oleh

Ratusan Masyarakat Datangi Rumah Tuha Peut, Diduga Keuchik Lam Kuta Tidak Transparan dan Nepotisme

-Daerah-2,975 views


Ratusan Masyarakat Datangi Rumah Tuha Peut, Diduga Keuchik Lam Kuta Tidak Transparan dan Nepotisme

ACEH BARAT DAYA.Mitanews.co.id ||


Ratusan Masyarakat Gampong Lam Kuta Kecamatan Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya datangi kediaman Ketua Tuha Peut atau Lembaga ketahanan Masyarakat Desa (LKMD) pada Sabtu malam, Minggu 03 Desember 2023.

Tujuan masyarakat ke rumah Tuha Peut untuk menyampaikan aspirasi masyarakat yang mana masyarakat menilai Pemerintah Gampong Lam Kuta tidak transparan dalam memimpin maupun proses pembangunan gampong dan melakukan Nepotisme secara terang - terangan.

"Kedatangan masyarakat ke rumah tuha Peut untuk menyampaikan beberapa poin penting, pertama Keuchik dinilai tidak transparan baik itu dalam hal penggunaan angaran desa maupun pembagunan yang tidak melibatkan masyarakat," ujar Tarmizi, salah satu tokoh masyarakat desa setempat.

Salah satu contohnya, sambung Tarmizi, merobohkan bangunan yang sudah ada dan dibangun gedung baru yang mana diduga kontraktor pada pembangunan gedung baru adalah suami Keuchik.

" Kedua Keuchik melakukan melakukan Nepotisme degan mengangkat ayahnya sebagai anggota tuha Peut. Ketiga pemagian batuan sosial yang tidak transparan," kata Tarmizi.

Kami berharap kepada Ketua Tuha Peut agar dapat menegur pemerintah jika tidak benar dalam mengurus gampong. Dan pungsi Tuha Peut itu harus betul dilaksanakan, sebagaimana tertera dalam Permendagari No.110 Tahun 2016, Pasal 31 yang menjelaskan bahwa TPG/ BPD mempunyai fungsi untuk Membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, Menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa, dan Melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa.

Hinga berita ini tayang berita ini tayang MitaNews.co.id belum mendapatkan konfirmasi dari Keuchik Lam Kuta. (Ali)***

Baca Juga :
Sokhiatulo Laoli Hadiri Perayaan Natal GTDI Wilayah Nias

News Feed