oleh

Gandeng Tiga Mitra Strategis, Finnet Perluas Distribusi E-Meterai

-Ekonomi Bisnis-1,256 views

Jakarta .Mitanews.co.id | PT Finnet Indonesia (Finnet) melakukan penandatanganan kerja sama distribusi e-Meterai dengan PT Pos Finansial Indonesia (POSFIN), PT Multimedia Nusantara (Telkom Metra) dan PT Kuwais International. Bertempat di Tugu Kunskring Palais.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Business & Marketing Finnet Irena Aldanituti, Direktur Utama PT POSFIN Setyo Budianto, Group Head of Telkompajakku Setio Purwanto serta Direktur Utama PT Kuwais International Alip Setyo Wibowo.

Finnet telah dipercaya Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) sebagai Main Distributor e-Meterai terhitung tanggal 1 Oktober 2021.

Sebagai Main Distributor, Finnet mampu memberikan support kepada mitra strategis untuk meningkatkan penggunaan e-Meterai di Indonesia. POSFIN, TelkomMetra serta Kuwais yang merupakan mitra strategis berskala nasional dan akan terhubung secara host to host dengan Finnet. Sehingga kecepatan dalam memproses sebuah dokumen dapat diandalkan. Bagi konsumen, e-Meterai ini akan meminimalisasi terjadinya pemalsuan, hilang maupun rusak karena salah dalam penyimpanan.

e-Meterai sendiri merupakan salah satu jenis meterai dalam format elektronik yang digunakan untuk dokumen elektronik. e-Meterai berbentuk label yang penggunaannya dilakukan dengan cara dibubuhkan pada dokumen melalui sistem meterai elektronik. Adanya e-Meterai akan mempermudah penggunaan meterai untuk dokumen-dokumen elektronik. Perusahaan tidak perlu lagi mencetak dokumen dan mengirimkannya secara konvensional. Dengan menggunakan e-Meterai, pembubuhan dapat dilakukan secara elektronik, cepat, dan efisien.

Dalam sambutannya, Direktur Business & Marketing Finnet optimis mampu membawa Indonesia semakin digital, sejalan dengan visi Finnet untuk menjadi Financial Service Company pilihan dalam mengakselerasi inklusi keuangan di Indonesia. “Pada saat masuk era New Normal, kami melihat hampir seluruh aktivitas dilakukan dengan cara digital. Hal ini yang membuat kami optimis e-Meterai ini akan lebih cepat penetrasinya ke masyarakat” sambut sosok yang akrab di sapa Uni Alda. Alda juga menambahkan rasa hormat kepada para mitra strategis dan akan memberikan usaha terbaik Finnet untuk men-support mereka. “Apresiasi saya kepada POSFIN, TelkomMetra, dan Kuwais untuk bersama-sama dengan Finnet dalam mengakselerasi penggunaan e-Meterai ini. Kami yakin dengan kerja sama ini, akan memberikan hasil yang terbaik untuk perusahaan, bangsa, dan negara yang kita cintai ini, ” jelas Alda.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama POSFIN, Setyo Budianto menyampaikan, “Sebuah kesempatan yang sangat membanggakan bagi POSFIN untuk dapat berkolaborasi dengan Finnet dengan menjadi salah satu mitra strategis sebagai authorized dealer e-Meterai. POSFIN sebagai anak usaha PT Pos yang selama ini sudah berperan sebagai incumbent channel distribusi meterai konvensional yang mempunyai coverage nasional dari Sabang sampai Merauke, sekarang mulai beralih dan shifting menjadi go digital, salah satunya dengan bermitra sebagai authorized dealer e-Meterai” ungkap Setyo.

Selanjutnya Group Head of Telkompajakku, TelkomMetra menyatakan, “TelkomMetra juga sangat senang bisa berkolaborasi dengan Finnet sebagai salah satu mitra strategis authorized dealer e-Meterai. Kebutuhan e-Meterai saat ini merupakan salah satu solusi digital di masyarakat yang diyakini akan semakin diperlukan. Adanya pergeseran cara bekerja dan berbisnis menuntut kita untuk semakin cepat dan beradaptasi dengan teknologi digital yang semakin berkembang,” tambah Setio Purwanto

“Perkembangan teknologi digital yang sangat cepat harus dilihat sebagai sebuah opportunity baru bagi kami para penyedia layanan bagi masyarakat agar dapat menjadi yang pertama dan yang terdepan dalam menyediakan layanan yang up to date sesuai dengan kebutuhan bisnis digital pada masa pandemi ini maupun di masa yang akan datang” tambah Alip selaku Direktur Utama Kuwais dengan optimis.

Dengan adanya penandatanganan kerja sama dengan tiga mitra strategis ini diharapkan distribusi e-Materai dapat segera tersebar dengan cepat dan masif ke seluruh pelosok nusantara.

*Tentang Finnet Indonesia*

PT Finnet Indonesia atau biasa di sebut Finnet merupakan anak usaha PT Telkom Indonesia melalui TelkomMetra yang bekerja sama dengan anak usahanya Yayasan Kesejahteraan Karyawan Bank Indonesia melalui Mekar Prana Indah.

Finpay merupakan umbrella brand produk dari PT Finnet Indonesia yang mulai beroperasional pada tahun 2006 yang bergerak pada penyediaan Layanan Finance Technology dan fokus memberikan solusi untuk industri perbankan, gerai waralaba, telekomunikasi, ecommerce, transportasi, government, perusahaan services yang menyediakan tagihan rutin dan industri lainnya yang membutuhkan solusi digital payment dan pendukungnya.

Saat ini Finpay telah terhubung dengan 122 biller, 90 bank, 100 ribu outlet, 800 online merchant, dan telah bekerja sama dengan remittance company di 7 negara untuk menyediakan layanan pengiriman uang bagi pekerja migran Indonesia. Layanan yang Finpay hadirkan terdaftar di Bank Indonesia dan telah memiliki ijin antara lain transfer dana, payment gateway, uang elektronik, debit acquirer, dan QRIS.

Finpay telah sukses mengembangkan perluasan layanan di bidang transaksi keuangan yang beragam sesuai dengan kemajuan teknologi transaksi pembayaran. Produk-produk tersebut dihadirkan guna mewujudkan sistem pembayaran terpadu serta untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan berbagai transaksi pembayaran elektronik dengan aman, mudah, dan memiliki cakupan luas.

Finnet telah membuktikan perolehan berbagai sertifikasi bergengsi yaitu PCIDSS versi 3.2 TUV Rheinland Indonesia (s.d. 2019), ISO 9001:2015 TUV Rheinland Indonesia (2021), Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik KEMKOMINFO (s.d. 2023), ISO/IEC 27001:2013 TUV Rheinland Indonesia dan SNI ISO/IEC 27001:2013 SNI TUV Rheinland Indonesia (s.d. 2021). Juga lisensi yang dimiliki Finnet untuk menjamin terlaksananya bisnis dan operasional perusahaan telah memenuhi persyaratan dari regulator adalah: Acquiring Kartu Debit dari Bank Indonesia (2009), Kepesertaan BI-RTGS dari Bank Indonesia (2009), Penyelenggara Pengiriman Uang dari Bank Indonesia (2011), Penerbit Uang Elektronik dari Bank Indonesia (2012), Penyelenggara Payment Gateway dari Bank Indonesia (2017) serta Penyelenggara Kegiatan Pemrosesan Transaksi Pembayaran dengan Menggunakan QRIS dari Bank Indonesia (2020).

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
*Budi Teguh Prakoso*
_*VP Corporate Secretary*_
Phone : 021 8299999
Fax : 021 8281999
Email : buditeguh@finnet-indonesia.com

*Tentang POSFIN*

PT Pos Finansial Indonesia (POSFIN) merupakan subsidiary PT Pos Indonesia yang fokus dalam diversifikasi bisnis pada layanan jasa keuangan berbasis teknologi dalam percepatan inklusi keuangan di Indonesia. Pospay Agen adalah platform digital dengan skema jaringan bisnis keagenan untuk fitur layanan jasa payment point online banking dan jasa kurir logistik (Lo-Fintech) yang dapat diakses secara multi-screen and multi-devices, mulai dari Android smartphone dan perangkat EDC, serta online website. Pospay Agen dikelola secara langsung oleh POSFIN serta terafiliasi dengan Pos Indonesia sebagai penyedia jasa layanan kurir logistik dan pembayaran yang terbesar, terlengkap, dan termurah di Indonesia.

Pospay Agen telah memiliki lebih dari 100.000 agen yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia, dengan selalu mengedepankan kualitas layanan jasa payment point online banking dan jasa kurir logistik yang tepat waktu, lancar, dan aman bagi setiap kebutuhan keuangan, pembayaran, dan kurir logistik di masyarakat Indonesia, Pospay Agen dihadirkan guna menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia pada pelayanan keuangan dan pembayaran di era digital. Terutama bagi masyarakat yang berada di lokasi yang jauh dari kantor layanan keuangan.

Berbasis rekening Giropos, fitur transaksi di Pospay Agen mulai dari PPOB (Payment Point Online Bank) hingga kebutuhan seperti pembayaran PLN, PDAM, Pajak, asuransi, e-commerce, transfer ke akun bank, tarik tunai ATM, top up uang elektronik, sampai pembayaran menggunakan QRIS juga menjadi fitur-fitur unggulan dari Pospay Agen.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi :
*Riano Bayu Satria*
_*Chief Marketing Officer*_
Phone : +62227275001
Email : rianobayu@posfin.id
Porta : www.posfin.id

*Tentang Telkom Metra*

TelkomMetra menjalankan aktivitas usaha berbasis CFU dan juga berperan sebagai strategic investment holding & operation company. Selain itu, TelkomMetra juga menjalankan fungsi kontrol strategis yang berfokus pada integrasi operasional dari anak-anak perusahaannya yang berpusat pada pertumbuhan pendapatan dan efisiensi untuk meningkatkan laba bersih.

Adapun dua peran utama yang dimiliki oleh TelkomMetra terdiri dari:
● Integrated Operation: fungsi yang diterapkan untuk SBU di mana TelkomMetra sebagai parent melakukan fungsi marketing communication, legal, billing & collection, dan lain-lain.
● Strategic Control: fungsi yang diterapkan bagi anak-anak perusahaan hanya melalui penerapan strategic control di mana anak-anak perusahaan diberikan kesempatan yang luas untuk mengembangkan strateginya masing-masing. Dalam hal ini, peran TelkomMetra tetap sebagai parent yang menjalankan fungsi koordinasi guna menciptakan competitive advantages, serta melakukan kontrol yang ketat terhadap target finansial.

TelkomMetra memiliki komitmen yang kuat untuk mengelola anak-anak usahanya secara efektif dan efisien agar lebih kompetitif dalam menghadapi kompetisi di era digital. Sebagai penyedia jasa Information, Edutainment, dan Services (IMES) terdepan di Indonesia, TelkomMetra senantiasa menjaga harmonisasi bisnis untuk memenuhi permintaan pelanggan dan mempercepat proses transformasi digital Indonesia menuju Revolusi Industri 4.0.

*Tentang Kuwais*

PT Kuwais International beroperasi sejak tahun 2007, dalam kegiatan usahanya memiliki tiga core business yaitu bidang channel & distribution untuk telekomunikasi, IT solution, dan International GraPARI Manage Service.
Selama 14 tahun Kuwais mengembangkan aktivitas usahanya berbasis komunitas muslim (muslim community) yang tersebar seluruh Indonesia dengan berkolaborasi bersama Telkomsel sebagai penyedia jasa telekomunikasi di mana Kuwais sebagai pengelola International GraPARI di Saudi Arabia dan menjadi mitra Modern Channel, Finnet sebagai penunjang kebutuhan telekomuniaksi dan payment solution, Kementerian Agama Republik Indonesia dalam penyediaan kebutuhan layanan jamaah di Arab Saudi dan Asosiasi Haji & Umrah Seluruh Indonesia untuk layanan aplikasi ibadah haji & umrah serta menjadi mitra UMKM dan BUMDes (Smart Village) dalam menfasilitasi semua kegiatan usaha mulai kebutuhan Supply Chain-IT Solution-Channel & Distribution (end to end business).

Dengan bisnis yang saat ini berbasis teknologi dan perubahan perilaku konsumen, Kuwais dengan kekuatan internal telah membangun secara mandiri (in-house) untuk semua platform yang dibutuhkan sebagai jawaban atas kebutuhan aktivitas usaha dan menguatkan jaringan yang tersebar sebanyak 150.000 di seluruh Indonesia ( MN 01 )

Baca juga : Polres Labuhanbatu Paling Top pada Operasi Antik 2020

News Feed