oleh

Dengai Berderai Air Mata, Bupati Bakhtiar Lepas Keberangkatan Jenazah Almarhum Abang Kandungnya

-Daerah-1,684 views

BARUS -Mitanews.co.id | Dengan berderai air mata dan duka cita yang mendalam, Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani didampingi keluarga dan sanak saudara, melepas keberangkatan jenazah Almarhum abang kandungnya, H. Ahmad Suchairi Sibarani dari rumah duka di Jalan Merdeka No. 05 Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) menuju Masjid Al-Huda di Kelurahan Padang Masiang Kecamatan Barus, untuk dishalatkan, pada Jum’at (07/01/2022).

Dalam sambutannya saat akan melepas keberangkatan jenazah Almarhum untuk dishalatkan dan dikebumikan, Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak/Ibu dan saudara-saudara para pelayat, atas kehadirannya dirumah yang sedang dirundung duka ini.

“Sebelumnya, terima kasih kami ucapkan atas kehadiran Bapak/Ibu, saudara-saudara para pelayat dalam pelaksanaan fardhu kifayah maupun penghibur bagi kami, hal ini menunjukkan bahwa Bapak/Ibu, saudara-saudara turut berduka atas kepergian Almarhum abang kami yang kami cintai dan yang kami banggakan. Abang kami, H. Suchairi Sibarani, S.Pd  M.I.P ini meninggal dunia dalam usia 50 tahun. Almarhum meninggalkan seorang istri, seorang anak dan seorang cucu. Sedangkan keseharian beliau bekerja sebagai PNS di Pemkab Pringsewu Provinsi Lampung,” kata Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Dalam kesempatan itu, selaku adek dari Almarhum, Bupati Bakhtiar memohon maaf atas dosa dan kesalahan Almarhum, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja selama hidupnya ditengah-tengah masyarakat.

“Selaku adek, izinkan kami memohon maaf apabila ada dosa dan kesalahan abang kami, dari cara bicaranya yang tidak pada tempatnya atau menyinggung perasaan saudara-saudara, baik kawan sekolah ataupun kawan beliau selama disini dan saat pulang kampung ke Barus ini. Kepada Allah kami mohon ampun dan kepada Bapak/Ibu kami mohon maaf. Selama yang kami tau, abang kami ini belum pernah kami dengar bertengkar dengan siapapun, belum pernah menyakiti hati orang lain. Walau demikian, mungkin tanpa sepengetahuan kami ada perbuatan abang kami yang menyinggung perasaan saudara-saudara, izinkan kami selaku adek memohon maaf sekali lagi kepada Bapak/Ibu/saudara sekalian,” lanjut Bupati Bakhtiar.

Usai dishalatkan, selanjutnya jenazah Almarhum abang kandung Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani itu diberangkatkan menuju pemakaman keluarga di Desa Kampung Mudik, Kecamatan Barus, untuk dikebumikan.

Almarhum H. Ahmad Suchairi Sibarani adalah merupakan adik kandung dari Ketua Komisi A DPRD Tapteng Ahmad Rivai Sibarani, dan juga merupakan abang kandung Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani, serta abang kandung dari Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani, SH.

Semasa hidupnya, Almarhum bertugas sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung. Di Kabupaten Pringsewu, Almarhum dikenal sebagai Penggiat dan Penguat Budaya dan Pariwisata, melalui sanggar Bulan Tenanggal milik Almarhum dan juga sebagai Penggiat Media Sosial. Selain itu, Almarhum juga dikenal sebagai salah satu penggagas Nggruout yang ikut melestarikan jajanan dan pangan tradisional yang digelar setiap hari Minggu di komplek Pemkab Pringsewu.

Almarhum menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta, dan dinyatakan meninggal dunia oleh Tim Dokter, pada hari Kamis (06/01/2022) sore, diusia 50 tahun. Jenazah Almarhum selanjutnya diterbangkan ke kampung halamannya di Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah dan tiba di Bandara dr. Ferdinand Lumbantobing Pinangsori, pada Jum’at (07/01/2022) dini hari. Selanjutnya jenazah dibawa kerumah duka untuk disemayamkan.

Berdasarkan informasi yang diterima MitaNews dilokasi, pada malam hari ini, Jumat (07/01/2022), Takjiah malam pertama atas kepergian Almarhum abang kandung Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani tersebut diisi oleh Pemkab Tapteng. dan untuk Takjiah pada malam kedua nanti akan diisi oleh Pemko Sibolga.

Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul bersama Ketua dan Wakil DPRD Tapteng, Khairul Kiyedi Pasaribu dan Willy Sahputra Silitonga serta anggota DPRD Tapteng, Asisten, Staf Ahli, dan Pimpinan OPD Tapteng, bersama Forkopimda, dari Kamis (06/01/2022) sore menjelang malam, terlihat selalu mendampingi Bupati Bakhtiar yang sedang dirundung duka seraya memberikan penghiburan, mulai dari penjemputan jenazah Almarhum di Bandar Udara (Bandara) dr. Ferdinand Lumban Tobing, Kecamatan Pinangsori, dilanjutkan dengan mengantarkan jenazah Almarhum ke rumah duka di Kecamatan Barus untuk disemayamkan.

Sementara itu, Wali Kota Sibolga dan rombongan, terlihat sejak pagi telah tiba di rumah duka, di Jalan Merdeka, Kecamatan Barus. Dalam kesempatan itu juga, Wali Kota dan rombongan yang beragama Islam itu juga turut serta melaksanakan Sholat Jenazah di Masjid Al Huda Kelurahan Padang Masiang, Kecamatan Barus. 

Terlihat juga berhadir di rumah duka dan mengikuti prosesi pemakaman Almarhum, yakni Danrem 023/KS Kolonel (Inf) Febriel Buyung Sikumbang, Ketua TP. PKK Hj. Farida Hanum Siregar, Wakil Wali Kota Sibolga Pantas Maruba Lumban Tobing, Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja, SH, SIK, Dandim 0211/TT Letkol (Czi) Mangatas Pandapotan Sibuea, Kapolres Tapteng AKBP Jimmy Christian samma, serta Ketua DPRD Sibolga Akhmad Syukri Nazri Penarik dan anggota DPRD Kota Sibolga lainnya.( mb.16).

Baca juga : Bupati Batubara Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Mushola Al-Hidayah

News Feed