oleh

Kapolres Sergai Pimpin Rakor Persiapan Pelaksanaan Operasi Lilin Toba 2021

-Daerah-876 views

SERGAI,MitaNews.co.id | Kapolres Serdang Bedagai AKBP Dr Ali Machfud S.IK, M.IK memimpin rapat koordinasi Lintas Sektoral persiapan pelaksanaan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Toba – 2021, Rabu (8/12/2021) pagi bertempat di Aula Patriatama Polres setempat.

Turut hadir,  Ketua DPRD Kab. Serdang Bedagai,M. Riski Ramadhan Hasibuan, Asisten I Hj. Nina Deliana,Ketua Majelis Ulama Indonesia H. Hasful Huznain, dan peserta rapat.

Kapolres dalam sambutannya mengatakan pada pelaksanaan pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 Polres Sergai akan menggelar Operasi Kepolisian dengan sandi OPS LILIN TOBA Tahun 2021 dengan mendirikan empat Pos Pam dititik -titik rawan laka , rawan macet dan rawan guankamtibmas yaitu, pertama Pos Pam I di Simpang Tugu Desa Kota Pari Kecamatan Pantai Cermin. Pos Pam II di Simpang Tiga Kelurahan Pekan Kecamatan Perbaungan,Pos Pam III di Desa Pon Kecamatan Sei Bamban dan Pos Pam IV di Simpang Kerapuh Kecamatan Dolok Masihul.

Selanjutnya, kata Kapolres, dengan membentuk dua tim pengurai macet lalin sebanyak 12 personil satu tim ditempatkan di Kota Perbaungan dan satu tim di Pos Ruko Rampah Indah Kota Sei Rampah.

” Dalam situasi Pandemi Covid – 19 saat ini, maka di setiap Pos Pam akan dilakukan kegiatan cek point untuk memantau pelaku perjalanan khususnya menyangkut vaksinasi dengan melakukan pengecekan melalui Bardcode Aplikasi Peduli Lindungi.
Melakukan pengecekan surat jalan. Melakukan kegiatan vaksinasi. Melakukan kegiatan swab antigen secara acak,” ujarnya.

Disampaikan Kapolres, kepada para pendeta dan pimpinan gereja diharapkan dapat membentuk satgas penanganan Covid-19 di masing – masing gereja untuk menerapkan prokes secara ketat serta membentuk panitia PAM internal dan diimbau agar dalam setiap kegiatan perayaan ibadah Natal dan ibadah Tahun baru untuk tidak membawa bungkusan maupun tas guna mempermudah pengamanan, ungkapnya.

“Di wilayah Kabupaten Serdang Bedagai terdapat beberapa lokasi tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh warga masyarakat baik dari dalam maupun dari luar wilayah Sergai khususnya pada saat hari libur,” ujarnya

AKBP Dr. Ali  juga mengimbau  seluruh pengelolah wisata pantai agar benar – benar menerapkan prokes guna mencegah penyebaran virus COVID-19 dan kepada Dinas Kesehatan Kab Sergai juga diharapkan peran sertanya untuk dapat melakukan pengawasan terhadap penerapan Prokes di setiap lokasi tempat wisata termasuk pembatasan pengunjung oleh Dinas Parbudpora.

Sebelumnya, secara bergantian Kabag Ops Polres Serdang Bedagai, Kadis Perhubungan, Kepala BPBD, Kadis PUPR, Kadis Perindagsar, Kadis Parbudpora Kab. Serdang Bedagai memberikan paparan saran dan masukan dari peserta rapat.

Diakhir rakor, Kapolres Serdang Bedagai mengatakan agar Mapping kerawanan seperti Pok Preman, agar mengikuti aturan sesuai ketentuan pemerintah.

Selanjutnya jalan kecil menuju objek wisata agar ditutup.Setiap objek wisata memiliki aplikasi Peduli Lindungi.
Serta mengantisipasi pohon tumbang dan banjir , sehingga pelaksanaan pengamanan Ops Lilin Toba – 2021 Berjalan Aman dan Lancar.

Kapolres juga menyampaikan agar dilaksanakan Ops Pasar sehingga barang barang tidak layak dapat termonitor untuk ditarik dari Pasar.
Pos Pam juga menjadi Pos Yan dan laksanakan Check Point.Agar Pos Pam dibuat nyaman. Pelaksanaan ibadah diluar Gereja agar dilapor sehingga Polisi dapat mengetahui kegiatan yang dilaksanakan masyarakat. Gereja harus disterilkan dari ancaman teroris , minta bantuan dari Gegana dan memberikan arahan kepada masyarakat untuk tidak menggunakan narkoba, pungkas Kapolres.(mn..44)

Baca juga : Bupati Asahan Serahkan Bantuan Beras Korban Banjir

News Feed