oleh

Bangunan Pengukur Pasang Surut di Pelabuhan Susoh Hancur

-Daerah-1,174 views

Aceh Barat Daya .MitaNews.co.id | Pasca pengapalan biji besi milik PT Juya Aceh Mining (JAM) yang dilakukan oleh PT. Sinar Mentari Duwiguna (SMD) mengakibatkan bangunan pengukur pasang surut di Pelabuhan Susoh rata dengan tanah.

Amatan MitaNews.co.id di terlihat sisa puing-puing bagunan pengukur pasang surut, tiang lampu yang tumbang serta tumpukan pasir yang masih menumpuk di dermaga, diketahui pasir yang menumpuk itu sebelumnya digunakan untuk mempermudah truk masuk ke kapal tongkang, Selasa (23/2/2022).

Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III B Susoh, Aceh Barat Daya atau Syahbandar Pelabuhan Susoh, Jamil membenarkan bahwa bagunan tersebut hancur dihantam kapal tongkang yang terkena badai beberapa waktu lalu.

“Ya itu rusaknya akibat kena kapal tongkang yang dihantam badai pada Jum’at kemaren, malam itu kebetulan kapal besandar namun tiba-tiba badai datang jadi nahkoda tidak sempat lagi manuver akibatnya bangunan pengukur pasang surut kita rusak”, ucap Jamil.

Kendatipun demikian kata Jamil pihak PT.SMD sudah buat pernyataan kalau terjadi kerusakan fasilitas pelabuhan selama pengangkutan itu menjadi tanggung jawab perusahaan.

“Sebelumnya mereka sudah buat pernyataan yang mana selama proses pengangkutan berlangsung jika terjadi kerusakan itu menjadi tanggung jawab mereka, termaksuk tumpukan pasir juga akan dibersihkan”, pungkasnya.

News Feed