oleh

Pj Bupati Tapteng Tinjau Pasar Murah Menyambut Natal dan Tahun Baru

-Daerah-829 views


Pj Bupati Tapteng Tinjau Pasar Murah Menyambut Natal dan Tahun Baru

TAPTENG.Mitanews.co.id ||


Penjabat (Pj) Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Dr. Sugeng Riyanta, SH, MH meninjau Pasar Murah yang digelar oleh Pemkab Tapteng, di pelataran Gedung Serbaguna Pandan, Selasa 19 Desember 2023.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pj TP-PKK Tapteng Ade Riana Wiranti Sugeng Riyanta, Staf Ahli Bupati, Kepala Dinas Perindag Tapteng, Zafril Abdi Nasution, SE, M.Si.

Kemudian Kepala Bulog Sibolga Ahmad Fadly, pihak Pertamina Sibolga, PT Midi Utama Indonesia Tbk, Manager Area PT Indofood CBP Sukses Makmur Ivan Vitho Simanjuntak, Area Manager PT Medan Distribusindo Raya Mahdi.

Dalam peninjauan tersebut, Sugeng Riyanta mengimbau masyarakat Tapteng agar jangan panik dan memborong kebutuhan pokok dalam menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) karena kebutuhan pokok terpenuhi sampai tiga bulan ke depan.

“Hari ini saya bersama dengan Bank Indonesia Sibolga, Bulog, Pertamina (elpiji) serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Tapanuli Tengah datang ke tempat ini untuk mengecek layanan Pasar Murah yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng), dalam rangka menyambut Hari Natal dan Tahun Baru. Dari hasil pengecekan kami, semuanya lengkap dan stok sangat mencukupi,” kata Pj Bupati Tapteng, Sugeng Riyanta.

Lebih lanjut, Pj Bupati Tapteng Sugeng Riyanta menjelaskan bahwa ada pun kebutuhan pokok yang disediakan di Pasar Murah ini mulai dari beras, gula, tepung terigu, elpiji, telur, minyak goreng, dan kebutuhan lainnya.

"Untuk beras medium ukuran 5 kg dijual Rp 53 ribu. Kalau di pasar mencapai Rp 55 ribu rupiah. Beras premium ukuran 5 kg Rp 67.500, di pasar Rp 70.000. Minyak goreng 1 liter Rp 14 ribu, Gula pasir 1 kg Rp 16 ribu. Telur 1 papan Rp 49 ribu, gas elpiji 3 kg Rp 17 ribu. Rata-rata perbedaan harga dengan harga di pasaran kisaran Rp 2.000-2.500 per itemnya," jelas Pj Bupati.

Selain itu, Pj Bupati juga juga menyampaikan bahwa akan mengeluarkan surat edaran terkait imbauan agar masyarakat tidak panik dalam menyambut Nataru ini, khususnya dalam ketersediaan kebutuhan pokok.

"Pihak Bulog tadi sudah menyampaikan bahwa stok beras, dan gula, serta minyak goreng terpenuhi sampai tiga bulan ke depan. Ini yang akan kita sampaikan nanti kepada masyarakat lewat Surat Edaran Bupati supaya masyarakat tidak panic buying, karena memang kebutuhan pokok terpenuhi” ungkap Pj Bupati.

Hal senada juga disampaikan Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga, Jonataruli Sidabalok. Menurutnya, dengan adanya Pasar Murah yang difasilitasi oleh Pemkab Tapteng ini, dapat menjadi daya dorong masyarakat untuk berbelanja ke pasar murah, karena harganya jauh lebih murah dari harga di pasar.

Selain itu, Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga mengajak masyarakat agar berbelanja bijak atau membeli kebutuhan yang secukupnya saja agar tidak terjadi kenaikan harga yang akan bermuara ke inflasi.

“Kita dari BI Sibolga turut mendukung Pasar Murah ini dengan memberikan subsidi biaya angkut beras, minyak goreng, dan gula pasir dari Bulog ke tempat ini,” terangnya.

Untuk diketahui, Pasar Murah Pemkab Tapteng ini dibuka mulai hari Selasa 19 Desember 2023 sampai dengan Kamis 21 Desember 2023, mulai pukul 09.00 WIB - 17.00 WIB.

Dalam kegiatan Pasar Murah tersebut, Bulog Sibolga telah menyiapkan 5 ton beras premium, 5 ton beras medium (SPHP), 5 ton gula pasir, dan 5 ribu liter minyak goreng selama Pasar Murah tersebut berlangsung.

Amatan di lokasi, warga dan para ASN sangat memanfaatkan Pasar Murah ini dengan berbelanja kebutuhan pokok terutama dalam menyambut perayaan keagamaan, yakni Natal dan Tahun Baru (Nataru).(MN.16)***

Baca Juga :
Pisah Sambut di PN Sergai, Wabup Adlin: yang Sudah Baik Harus Dipertahankan

News Feed