oleh

Plt Bupati Padang Lawas Tepung Tawari Hingga Lepas Keberangkatan Jama’ah Calhaj Tahun 2022

-Advertorial-458 views

Plt drg. H. Ahmad Zarnawi Melepas Manasik Haji Akbar Tahun 2022

Padang Lawas.Mitanews.co.id | Sebelum berangkatkan jama'ah Haji menuju tanah suci , Selasa (14/06/22). Plt Bupati Kabupaten Padang Lawas ( Palas ) drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu Cht,.MM,M.Si. terlebih dahulu melakukan manasik Haji Akbar Tahun 2022 bertempat di Lapangan SKPD Terpadu Sigala-gala , Senin (06/06/22).

Plt Bupati Palas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt. MM. M.Si Membuka-melepas Manasik Haji Akbar Tahun 2022

Dalam Pelaksanaan manasik akbar ini , Plt Bupati drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu Cht,. MM, M.Si didampingi Wakil Ketua II DPRD Sahrun Hasibuan, Kakan Kemenag Kabupaten Padang Lawas H. Abdul Manan M.A. Ketua MUI Palas H. Ismail Nasution LC. Kajari Palas Teuku Herizal, S.H., M.H. Inspektorat Palas Harjusli Fahri Siregar, S.STP.,M.Si. Pabung Kodim 0212/TS Kapten ARH Soleh Hasibuan. Camat Se Kabupaten Palas. 178 Calon Haji Palas.

Dalam arahannya Plt Bupati Padang Lawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu Cht,. MM, M.Si. berpesan kepada calon haji untuk mempersiapkan diri mengikuti seluruh rangkaian haji , menjaga pola makan dan menjaga kesehatan.

Calon Haji Kabupaten Padang Lawas mengikuti manasik Haji tahun 2022

Sementara itu kata sambutan dari Kakan Kemenag Kabupaten Padang Lawas H. Abdul Manan M.A. Total Calon Haji dari Kabupaten Padang Lawas berjumlah 178 orang terdiri dari 77 orang Laki-laki, 101 orang Perempuan, 1 orang TPHD.

Sebelumnya Kemenag telah melaksanakan Manasik Haji di 3 Zonasi. Zonasi I telah dilaksanakan pembinaan manasik haji pada tanggal 19 - 20 mei 2022 di Barumun tengah dan Eks barumun tengah. Zonasi II 21- 22 mei 2022 di Barumun dan Eks Barumun. Zonasi III 23-24 mei 2022 di Sosa dan Eks Sosa dan yang terakhir tingkat Kabupaten Pada tanggal 25 - 26 mei 2022.

Berdasakarkan keputusan kantor Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara sebagai BPIH tahun 2022 No 5 Sum 14 bahwa Kabupaten Padang Lawas mendapatkan Kloter VI, masuk Asrama Haji pada Hari Rabu tanggal 15 Juni 2022 .

Selanjutnya berdasarkan keputusan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Nomor 515 tahun 2022 bahwa Padang Lawas akan bergabung dengan calon Haji Tanjung Balai sebanyak 58 orang dan calon Haji kota medan sebanyak 146 orang, sehingga Kloter VI ini berjumlah seluruhnya di tambah petugas sebanyak 388 orang.

178 Calhaj Ditepung Tawari

Setelah melakukan Manasik akbar , ,Senin (06/06/2022) , 178 Calon Jama'ah Haji ditepung tawari( Upah Upah ) oleh Plt Bupati Ahmad Zarnawi Pasaribu di Aula Mesjid Agung Al Munawaroh .

Dalam arahannya Plt Bupati mengatakan secara pribadi dan atas nama pemerintah Kabupaten Padang Lawas berharap agar para calon jama'ah bisa menjadi haji yang mabrur setelah kembali dari tanah suci nantinya .

Plt.Bupati drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu,Cht.MM.MSI tepung tawari Calhaj di Mesjid Agung Al- Munawarroh

Zarnawi berharap kepada para calon jama' ah haji, agar dapat menjaga kesehatan agar jangan sampai jama' ah yang berangkat ini mengalami kendala didalam menjalankan rukun islam yang kelima , baik rukun, syarat dan wajib haji di dalam ditanah suci Mekkah, Arab saudi.

Pada acara tepung tawar ini terlihat hadir Kepala Kejaksaan Teuku Herizal SH MH, Kakankemenag H.Abdul Manan MA, Kepala Pengadilan Agama M Saefuddin SHI, Ketua MUI H.Ismail Nasution LC, PLT Ketua TP PKK Hj.Emma Nurul Ahmad Zarnawi Pasaribu, Danramil 09/Sosa Kapten CHL MS Nasution, para Satf Ahli Bupati, para Asisten, Kepala Bank Sumut Sibuhuan, Para pimpinan OPD, para Camat, para pembimbing Jamaah Haji.serta undangan

Plt.Bupati Lepas Calhaj Menuju Medan

178 Jama'ah Haji 1443 H / 2022 M dari Padang Lawas (Palas) di berangkatkan menuju Asrama Haji Medan oleh Plt Bupati Palas drg H. Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt,.MM,.M.Si dari Masjid Agung Al-Munawwarah Sibuhuan, Kecamatan Barumun. Selasa (14/06/22) pada pukul 22.00 WIB.

Plt Bupati drg .H.Ahmad Zarnawi Pasaribu melepas keberangkatan Jama'ah Calhaj Palas tahun 2022 menuju Asrama Haji Medan bergabung dengan kloter Enam

Dari laporan yang disampaikan oleh Kakan Kemenag H Abdul Manan M.A : jama'ah haji Kabupaten Palas tergabung dalam Kelompok Terbang (kloter) VI dengan jumlah jama'ah 388 terdiri dari 178 orang dari Kabupaten Palas, 58 orang dari Kota Tanjung Balai, 146 dari Kota Medan. Petugas kloter yang menyertai jama'ah haji sebanyak 6 orang.'kata Kakan Kemenag.

Jama'ah diberangkatkan dari Kabupaten Palas yang terdiri dari 77 Laki-laki dan 101 perempuan. Masing masing kecamatan yaitu, Kecamatan Barumun 59 orang , Lubuk Barumun 7 orang, Kecamatan Ulu Barumun 6 orang, Kecamatan Barumun tengah 21 orang, Huristak 4 orang, Sosopan 9 orang, Sosa 16 orang, Huta Raja Tinggi 31 orang, Batang Lubu Sutam 25 orang.' jelas Abdul Manan.

Dari Jama'ah tersebut, katanya lagi, yang tertua adalah Siti Maryam usia 65 tahun alamat Gunung Intan Kecamatan Barumun Selatan, sementara jama'ah yang termuda adalah Ramadan Safii Hasibuan usia 26 tahun alamat Bulu Sonik Kecamatan Barumun, sedangkan untuk Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) tahun ini dipercayakan kepada H Achmad Fauzan Nasution SQ,.SHI,.M.Pdi.

Ditambahkannya, Jama'ah haji Palas di jadwal masuk Asrama Haji Pangkalan Mansyur Medan pada tanggal 15/06/22 pukul 17.00 WIB dan berangkat dari Bandara Kuala Namu menuju Bandara Amir Mahmud di Jeddah Madinah pada hari kamis 16/06-2022 dengan pesawat Garuda nomor penerbangan GIA 3016 pada pukul 20.05 dan mendarat hari jumat (17/06/2022) pukul 00.05 WAS.

Dan insyaallah Jama'ah kembali dari Jeddah pada tanggal 28 juli 2022 dan akan sampai di Medan, Indonesia pada tanggal 28 juli 2022 pukul 14.45 WIB, terang Kakan Kemenag.

Sementara itu, Plt Bupati Palas drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt,.MM,.M.Si, mengatakan dalam sambutannya, Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Padang Lawas dengan suka cita, turut berbahagia, selamat atas diberangkatkannya jama'ah haji tahun 1443 H/2022 M ke tanah suci., ucap Plt Bupati.

Keberangkatan ini harus kita syukuri,'Kata Zarnawi, karena seperti yang telah kita ketahui bersama, pemberangkatan jamaah haji dua tahun sebelumnya dibatalkan dengan memprioritaskan keselamatan dan kesehatan seluruh jama'ah karena situasi Pandemi Covid-19 yang belum kondusif. Disamping itu jama'ah semuanya hendaknya menjaga kesehatan dengan mengatur makan, minum dan istirahat yang cukup, sehingga mampu menjalankan seluruh Kewajiban, Rukun, serta Sunnah ibadah haji nanti ', Pesannya..

Satu hal yang perlu saya harapkan dan titipkan kepada seluruh jama'ah haji yakni, jangan lupa untuk mendoakan Kabupaten Padang Lawas ini, agar Kabupaten kita tercinta ini senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah SWT, dan diberkahinya rezki masyarakat Palas ini supanya yang belum berangkat tahun ini dapat berangkat ditahun tahun mendatang ', harap Plt Bupati menutup.

Dalam pemberangkatan jama'ah haji tahun ini turut hadir Sekda Arpan Nasution. S.Sos, Wakil Ketua DPRD Palas Sahrun Hasibuan, Kakan Kemenag H Abdul Manan M.A, Ketua MUI H. Sehat Muda Hasibuan, Lc., M.A, Forkopimda Kabupaten Palas, Staf Ahli dan Pimpinan OPD Kabupaten Palas, Tokoh Agama, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Palas Ny.Emma Nurul Ahmad Zarnawi Pasaribu, Camat se Kabupaten Palas, Kepala Desa se Kabupaten Palas.

Plt Bupati Palas Lepas Calon Jama’ah Haji Kloter 6 Di Asrama Haji Medan

Plt Bupati Padang Lawas( Palas ) drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt.MM.M.Si melepas keberangkatan Calon Jama'ah Haji Kloter 6 Di Asrama Haji Medan , Kamis (16/06/2022).

Plt Bupati Palas Lepas Jama'ah Haji gabung di kloter 6 di Asrama Haji Medan
Plt Bupati Palas drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu ,Cht.MM.M.Si memberikan bimbingan dan arahan keda Calhaj pada acara pelepasan di Asrama Haji Medan

Jama'ah Calhaj Palas Tahun 1443 H/2022 M bergabung dengan Kelompok Terbang (Kloter) 6
di berangkatkan pada hari selasa (14/06/22) dari Kabupaten Palas.

Jumlah jama'ah haji 388 orang di tambah TPHI 1 orang, TPIHI 1 orang, TPHD 1 orang dan TKHI 1 orang dengan total 392 jama'ah calon haji.

Dalam arahannya Plt Bupati Palas drg. H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt.MM.M.Si menyampaikan. Jama'ah Calhaj Palas tergabung pada kloter 06 (enam) dengan total 392 orang.

Jumlah tersebut berasal dari 3 Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara. untuk Kabupaten Padang Lawas berjumlah 178 orang, Tanjung Balai 58 orang dan 146 orang dari Kota Medan.

" Insyaallah akan tiba di Madinah/Jeddah pada pukul 00.30 dini hari dengan nomor penerbangan GA 3106 " .papar Zarnawi.

" Inilah moment yang ditunggu – tunggu oleh jama’ah calon haji setelah dengan sabar menanti untuk memperoleh kesempatan menunaikan rukun islam yang ke-5 (lima) ke tanah suci Makkah Al Mukarramah. kita patut bersyukur setelah dua tahun lamanya karena covid 19 alhamdulillah pada tahun ini Kerajaan Arab Saudi membuka kembali kuota untuk Jama'ah Haji Indonesia walaupun mengalami penurunan dibanding tahun tahun sebelumnya " ungkap Plt.Bupati.

Lanjut Plt, Kerajaan Arab Saudi menetapkan kuota haji Indonesia tahun 2022 ini hanya 100.051 (seratus ribu lima puluh satu) orang. jumlah itu terdiri atas 92.825 kuota jama'ah haji reguler. 7226 kuota jama'ah haji khusus dan 1.901 kuota petugas. semuanya berkurang dari kuota normal.

Perlu difahami oleh setiap jama’ah calon haji, bahwa pelaksanaan ibadah haji itu dilakukan di negara asing, sehingga kita harus menghormati aturan, ketentuan, serta budaya yang berlaku di negara tersebut. Jama’ah calon haji hendaknya menjauhi tindakan – tindakan yang tidak terpuji, serta tidak mudah terprovokasi oleh isu – isu yang belum jelas kebenarannya. untuk menghindari itu semua, jama’ah calon haji hendaknya mengkonsentrasikan dirinya dalam beribadah yang merupakan tujuan utama kedatangannya di tanah suci tersebut.

Selain itu, harus difahami pula bahwa jama’ah calon haji Indonesia akan berbaur dengan jama’ah haji lain dari berbagai negara. kita dan mereka akan melakukan ritual ibadah yang sama, dalam waktu yang sama, dan ditempat – tempat tertentu secara bersamaan pula.

Oleh karena itu, kita harus betul – betul menyiapkan diri untuk beradaptasi dengan situasi dan kondisi tersebut. Hilangkan sikap egois, buang jauh – jauh sikap arogan dan meremehkan orang lain. Bangun rasa kasih sayang dan semangat kebersamaan, perkuat persaudaraan, perkokoh persatuan, kembangkan jiwa solidaritas, pupuk sikap toleransi dan saling menghormati, serta tampillah sebagai sosok haji indonesia yang santun dan berakhlakul karimah.

Sebelum mengakhiri sambutannya , Zarnawi menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Sumatera Utara beserta panitia haji. yang telah memberikan pelayanan prima kepada para jamaah calon haji baik dalam Administrasi sampai kepada Pengurusan Visa. besar harapan kami jalinan kerjasama ini dapat terus berlanjut pada masa – masa yang akan datang.

Terlihat hadir dalam acara ini Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Drs.H. Syahrul Wirda, MM, Ketua Panitia Penyelenggara Haji,Sekda Kabupaten Padang Lawas, Ketua DRPD Kabupaten Padang Lawas.(Faisal Hidayat)

Baca juga : Wabup Sergai : “ Perkuat Komitmen dan Sinergitas Dalam Penuntasan Stunting “

News Feed