oleh

Teladani Pahlawan, Edy Rahmayadi Sebut Sikap Berani, Jujur, Benar, Tulus dan Ikhlas Harus Ditanamkan

-Daerah-995 views

MEDAN.Mitanews.co.id | Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengharapkan masyarakat senantiasa menerapkan sikap berani, jujur, benar, tulus dan ikhlas dalam kehidupan sehari-hari. Semua sikap tersebut diterapkan para pahlawan sewaktu memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Edy Ramayadi saat memberi bimbingan dan arahan pada Festival Hari Pahlawan di Museum Perkebunan Indonesia, Jalan Brigjen Katamso, Medan, Minggu (13/11).

Menurutnya, hingga masa kini, semua sikap tersebut masihlah relevan. Apabila sikap berani, jujur, benar, tulus dan ikhlas diterapkan, maka Sumut yang potensinya sangat besar akan bisa dikelola dengan baik, sehingga membawa kesejahteraan bagi masyarakat itu sendiri.

"Jangan kita kehilangan kejujuran, gunakan kebenaran sebagai referensi berbuat, jangan takut jika benar, tulus dan ikhlaslah apabila berbuat sesuatu, jangan kalau tak ada untungnya tak mau kita berbuat," kata Edy Rahayadi.

Pada kesempatan tersebut, Edy Rahmayadi juga menyaksikan parade sepeda onthel yang diikuti puluhan pesepeda. Sebelumnya para peserta yang memakai kostum para pejuang kemerdekaan dan pakaian adat tersebut dilepas oleh Edy Rahmayadi langsung dari Rumah Dinas Gubernur di Jalan Sudirman.

Menurut Edy, peran sepeda onthel dan sejarah perjuangan memang tidak bisa dipisahkan. Oleh sebab itu, Ia mengapresiasi parade sepeda onthel yang dilaksanakan dalam rangkaian Hari Pahlawan 2022, untuk mengingatkan kembali peran para pejuang di masa lalu.

"Hari pahlawan ini diperingati untuk mengingat peran para pejuang kemerdekaan kita, sepeda onthel ini ada perannya, memang seperti inilah modelnya, sehingga merdeka kita," kata Edy.

Edy juga sempat menyanyikan lagu ‘Ande ande lumut’. Tidak disangka, Edy ternyata hafal dengan lagu tersebut. Diungkapkannya, Ia sangat familiar dengan lagu yang memiliki makna perjuangan dalam diri seseorang. "Mbah saya dulu sering menceritakan kisah-kisah ini, " ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Pusat Penelitian Kelapa Sawit Edwin Syahputra Lubis menyampaikan peringatan atau festival Hari Pahlawan memang rutin dilakukan Museum Perkebunan Indonesia setiap tahun. Namun lantaran pandemi, kegiatan tersebut sempat absen dalam peringatan Hari Pahlawan. Kini Festival tersebut diadakan kembali.

Festival diisi dengan berbagai macam kegiatan diantaranya parade sepeda onthel, pagelaran budaya, festival berkebaya, lomba mewarnai, lomba melukis, hingga lomba sketsa. Tampak pula pameran UMKM serta pameran tembakau. "Tujuannya kami harapkan dapat memupuk semangat kepahlawanan pada masyarakat," kata Edwin.

Turut mendampingi Gubernur Edy Rahmayadi pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Arief S Trinugroho, Kepala Dinas Tenaga Kerja Sumut Baharuddin Siagian, Kepala Satpol PP Sumut Mahfullah, Plt Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus.(MN.02)

Baca Juga : Kebocoran Gas Beracun PT SMGP, Wakil Ketua KNPI Sumut : “Ada pembiaran Kejahatan Lingkungan”

News Feed