oleh

Jalinsum Masih Rusak Berat, Warga Kabupaten Padang Lawas Sudah Terlalu Sabar

-Peristiwa-2,113 views

PADANG LAWAS.Mitanews.co.id | Kondisi jalan provinsi atau jalan lintas Sumatera (jalinsum) yang melintasi Kabupaten Padang Lawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara atau Sumut terlihat masih rusak berat, sedangkan masyarakat setempat saat ini terlihat sudah terlalu sabar menyikapinya.

Wartawan Mitanews.co.id yang melintasi jalan protokol di daerah beribukota Sibuhuan itu menyaksikan kerusakan jalan yang menjadi akses utama warga Palas tersebut terlihat makin memprihatin. Kenderaan beroda empat dan dua makin kesulitan beraktifitas saat melintasi badan jalan itu.

Sejumlah pendapat dari warga, Ahad (26/02/2023) petang mengatakan, kelihatannya pemerintah sudah abai terhadap aspirasi masyarakat yang disulitkan dengan pembiaran kondisi badan jalan yang dinilai tidak serius menyikapi problema yang dihadapi masyarakat Palas.

"Kondisi jalan provinsi yang membelah Kabupaten Palas yang rusak tersebut sudah berselang dalam waktu lama. Setiap hari para pengguna jalinsum disulitkan beraktifitas ekonomi terutama para pengendara angkutan komoditi pertanian dan perkebunan menuju pabrik yang ada di daerah itu," kata Mara. K. Hasibuan di Sibuhuan.

Dikatakan, sebagai pengguna jalan, dirinya, demikian juga para pengguna jalan lainnya merasa dirugikan saat melintasi jalan yang benar-benar tidak layak sebagai sarana serta prasarana untuk peningkatan ekonomi yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat.

"Lambannya pihak pemerintah menyikapi aspirasi masyarakat dengan menangani kondisi jalan yang rusak berat itu telah banyak merugikan masyarakat. Perjalanan mengangkut komoditi hasil pertanian maupun perkebunan ke pusat pasar selalu terlambat. Akibatnga kualitas komoditi menurun yang pada gilirannya harga jualpun anjlok. Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit misalnya sering terlambat masuk pabrik akibat jalan rusak," katanya.

Dikatakan, tidak ada yang bisa diperbuat kecuali memperkuat kesabaran menghadapi persoalan tersebut walau resikonya adalah rugi besar secara ekonomi dalam jangka waktu sebelum adanya sikap aspiratip pemerintah yang ditunjukkan dengan perbaikan jalan provinsi itu.

Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kabupaten Padanglawas, H. Marza Zenova yang dikonfirmasi beberapa waktu yang lalu mengatakan, jalan propinsi sudah mulai ditangani pihak pemerintah propinsi sesuai data yang dijelaskan Gubernur Sumatera Utara saat kunjungan kerja di Kabupaten Padang Lawas.

"Sabarlah dulu kita, nggak ada pemerintah yang mengabaikan kondisi ini, usaha dan koordinasi tetap dilakukan Dinas PU Palas dengan pihak Dinas PU Propinsi Sumatera Utara. Kita berharap, pemberitaan dari rekan-rekan media juga dapat mempercepat perbaikan dan pembangunan jalan ini," katanya waktu itu. (MN.03).

Baca Juga :
Pemkab Tapanuli Tengah Gelar Bimtek SPIP dan Manajemen Risiko

News Feed