.

"Saya ingin mengajak saudara-saudara berpikir, seandainya saudara-saudara semua bekerja keras, dinas pemungut pajak bekerja keras dengan sepenuh hati maka target PAD Tahun 2023 akan tercapai. Apabila target 92 miliar, maka Berarti ada sekitar 17 miliar yang kita capai, kalau 17 miliar itu berhasil kita peroleh kemudian kita alokasikan untuk peningkatan TPP, maka TPP bisa meningkat 40%, maka kesejahteraan ASN Akan meningkat," ungkapnya.(MN.16)***

Baca Juga :
Pemkab Tapteng Gelar Apel Perdana Gabungan Bersama ASN Tahun 2024

News Feed