oleh

Polsuska Gagalkan Pencurian 55 Batang Rel Kereta Api

-Hukum, Kriminal-809 views


Polsuska Gagalkan Pencurian 55 Batang Rel Kereta Api

ASAHAN.Mitanews.co.id ||


Polisi khusus kereta api (Polsuska) menggagalkan aksi pencurian 55 batang potongan besi bekas rel kereta api di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut).

Lima orang pelaku turut diamankan
Aksi pencurian batangan rel kereta api bekas itu terungkap setelah Polsuska mendapatkan laporan dari masyarakat. Di mana mobil pickup bermuatan batangan rel sedang mengisi BBM di SPBU Aek Loba.

" Kita dapat info dari masyarakat yang melihat potongan rel KA yang ditutupi terpal di dalam mobil pickup sedang antre mengisi BBM di SPBU pukul 6 pagi," kata petugas Polsuska Kisaran Tri Rochmad, Kamis 1 Februari 2024.

Petugas Polsuska yang kebetulan tak jauh dari lokasi SPBU dimaksud dengan sigap langsung menuju lokasi.

Beruntung, antrean kenderaan yang cukup panjang di SPBU tersebut membuat petugas bisa tiba di lokasi sebelum mobil mengisi BBM.

Di saat bersamaan, mereka juga berkoordinasi dengan Polsek Pulau Raja yang kebetulan berada tak jauh dari lokasi.

Hingga akhirnya mobil bermuatan potongan rel KA tersebut ditemukan ketika sedang mengisi bahan bakar.

"Kami datangi ke lokasi mobil tersebut sedang mengisi bensin langsung kami amankan. Ada lima orang," ujarnya.

Adapun, potongan besi yang diamankan tersebut berjumlah 55 batang dengan panjang bervariasi antara 1,5 meter hingga 50 centimeter.

Besi bekas rel KA tersebut biasanya ditanam di pinggiran rel untuk menahan batu balas atau batu kricak yang ada di bantalan rel.

"Yang dicuri itu rel bekas yang dipakai untuk penahan batu balas ini. Jadi kalau penahannya hilang batunya ini bisa jatuh, akibatnya bisa anjlok relnya bahaya untuk perlintasan kereta api," ujarnya.

Kini, kelima pelaku tersebut yakni masing-masing berinisial JP (33) warga Aek Loba, JI (30) warga Kisaran, S (24) warga Aek Loba, NP (26) warga Kisaran, dan H (33) warga Aek Loba telah ditahan dan diserahkan ke Polsek Pulau Raja.(TAMIN)***

Baca Juga :
Lantikan Pengurus KTNA Sergai, Wabup Adlin Tambunan Harap Milenial Lirik Sektor Pertanian

News Feed