oleh

MTQ XIII Tk. Kab. Palas Upaya Tanamkan Cinta Al-Qur’an Terhadap Generasi Muslim

-Advertorial-1,282 views
Plt. Bupati Padanglawas, drg H. Ahmad Zarnawi, CHT, MM, MSi didanpingi Forkopinda ,Sekda dan Asisten  terlihat sedang memukul bedug sebanyak 13 kali tanda dimulainya MTQ pada pembukaan MTQ XIII Tingkat Kabupaten Palas di lapangan MTQ Sosa Julu.
Plt. Bupati Padanglawas, drg H. Ahmad Zarnawi, CHT, MM, MSi didanpingi Forkopinda ,Sekda dan Asisten terlihat sedang memukul bedug sebanyak 13 kali tanda dimulainya MTQ pada pembukaan MTQ XIII Tingkat Kabupaten Palas di lapangan MTQ Sosa Julu.

Laporan Balyan Kadir NST

P. LAWAS, Mitanews.co.id | Musabaqoh Tilawatil Qur'an atau MTQ XIII Tingkat Kabupaten Padanglawas (Palas) berlangsung di Lapangan MTQ, Kecamatan Sosa Julu baru saja usai, tepatnya ditutup secara resmi, Kamis (24/02/2022) malam, tentunya dengan menghasilkan remaja dan pemuda berprestasi di Cabang Musabaqoh yang dipilihnya.

Ajang perlombaan yang diharapkan akan menjadi upaya pemerintah Kabupaten Palas dan segenap kaum muslimin untuk membuat remaja dan pemuda muslim yang telah turut berpartisipasi sebagai peserta semakin mencintai Al-Qur’an sebagai Kitab Suci yang berfungsi menjadi pedoman kaum muslimin di semua aspek kehidupannya dibuka secara resmi Plt. Bupati Padanglawas, drg H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHT MM MS.i pada Senin (21/02/2022).

Mereka yang menjadi peserta yang ikut ambil bagian di even Pembinaan Keagamaan Masyarakat tersebut berjumlah 1.118 orang peserta yang akan berlomba meraih prestasi di bidang Al-Qur-an yang mencakup perlombaan yang merangsang para peserta terus menerus melakukan latihan dan mengulang pelajaran yang akan diperlombakan.

Plt. Bupati Padanglawas, H. Ahmad Zarnawi Pasaribu saat menyampaikan bimbingan dan arahannya pada MTQ yang mengambil thema “Wujudkan Prestasi Emas Bercahaya Tahun 2023” itu mengatakan, melalui kegiatan seleksi lomba MTQ diharapkan dapat membentuk para peserta andalan Palas menuju pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Sumatera, hingga MTQ Nasional tahun 2022 ini yang akan digelar beberapa bulan mendatang.

“Untuk menjadi motivasi untuk kita semua, pada pelaksanaan STQ N ke- 26 yang berlangsung di Kota Sofifi, Maluku Utara tahun yang lalu, dari lima orang peserta berperstasi Juara I utusan Provinsi Sumtera Utara, dua orang di antaranya adalah putri terbaik Kabupaten Palas atas nama Nur Jannah Nasution dan Salsabilah Hasibuan. Berkaitan dengan itu saya kembali berharap, di tahun ini kita semua bisa meningkatkan prestasi tersebut melalui pelaksanaan MTQ ini bagi seluruh peserta,” bujuk Ahmad Zarnawi dalam bimbingannya.

Ahmad Zarnawi pada kesempatan itu berpesan kepada seluruh peserta acara supaya mengikuti kegiatan MTQ dengan baik dan kepada para dewan hakim supaya memberikan penilaian yang objektif kepada seluruh peserta tanpa ada unsur nepotisme dan yang lainnya.

Plt. Bupati tidak lupa mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pihak yang telah turut berpartisipasi aktif guna mensukseskan acara pembukaan sampai pelaksanaan MTQ XIII Tingkat Kabupaten Padanglawas tercinta ini.

Sekretaris Daerah Kabupaten Palas, Arpan Nasution, S. Sos yang dipercaya menjadi Ketua Panitia Penyelenggara MTQ XIII Tingkat Kabupaten Palas, saat menyampaikan laporan pada pembukaan MTQ itu mengatakan, pihaknya telah menetapkan sebanyak 11 Cabang, yakni Cabang Mujawwad, Cabang Qiratul Khutub, Cabang Tahfiz 1-5 juz, Cabang Tahfiz-10 -20 juz, Cabang Tahfiz 30 juz, Cabang Fahmil Quran, Cabang Syarhil Quran, Cabang Khottil Quran, Cabang Tartil Quran, Cabang makalah ilmu Al Quran, Cabang Hadist Nabi, Cabang Qiratul Khutub, Cabang debat Bahasa Arab dan Inggris.

“Cabang-cabang yang diperlombakan ini diyakini akan menjadi upaya pemerintah Kabupaten Palas dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) stempat agar generasi muda baik yang menjadi peserta maupun sebagai pendengar alunan bacaan Al-Qur’an di setiap evennya makin tersinari hidayah dari bacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an. Dengan itu pula kita menanamkan rasa cinta generasi muda yang semakin kuat terhadap qiroatul (bacaan) Qur’an itu sendiri,” kata Arpan Nasution.

Plt. Camat Kecamatan Sosa Julu, Muliadi Hasibuan, S.Pd dalam sambutannya pada kesempatan itu mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta dan tamu undangan atas kehadirannya pada hajatan MTQ XIII Tingkat Kabupaten Palas ini.

Plt. Camat Kecamatan Sosa Julu, Muliadi Hasibuan, S.Pd
Plt. Camat Kecamatan Sosa Julu, Muliadi Hasibuan, S.Pd

“Atas nama masyarakat Kecamatan Sosa Julu kami mengucapkan terima kasih serta apresiasi kepada hadirin yang telah turut menyemarakkan MTQ yang dilaksanakan beberapa hari ke depan ini,” kata Plt. Camat Sisa Julu, Muliadi Hasibuan.

Ucapan terima kasih tersebut disampaikan termasuk juga kepada Plt Bupati Palas drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu, Ketua DPRD Palas, Amran Pikal Siregar, Kapolres Palas AKBP Indra Yanitra Irawan SIK, M. Si, Kepala Kantor Kemenag Palas, H. Abdul Manan, Kajari Palas Teuku Herizal, SH, MH, Ketua PN Sibuhuan, Edwin Pudyono Marwiyanto, Pabung Kodim 0212 Tapsel, Kapten ARH. Saleh Hasibuan, dan tamu undangan lainnya.

Selain itu Pembukaan MTQ tersebut turut juga di hadiri Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Palas, H. Ismail Nasution, Bupati Palas pertama, H. Basrah Lubis, mantan Sekda H. Irfan Soaduon Hasibuan, Ketua BSPPL (Badan Silaturrahim Pesantren Padang Lawas) H. Fauzan Hamidy Hasibuan dan Sekretaris Misbah Fuadi Hasibuan, serta para pimpinan OPD Pemkab Palas, oraganisasi kepemudaan, tokoh agama, tokoh adat dan para kepala desa se-Kecamatan Sosa Julu.

Penutupan NtqN XIII

Penutupan MTQ tingkat Kabupaten Palas ditandai dengan pemukulan bedug dan pemberian hadiah kepada sang juara serta penampilan tarian konfigurasi.

Sekda dan iBu Sekda memberikan hadiah kepada salah seorang sang juara

Ketua Panitia MTQ XIII tingkat Palas Arpan Nasution.S.Sos yang juga Sekda Palas menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga Kecamatan Sosa Julu yang telah bersedia menjadikan rumahnya sebagai tempat pemondokan bagi khafilah dari 17 kecamatan selama MTQ berlagsung, mulai 21-24 Februari 2022.

Plt Bupati Palas, drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt, MM, M.Si menyampaikan, ucapan terima kasih atas partisipasi semua pihak yang telah memberikan kontribusi demi terselenggaranya Musabaqoh Tilawatil Qur’an ke XIII tahun 2022 yang dipusatkan di Kecamatan Sosa Julu.

“Alhamdulillah pelaksanaan mulai 21-24 Ferbuari 2022, terkhusus kepada LPTQ Kabupaten Palas dan seluruh masyarakat Kecamatan Sosa Julu yang telah mensukseskan penyelenggaraan MTQ ini berjalan dengan sangat baik,” katanya.

Ia juga mengingatkan, para khafilah yang meraih juara jangan berpuas diri dulu, tetap lakukan langkah konstruktif demi peningkatan kemampuan dan terus berlatih mempersiapkan diri dalam mengikuti perhelatan MTQ tingkat Provinsi Sumut.

“Pelaksanaan MTQ Provinsi Sumut nantinya dilaksanakan Kota Medan dengan harapan membawa nama baik bagi Kabupaten Palas,” imbuhnya.

Plt Bupati Palas juga berpesan kepada khafilah yang belum meraih prestasi pada perhelatan MTQ tingkat Kabupaten Palas agar jangan berkecil hati tapi terus belajar dengan giat.

Baca juga : Gandeng Tiga Mitra Strategis, Finnet Perluas Distribusi E-Meterai

News Feed