oleh

Jejak Harimau Sumatera Kembali Gegerkan

-Daerah-2,074 views

Padanglawas.Mitanews.co.id |
Warga Desa Lubuk Bunut,Kecamatan Hutaraja Tinggi,Kabupaten Padanglawas(Palas) digegerkan dengan temuan jejak harimau sumatera di wilayah kebun masyarakat kawasan kampung Tempel.

Dengan terlihatnya jejak Harimau Sumatra, warga menjadi takut beraktivitas di kebun yang berada di sekitar penemuan jejak harimau melintas tersebut.

Seorang warga Desa Lubuk Bunut,Udin (37) karyawan PTPN IV Sosa Afdeling VII mengaku melihat langsung hewan buas tersebut, berjarak sekitar 20 meter dari lokasi tempatnya bekerja yang tak jauh dari tempat ditemukan jejak kaki harimau tersebut.

“Saya sudah melihat langsung harimau tadi saat mengejar hewan ternak lembu yang berlarian ketakutan sekitar pukul 11.00 WIB,Senin(3/1/2022) Waktu itu saya sedang bekerja dilokasi Afdeling VII Kebun PTPN IV Sosa, saat itu saya melihatnya,” ucap Udin kepada Kapolsek Sosa AKP Haposan Harahap.

Udin mengemukakan, setelah melihat harimau tersebut dirinya langsung bersembunyi dan dihantui rasa ketakutan karena jaraknya dengan harimau tersebut hanya berjarak 20 meter jarak pandang.

“Saya melihat harimau itu dari jarak sekitar 20 meter. Saya langsung kaget dan ketakutan lalu bersembunyi sampai harimau itu pergi,” ungkapnya.

Ketika harimau tidak terlihat lagi,sambungnya ia langsung merekam jejak kaki harimau dan menghubungi pihak Kepolisian Polsek Sosa dan Papam Perkebunan PTPN IV Sosa.

Kapolres Padanglawas,AKBP Indra Yanitra Irawan.SIK.M.Si melalui Kapolsek Sosa,AKP Haposan Harahap mengatakan, setelah menerima laporan dari warga tersebut langsung kelokasi PTPn IV Sosa lokasi Kampung Tempel untuk memastikan ditemukan jejak kaki harimau tersebut bersama personil dan anggota Koramil 09 /Sosa.

Sesampai dilokasi Kampung Tempel,Kapolsek Sosa bertemu dengan Udin yang melihat binatang buas tersebut pada saat bekerja diareal perkebunan perusahaan.

Saat kita minta keterangan,lanjutnya ia membenarkan bahwa adanya kejadian lembu -lembu dilokasi kebun masyarakat dikejar seekor harimau sumatera.

Setelah mendengarkan keterangan dari Udin,Kapolsek bersama personel Koramil 09 /Sosa melakukan penelusuran jejak kaki harimau di lokasi perkebunan warga.

“Ternyata terlihat dengan jelas tapak kaki jejak harimau baru melintas di perkampungan warga,”katanya.

Pihak Polsek Sosa bersama Koramil 09 Sosa telah berkoordinasi dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utar(BBKSDA) dengan bapak Supandi.

Sesuai penjelasan Supandi,sambung Haposan bahwa besok tim BBKSDA Sumut akan melaksanakan survei kelokasi ditemukan jejak kaki harimau tersebut.

Kapolsek Sosa langsung mengimbau, masyarakat Desa Lubuk Bunut sekiyarnya atau karyawan perkebunan agar tetap meningkatkan kewaspadaan agar tidak menjadi korban dimangsa harimau yang saat ini berkeliarajan sekitar perkampung warga.(fahmi ).

Baca juga : Mensos Tinjau Lokasi Banjir Bandang di Palas

News Feed