oleh

Dijenguk Pj Gubsu saat Rawat Inap, Asren Nasution Rasakan Kekeluargaan Kuat

-Daerah-765 views


Dijenguk Pj Gubsu saat Rawat Inap, Asren Nasution Rasakan Kekeluargaan Kuat

 
MEDAN.Mitanews.co.id ||


Pj Gubernur Sumut (Gubsu) Dr Hassanudin menjenguk Kadis Pendidikan Sumut Dr H Asren Nasution MA yang rawat inap di Rumah Sakit Haji Medan. Asren Nasution mengaku kunjungan ini memberi semangat baginya dan merasakan karakter kepemimpinan yang kuat dari Pj Gubsu.  
 
Ketika dihubungi wartawan via seluler, Kamis 1 Februari 2024 Asren Nasution yang sedang ‘check up’ (pemeriksaan kesehatan) di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta, setelah kesehatannya membaik pasca opname sekira seminggu di Rumah Sakit Haji Medan, mengemukakan kedatangan Pj Gubsu memunculkan suasana batin tersendiri yang membawa dirinya ke dalam atmosfir kepemimpinan saat dirinya di ketentaraan.
 
            Asren, kolonel purnawirawan TNI yang pernah bertugas di Kostrad, mengaku benar-benar terharu saat sakit dijenguk seorang jenderal. “Jiwa keprajuritan saya bangkit atas kunjungan seorang Jenderal. Memang dalam ketentaraan, baik kakakter keprajuritan maupun kepemimpinan, mengunjungi dan menyapa sanak keluarga dan rekan sejawat merupakan tradisi murni,” ujarnya.
            
Pj Gubsu Dr Hassanudin yang pernah menjabat Pangdam I/BB disambut dengan penuh sukacita oleh keluarga Asren Nasution yang kebetulan saat itu lagi menunggui beliau rawat inap. Dengan penuh kekeluargaan Pj Gubsu menyalami isteri, anak dan menantu Asren. Mereka saling menyapa dalam suasana keakraban.
           
Pj Gubsu mengemukakan begitu mendengar salah seorang pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) rawat inap beliau langsung menjenguk. “Saya langsung menjenguk sahabat kami Kadis Pendidikan Provinsi Sumut Bapak Asren Nasution,” ujarnya seraya mengajak berdoa Asren Nasution segera pulih dan bisa kembali beraktivitas seperti biasa.
           
Asren Nasution mengucapkan terima kasih atas kunjungan Pj Gubsu. “Saya berbesar hati. Mengunjungi  dan menyapa serta menyalami sanak keluarga dan rekan sejawat merupakan tradisi dalam kepemimpinan kita, apalagi Bapak Pj Gubsu yang seorang jenderal,” ujarnya seraya berbesar hati juga mendengar selama di RS Haji Medan, Pj Gubsu juga menyempatkan diri beramah tamah dengan petugas medis.

“Beliau terus dan masih mentradisikan suasana bathin  kehidupan dalam satuan Tentara. Persahabatan sejati itu muncul dalam suasana sulit atau sakit dan saat ada keprihatinan. Itulah nilai kepemimpinan. Membangun kesetiaan pemimpin dengan yang dipimpin atau sebaliknya itu dimulai dari kepeduliaan saat suasana prihatin, suasana sulit dan dari situlah benih kesetiaan permanen itu tumbuh,” ujarnya.
 
Asren Nasution menggambarkan dalam kepemimpinan di ketentaraan perhatian komandan kepada anak buah merupakan kunci utama terbangunnya kesetiaan dan loyalitas. Sudah menjadi tradisi bahwa anggota (anak buah) sudah menjadi ibarat satu keluarga. Dalam hal kekeluargaan ini, antara komandan dan anggota menyatu, tidak ada sekat kesukuan, agama, asal daerah dan lainnya.
 
           
Karakter dan tradisi ini, ujar Asren, dirasakannya masih sangat kental dan hidup dalam diri Pj Gubsu yang menurutnya sangat relevan diimplementasikan di segala bidang karena semangat kekeluargaan itu tetap sangat indah diterapkan dalam setiap kepemimpinan di bidang apa pun.
 
Diakuinya kepemimpinan, kesetiaan, loyalitas, hormat dan bangga kepada pemimpin itu sesungguhnya lebih kental suasana kebatinan dan ketauladanan. Dengan demikian membangun kesetiaan itu sangat sederhana melalui suasana batin dan keteladanan.
 
Bersamaan saat Asren check up di RSPAD Gatot Subroto bertemu dengan putranya yang bertugas di Kopassus TNI AD yang juga sedang menjaga anggotanya yang menjalani rawat inap akibat suatu penyakit di rumah sakit tersebut. “Jadi memang tradisi ini terus hidup di tentara. Saya bangga anak saya yang berpangkat kapten di Kopassus ‘menunggui’ anak buahnya yang sedang rawat inap,” ujarnya.(MN.01)***

Baca Juga :
Bupati Sergai Terima Kunjungan Kepala BPK RI Perwakilan Sumut

News Feed