oleh

Pj Bupati Paluta Lantik Kepala Desa Terpilih

-Daerah-689 views


Pj Bupati Paluta Lantik Kepala Desa Terpilih

PALUTA.Mitanews.co.id ||


Penjabat (Pj) Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan melantik 105 Kepala Desa hasil pilkades serentak tahun 2023 dan 1 Kepala Desa hasil pergantian antar waktu (PAW).

Acara pengambilan sumpah janji jabatan digelar di halaman Kantor Bupati Paluta, Kamis 28 Desember 2023.

Pelantikan dihadiri PLH Sekda Paluta Makmur Harahap, Kepala Dinas PMD Yusuf MD Hasibuan, para Asisten, Ketua dan anggota DPRD Paluta, Kepala OPD, Camat, Kapolsek Padang Bolak, Pabung Paluta, Kades yang dilantik beserta istri, dan tamu undangan lainnya.

Prosesi pelantikan ditandai dengan penyematan tanda jabatan dan pangkat oleh Pj Bupati Patuan kepada 3 perwakilan Kepala Desa; Guntur Simamora S.Pd Kepala Desa Sipiongot, Kepala Desa Rondaman Dolok Arjuna Pradika Utama Harahap S.PdI dan Kepala Desa Langkimat Humala Pontas Harahap. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan fakta integritas oleh kepala desa Sidingkat hasil PAW Sayuti Siregar yang diikuti seluruh kepala desa yang dilantik.

"Atas nama pemerintah daerah, saya sampaikan ucapan selamat kepada saudara-saudara yang baru saja dilantik, saudara telah berhasil merebut simpati mayoritas masyarakat dan dipercaya sebagai kepala desa. Semoga saudara dapat menjalankan amanah ini dengan bekerja ikhlas dalam melayani masyarakat desa serta mendukung pembangunan pemerintah kabupaten, provinsi dan pembangunan nasional," kata Patuan Rahmat dalam sambutannya.

Patuan mengatakan kepala desa adalah ujung tombak dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan pembinaan masyarakat desa. Karenanya Kades dituntut untuk memiliki pengetahuan yang lebih dan mampu melakukan pelayanan yang baik, sekaligus membawa perubahan dan pertumbuhan ekonomi yang signifikan serta bekerja sesuai dengan asas-asas penyelenggaraan pemerintahan desa

"Sebagaimana diatur dalam pasal 24 UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, antara lain keterbukaan, efektif, efisien, kearifan lokal, dan partisipatif sehingga mampu mengakomodasi kepentingan seluruh elemen masyarakat desa. Karena itu peran dari Kepala desa berada pada posisi yang sangat penting dalam penyelenggaraan otonomi," ujar Patuan.

Pj Bupati menyarankan agar Kades merangkul semua pihak, memberikan pelayanan sebaik-baiknya tanpa pandang bulu. Tidak ada lagi pendukung dan bukan pendukung. "Lupakan perbedaan yang mungkin muncul selama proses pilkades yang lalu. Bangkitlah menyongsong menjadi desa maju dan mandiri," pesan Patuan.

Patuan menambahkan, sebagai seorang pemimpin hendaknya dapat menerima kritik dan saran dari masyarakat sebagai bahan evaluasi untuk mengubah sikap ke arah perbaikan. "Terus bangun koordinasi, harmonisasi, komunikasi, sinergi, serta kolaborasi dengan seluruh lembaga yang ada, termasuk dengan BPD. Lakukan pembinaan kepada seluruh perangkat desa agar dapat bekerja dengan dedikasi dan disiplin yang tinggi," kata Patuan.

Ada 3 pesan yang disampaikan Pj Bupati, pertama, Kades diminta rajin turun ke lapangan untuk memastikan semua pelayanan program dan kegiatan tepat sasaran, karena tersebut akan berpengaruh besar pada tingkat kepercayaan masyarakat pada kinerja kades.

Kedua, melakukan gerakan inovatif dalam menjalankan roda pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat khususnya penanganan Stunting yang muara akhirnya tetap dan harus diarahkan pada upaya percepatan terwujudnya visi kabupaten Paluta.

Ketiga, agar bekerja secara profesional dengan dedikasi dan loyalitas yang sepenuhnya bagi kemakmuran masyarakat desa, demi ter ealisasinya penyelenggaraan pemerintahan desa yang maju dan mandiri.

Tak lupa Pj Bupati mengingatkan para kades karena telah memasuki tahun politik, yaitu Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden tahun 2024, untuk terus melakukan konsolidasi dengan seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat di desa demi terselenggaranya pesta demokrasi yang aman dan kondusif.

Usai pelantikan, Kadis PMD Pemkab Paluta, Yusuf MD Hasibuan menyampaikan terimakasihnya kepada semua pihak atas bantuan dan peran serta keterlibatan semua pihak dalam pelaksanaan Pilkades pada bulan Oktober lalu.

"Terimakasih kepada semua pihak yang mendukung dan membantu proses Pilkades berjalan dengan lancar, dan juga kepada seluruh desa peserta Pilkades yang sukses menghasilkan kepala desa terpilih untuk periode 2024- 2029," tuturnya.(MN.08)***

Baca Juga :
NeutraDC dan PLN Batam Jalin Kerja Sama Penuhi Kebutuhan Energi Data Center

News Feed