oleh

Syaiful Syafri ; KSJ Siap Membantu Gubsu Dalam Menangani Bencana Alam Di Sumatera Utara

-Daerah-592 views

Medan,Mitanews.co.id | Komunitas Sedekah Jumat ( KSJ ) Siap membantu Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dalam bekerja menangani bencana alam yang akhir akhir ini sering terjadi, seperti tanah longsor, banjir bandang dan banjir yang menggenangi rumah penduduk dibeberapa Kabupaten dan Kota.

Dua tahun terakhir ini KSJ telah berupaya membantu masyarakat dengan membuka dapur umum dan bantuan sembako kepada masyarakat, disaat masyarakat tertimpa musibah banjir yang menggenai rumahnya, seperti di Kabupaten Batu Bara, Serdang Bedagai, Langkat dan Tebing Tinggi,

Hal tersebut disampaikan oleh Drs Syaiful Syafri MM selaku dewan pakar KSJ yang hadir mewakili Ketua Dewan Pembina dan Pendiri KSJ, AKBP Ikhwan Lubis, SH.MH, saat pelaksanaan Penandatanganan Memory Of Understanding ( MoU ) antara Ketua Umum KSJ Saharudin dengan Gubsu yang diwakili Pj. Sekda Propsu Afifi Lubis, di ruang rapat Sekda Propsu Lantai 9, jln Pangeran Diponegoro, Senin 06/12.

Juga dijelaskan oleh Syaiful Syafri yang didampingi Ketua Umum KSJ Saharuddin, ketika diminta pandangan,, bahwa saat ini, sebanyak 25 Kabupaten dan Kota telah terbentuk kepengurusan KSJ dan Kartini KSJ, disamping pengurus tingkat Kecamatan, Desa dan Kelurahan yang siap membantu Gubsu dalam menangani bencana alam.

Untuk daerah rawan bencana kata Syaiful Syafri, telah dibentuk Tim Mitigasi KSJ dari unsur Pekerja Sosial, sedangkan untuk tanggap darurat dan pasca bencana di lakukan oleh Kartini KSJ serta relawan pelajar dan Mahasiswa KSJ seperti untuk dapur umum dan penyaluran bantuan kemasyarakat korban bencana alam.

Namun harus dimaklumi, kata Syaiful Syafri bahwa kegiatan kegiatan KSJ dalam tanggap darurat dan pasca bencana alam, khususnya korban banjir dalam dua tahun ini, banyak didukung oleh anggota Polri dan TNI, karena Tim KSJ belum pernah mengikuti diklat kebencanaan, sedangkan untuk rehabilitasi dan bantuan pembangunan rumah masyarakat korbang puting beliung dan kebakaran, menggunakan tukang.

Bersamaan dengan KSJ dalam MoU dengan Gubsu tentang penanganan bencana alam, juga dengan Ketua Kwarda Pramuka Sumut yang dihadiri Nurdin Lubis SH didampingi Drs Radjab, Ketua BKPRMI Sumut Zulchairi Pahlawan, dua Perguruan Tinggi yakni Politeknik Medan dan Univ. Dharmawangsa, yang dihadiri Kepala Biro Otda Pempropsu, Ir Zubaidi dan Kepala BPBD Sumut Ir Abdul Haris.( MN.02 ).

Baca juga : PS Pemkab Tapteng tundukkan PS Pemko Pematang Siantar 4-0

News Feed