oleh

SMP Negeri 1 Badiri Raih Penghargaan Adiwiyata Mandiri dari Kementerian LHK RI

-Pendidikan-506 views


SMP Negeri 1 Badiri Raih Penghargaan Adiwiyata Mandiri dari Kementerian LHK RI

TAPTENG.Mitanews.co.id ||


SMP Negeri 1 Badiri Hutabalang, Kecamatan Badiri, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) raih penghargaan Adiwiyata Mandiri dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (LHK-RI).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Tapteng, Dr. Sugeng Riyanta, SH, MH Kepala SMP Negeri 1 Badiri, Jumat 08 Desember 2023 pagi.

Pj. Bupati Dr. Sugeng Riyanta, SH, MH mengapresiasi yang setinggi tingginya kepada Kepala sekolah SMP N 1 Badiri beserta seluruh jajarannya, baik itu Guru dan Karyawan serta siswa-siswi SMP Negeri 1 Badiri.

" Penghargaan yang diterima SMP Negeri 1 Badiri merupakan prestasi yang membanggakan bukan hanya bagi sekolah tapi juga kebanggaan bagi Kabupaten Tapanuli Tengah," Kata Sugeng Riyanta.

Sugeng Riyanta juga menyampaikan bahwa SMP Negeri 1 Badiri  memang layak menerima Piala Adiwiyata ini,  karena lingkungan Sekolahnya bersih, Asri, dan nyaman.

"Untuk itu, mari kita berpacu melestarikan lingkungan kita, dan juga lingkungan sekolah, demi keberlangsungan generasi yang akan datang. Semoga sekolah lain yang ada di Tapteng ini juga dapat mencontoh SMP Negeri 1 Badiri," ajak Pj Bupati Tapteng.

Selain itu, Pj Bupati juga menyampaikan apresiasi dan terima masih kepada, Kadis Pendidikan, Kadis Kesehatan juga Kadis lingkungan hidup Tapteng yang telah berkerja keras membimbing sekolah, sehingga SMP Negeri 1 Badiri ini berhasil menerima Penghargaan tingkat Nasional.

Sebelumnya Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tapteng, Erniwati Batubara menyampaikan bahw pada Tahun 2023 ini, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik indonesia menetapkan SMP Negeri 1 Badiri sebagai salah satu sekolah Adiwiyata mandiri dari 134 Sekolah Adiwiyata mandiri se-Indonesia yang sudah diserahkan tanggal pada tanggal 16-17  Oktober 2023 lalu di auditorium Gedung Manggala Wanabakti Kementrian lingkungan hidup dan Kehutanan Republik Indonesia di Jakarta.

Erniwati menjelaskan program ini pertama kali dicanangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia Tahun 2006 setelah adanya MoU antara Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia dan Menteri pendidikan Nasional, sementara untuk Kabupaten Tapanuli Tengah program Adiwiyata ini mulai dicanangkan di sekolah-sekolah sejak tahun 2012 lalu.

"Perlu kami laporkan kepada Bapak Pj Bupati Tapteng bahwa sampai dengan tahun 2023 ini, sudah ada sebanyak 149 Sekolah yang meraih Adiwiyata dengan berbagai prestasi, yakni Adiwiyata mandiri sebanyak 3 Sekolah, Adiwiyata Nasional sebanyak 4 Sekolah, Adiwiyata Provinsi Sumatera Utara sebanyak 76 Sekolah dan Adiwiyata Kabupaten Tapanuli Tengah sebanyak 66 sekolah.

Usai Penyerahan Piala Adiwiyata. Pj Bupati Tapteng tampak menyapa para guru dan siswa siswi yang sedang sarapan bersama. Kegiatan ini juga juga dirangkai dengan pemberian vitamin tablet tambah darah untuk remaja Putri SMP N 1 Badiri, kemudian penyerahan tong sampah dari Dinas Lingkungan Hidup Tapteng dan juga bibit tanaman kepada SMP Negeri 1 Badiri.

Dilanjutkan dengan penanaman bibit ketapang kencana di lingkungan sekolah oleh Pj Bupati Tapteng, Sekdakab Tapteng, Kadis Lingkungan Hidup Tapteng, Kadis Pendidikan Tapteng, dan juga Kadis Kesehatan Tapteng dan diakhiri dengan melakukan foto bersama.

Turut hadiri dalam kegiatan tersebut, Sekdakab Tapteng, Kadis Lingkungan Hidup Tapteng, Kadis Kesehatan Tapteng, Kadis Pendidikan Tapteng, Kaban Kesbangpol Tapteng, Camat Badiri, kepala UPTD Puskesmas Badiri, Kepala SMP Negeri 1 Badiri serta Guru dan Siswa/ Siswi SMA N 1 Badiri.(MN.16)***

Baca Juga :
Polsek Medan Baru Gelar ‘Pojok Pemilu’ di Sari Rejo, Polonia

News Feed