oleh

Kejari-PWI Sergai Gelar Pelatihan Jurnalistik

-Daerah-653 views


Kejari-PWI Sergai Gelar Pelatihan Jurnalistik

SERGAI.Mitanews.co.id ||


Kejaksaan Negeri (Kejari) Serdang Bedagai (Sergai) bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sergai menggelar pelatihan jurnalistik dengan materi Tehnik Menulis Berita 5W1H, Jumat 24 November 2023 di aula Adhyaksa Kejari setempat di Sei Rampah.

Pelatihan jurnalistik dibuka Kajari Sergai Mayhardy Indra Putra SH,MH diwakili Kasi Intelijen Romel Tarigan SH dihadiri Ketua dan Sekretaris PWI Sergai Edi Saputra dan Darmawan, Anggota PWI Sergai Azwen Fadly dan Rimpun Sihombing, staf ASN dan staf Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) dimasing-masing satuan di Kejari Sergai selaku peserta pelatihan.

Kajari Sergai melalui Kasi Intelijen Romel Tarigan SH menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan bertujuan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) staf Kejari Sergai dalam menulis narasi berita. Sehingga ke depan, penulisan narasi terkait kegiatan-kegiatan Kejaksaan, khususnya untuk diupload di media sosial (medsos) dapat tersaji dengan lebih baik dan informatif.

"Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk nyata kemitraan antara Kejari Sergai dengan PWI Sergai yang telah terjalin selama ini, ke depan kita berharap kemitraan ini dapat terus ditingkatkan", harap Romel Harahap.

Ketua PWI Sergai Edi Saputra dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Kajari Sergai atas kemitraan yang terus terbina dengan baik hingga PWI Sergai dipercaya sebagai narasumber pelatihan Jurnalistik.

Ketua PWI Sergai saat memberikan materi pelatihan jurnalis di Kajari Sergai

" Semoga pelatihan jurnalistik dengan materi cara membuat berita ini dapat sedikit menambah pengetahuan staf di seluruh bagian di Kejari Sergai sehingga mendukung peningkatan program kerja Kejari Sergai dalam menyajikan informasi yang berbasis jurnalistik", pungkas Edi Saputra.

Pelatihan jurnalistik dilanjutkan dengan pemaparan materi dengan judul Tehnik Menulis Berita 5W1H (5W+1H) yakni What, When, Where, Who, Why dan How atau yang dikenal dengan istilah Adiksimba (Apa, Dimana, Kapan, Siapa, Mengapa dan Bagaimana).

Ketua PWI Sergai juga menyampaikan kesimpulan jika 6 unsur ini (5W1H) sudah terpenuhi maka berita yang kita buat telah masuk dalam berita yang lengkap serta memenuhi kaidah jurnalistik, tutupnya.

Puluhan peserta yang merupakan staf Kejari Sergai tampak antusias mendengarkan paparan yang disampaikan Ketua PWI Sergai, dan aktif melayangkan pertanyaan saat sesi tanya jawab dibuka.

Usai penyampaian paparan materi dilanjutkan dengan praktek menulis berita bagi para peserta terkait kegiatan yang dilaksanakan.

Dari hasil praktek menulis berita, narasumber Edi Saputra menetapkan tiga peserta terbaik yakni Anggi Wicita, Jesika Febriana Sembiring dan Siti Suryana Harahap, peserta terbaik menerima bingkisan dari PWI Sergai. (mn.44)***

Baca Juga :
Lanal Bersama Forkopimda, Mahasiswa, Masyarakat dan Siswa Bersihkan Pantai Ujung Sibolga

News Feed