oleh

Wujudkan Kabupaten yang Religius, Pemkab Sergai Rajut Silaturahmi dengan Seluruh Elemen Masyarakat

-Advertorial-6,262 views

Laporan : Abdul Rahman Manik Wartawan Mitanews

SERGAI.Mitanews.co.id ||


Mewujudkan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang religius terus dilakukan oleh Pemkab Sergai. Salah satunya dengan merajut silaturahmi dengan seluruh elemen masyarakat lewat gelaran kegiatan keagamaan.

Beberapa kegiatan keagamaan salah satunya pengajian yang pernah digelar oleh MTMD di desa-desa dengan tujuan untuk menjalin ukwah islamiyah dan meningkatkan tali silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat.
Hadirnya kegiatan pengajian seperti ini tentunya membawa warna tersendiri bagi para jamaahnya.

Baru-baru ini, tepatnya tanggal 12 Oktober 2023, Pengajian Majelis Taklim Muslimah Dambaan (MTMD) Kabupaten Sergai digelar di Masjid Nurul Huda, Kecamatan Pantai Cermin.
Dalam kesempatan itu, Bupati Sergai Darma Wijaya menyampaikan kalau pengajian ini merupakan bukti kebersamaan, kecintaan kita pada agama, serta komitmen kita untuk terus memperdalam pengetahuan agama Islam.

“ Pengajian MTMD ini akan terus bergulir di seluruh kecamatan yang ada di Sergai Pengajian seperti ini dapat menambah pengetahuan agama, yang nantinya akan menjadi bekal berharga dalam meningkatkan iman dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Semoga ilmu yang kita peroleh hari ini dapat membawa perubahan positif dalam kehidupan kita sehari-hari,” ujarnya.

Bupati Sergai H Darma Wijaya Pengajian Majelis Taklim Muslimah Dambaan (MTMD) Kabupaten Sergai

Pada kesempatan ini, Bupati juga menyebut jika pihaknya berencana untuk mengembangkan Pengajian MTMD dan dirangkaikan dengan kegiatan sunat massal yang dilaksanakan di lokasi kegiatan.

Ketua MTMD Kabupaten Sergai Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya dalam sambutannya menyampaikan dengan adanya pengajian ini, para jamaah lebih dapat mempererat hubungan antar masyarakat dan menyiarkan ajaran agama Islam dalam lingkungan sekitar dan dalam kehidupan sehari-hari.

Ketua MTMD Kabupaten Sergai Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya

Hj Rosmaida juga merasa sangat gembira bisa berkumpul bersama para jamaah lainnya yang berasal dari berbagai daerah se-Sergai. Selain untuk menjalin silaturahmi juga untuk menumbuhkembangkan ilmu pengetahuan agama sehingga senantiasa dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa.

Hj. Romaida Saragih mengapresiasi jamaah yang didominasi para Ibu yang hadir dalam kegiatan ini. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada panitia dan seluruh pihak terkait yang telah berupaya menyukseskan kegiatan yang rencananya diselenggarakan di seluruh kecamatan se-Sergai ini

“ Saya sangat berterimaksih kepada seluruh jamaah muslimah Dambaan yang telah aktif mengikuti pengajian seperti ini. Ke depannya kita harap bersama kegiatan ini akan menjadi agenda rutin yang kita ikuti bersama. Semoga apa yang disampaikan oleh ustadz maupun ustadzah disetiap pengajian akan membawa kebaikan pada diri kita masing-masing,” pungkas Hj Roismaida.

Tak hanya itu, Bupati Sergai Darma Wijaya kerap memanfaatkan momen pengajian seperti ini untuk menyerap informasi yang ada di desa-desa sekaligus menyampaikan capaian pembangunan yang telah dilaksanakan oleh Pemkab Sergai, terutama pada sektor infrastruktur di Kabupaten Sergai.

Menurutnya momentum dapat dijadikan sebagai wadah silaturahmi untuk dapat mempererat dan menumbuhkembangkan Ukhuwah Islamiyah. Tak hanya itu, ia pun berharap kegiatan religi seperti ini aktif dilaksanakan, sehingga silaturahmi antar umat Islam yang makin erat dan kegiatan ini akan menjadi bagian dari upaya mewujudkan salah satu visi Sergai yang religius.

Sapta Dambaan. Ia merinci, ketujuh program tersebut terdiri dari Sekolah Mandir, Terampil, Asri dan Berkualitas (Sekolah Mantab), Masyarakat Sehat dan Religius, Pertanian Mandiri dan Berkelanjutan, Infrastruktur Terintegritas, Ekonomi Berdaya Saing, Wisata Maju Terus, dan terakhir Birokrasi Dambaan.

Program-program yang telah kita rumuskan tersebut, saat ini sudah dan sedang dilaksanakan. Saya berharap seluruh hasil pembangunan, baik fisik dan non-fisik, dapat kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kita harus jaga agar kemanfaatanya dapat terus dinikmati untuk masa-masa yang akan datang, papar Bupati.

“Pembangunan jalan masih akan terus kami lakukan. Namun tentu pembangunan dilaksanakan sesuai prosedur karena tiap ruas jalan punya kewenangannya masing-masing. Pembangunan infrastruktur yang menjadi kewenangan Pemkab akan semaksimal mungkin ditindaklanjuti,” imbuhnya.

Senada dengan Bupati, Wabup Adlin Tambunan mewujudkan visi tersebut, Bupati meyakini diperlukan kebersamaan semua. Menurutnya kegiatan pengajian ini merupakan salah satu wujud nyata dari kebersamaan tersebut.

Wabup Adlin Tambunan

“Selain pengajian ini, tentunya banyak lagi program dan kegiatan yang dapat dilakukan untuk mendukung tercapainya nilai religius di kabupaten yang kita cintai ini. Untuk itulah diperlukan dukungan dari seluruh masyarakat, baik dalam proses perencanaan, proses zakat, dan infaq yang akan diberikan,” jelas Adlin.

Apresiasi Dedikasi Guru Sekolah Minggu

Bupati Sergai Darma Wijaya dan Wabup Adlin Tambunan

Bupati Sergai Darma Wijaya dan Wabup Adlin Tambunan tak hanya menghadiri kegiatan yang digelar umat Islam saja. Pada bulan Maret lalu, keduanya hadir diacara Temu Raya Nasional Guru Sekolah Minggu Huria Kristen Indonesia (HKI) yang berlangsung di HKI Sei Bamban.

Di kesempatan itu, Bupati menyampaikan rasa bahagia atas dilaksanakannya kegiatan ini. Menurutnya, melalui momentum kegiatan ini, pasangan yang akrab disapa Dambaan ini dapat bersilaturahmi dan bertatap muka dengan unsur HKI Kabupaten Sergai.

Diungkapkannya jika guru sekolah minggu tidak hanya sekedar melaksanakan tugas pelayanan namun juga menemani anak-anak untuk memberikan pendidikan kerohanian secara dini. Hal ini menurutnya membuat peran seorang guru sekolah minggu sangat penting.

"Tidak semua orang bisa menjadi guru, sebab menjadi seorang guru harus memiliki keahlian tertentu. Profesi guru tidak bisa dilakukan sembarang orang, jadi mengajar adalah bagian penting dalam kehidupan sebuah pendidikan, dan saudara para guru harus bangga memiliki profesi sebagai seorang guru," ucapnya.

Bupati menambahkan bahwa hingga sampai saat ini, Pemkab Sergai sudah memberikan perhatian kepada 1.123 guru sekolah minggu dari berbagai denominasi gereja se-Kabupaten Sergai yang berjumlah 468 gereja.

"Di samping itu, pemerintah juga memberikan jaminan perlindungan jiwa berupa BPJS Ketenagakerjaan di mana preminya dibayarkan oleh Pemkab Sergai. Selain itu, Pemkab Sergai sudah memberikan perhatian terhadap gereja berupa bantuan rehab maupun pembangunan, bantuan perayaan hari besar keagamaan ditambah pemberian bantuan rumah tidak layak huni kepada jemaat," katanya.

Ia pun mengajak untuk mengedepankan kearifan, kewibawaan, dan kemuliaan dalam menghadapi berbagai persoalan. Selain itu berharap para tokoh agama dapat memainkan peran utama untuk memberikan pencerahan, pencerdasan, dan keteladanan kepada umatnya terlebih kepada guru sekolah minggu.

"Sungguh mulia adanya jika para pemuka agama senantiasa memberikan pernyataan yang menenteramkan, mendamaikan dan memberikan motivasi kepada jemaatnya untuk terus bersikap optimis dan berpikir positif," tandasnya.

Begitupun dengan Wabup Sergai Adlin Tambunan yang juga mengajak kepada semua pihak untuk selalu menjaga kedamaian. Kami juga mengajak-seluruh tokoh agama dan masyarakat Sergai untuk berperan serta dalam mendukung visi misi Kabupaten Sergai yang Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius.

Begitupun dengan kegiatan keagamaan lainnya, Kabupaten Sergai sebagai miniatur Indonesia, karena didalamnya hidup rukun masyarakat yang berbeda suku dan agama, namun tetap dalam suasana harmonis dan kondusif.
Bupati Darma Wijaya dan Wabup Adlin Tambunan kerap berbaur dengan masyarakat tanpa memandang identitas suku, agama, ras, dan antar golongan. Menurutnya kebersamaan menjadikan hidup lebih harmonis dan membahagiakan.

“Meski Kabupaten Sergai mayoritas warganya beragama Islam, akan tetapi minoritas tetap dijamin menjalankan peribadatan dan hari rayanya dengan tenang dan aman. Bahkan kami mewakili Pemkab Sergai berusaha ikut hadir dan melibatkan diri dalam perayaan-perayaan hari besar umat beragama di Sergai,” ucap Bupati kala itu.

Ia mengambil contoh, dirinya, Wakil Bupati, dan Sekdakab mengikuti Perayaan Hari Raya Natal di seluruh kecamatan yang dilaksanakan pada bulan Desember lalu. Di kesempatan ini, Bupati juga menyampaikan penghargaan kepada tokoh-tokoh Tionghoa yang telah banyak berpartisipasi dan berpengaruh di Kabupaten Sergai.

Baca Juga :
Launching SiDuTAN, Bupati Minta Petani Sergai Ubah Fokus ke Produktivitas

News Feed