oleh

310 Calon Kades di Sergai Mulai Jalani Wawancara dan CAT

-Daerah-842 views

SERGAI, Mitanews.co.id | Jelang pemilihan Kades,sebanyak 310 Calon Kepala Desa di Serdang Bedagai (Sergai) mulai menjalani serangkaian tes yang terdiri dari Psikometri, wawancara, dan Computer Assisted Test (CAT)
di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Kecamatan Sei Rampah, Selasa (18/1/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh 310 orang calon kepala desa (kades), di mana terdapat sebanyak 102 desa dan 16 Kecamatan (kecuali Kotarih) yang akan mengikuti pilkades untuk periode 2022-2028.

Bupati Sergai Darma Wijaya mengatakan, serangkaian tes terhadap calon kepala desa terdiri dari Psikometri, wawancara, dan Computer Assisted Test (CAT).

“Ada tiga tahapan tes yang akan dijalani oleh para calon kades. Pertama tes psikometri yang dilaksanakan pada hari ini, kedua tes wawancara yang dilakukan besok di tempat yang sama, dan yang terakhir ujian tertulis melalui CAT, yang pelaksanaannnya pada, Kamis 19 Januari,” ujar Darma Wijaya.

Lanjut Darma, tahapan tes ini adalah mekanisme upaya menjaring dan menyaring calon kades yang berkualitas serta memenuhi persyaratan.

“Peraturan daerah Kabupaten Sergai nomor 2 tahun 2021 tentang pemilihan kepala desa dan pengisian anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang kemudian akan diperoleh Calon Kepala Desa yang berkualitas, baik dari sisi jiwa kepemimpinan maupun wawasan kualitasnya,” ujar Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Sergai Sri Rahmayani mengatakan, tahapan ini dilaksanakan dengan maksud agar para bakal calon kepala desa dapat lebih memahami pemerintahan desa dan memiliki kemampuan kognitif sebagai seorang pemimpin desa.

“Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk mengukur pemahaman para calon kades. Kemudian tingkat pengetahuan para calon kades, tentang pemerintahan desa dan peraturan perundang-undangan yang berlaku agar berjalan sesuai koridor, sehingga nantinya dapat memperoleh calon Kades yang berkualitas baik dari sisi jiwa kepemimpinan maupun wawasan intelektualnya,”, ujar Sri.(mn.44).

Baca juga : Vaksinasi Anak Usia 6-12 Tahun, Kadisdikpora Rohul: Ini Merupakan Dasar Pembelajaran Tatap Muka.

News Feed