oleh

Rapat Forkada Se-Kepulauan Nias

-Daerah-1,402 views

Nias Selatan,Mitanews.co.id |
Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., ditetapkan sebagai Koordinator Forum Kepala Daerah (Forkada) se-Kepulauan Nias Tahun 2022.

Penetapan Bupati Nias Selatan ini berdasarkan kesepakatan empat Kepala Daerah yang lain yakni: Bupati Nias, Bupati Nias Utara, Bupati Nias Barat, dan Wali Kota Gunungsitoli melalui rapat Forkada di Walo Green Telukdalam, Senin (27/12/12).

Penetapan Koordinator Forkada se-Kepulauan Nias tahun 2022 ditandai dengan serah terima jabatan dari Bupati Nias Utara, Amizaro Waruwu,S.Pd., selaku Koordinator Forkada yang lama kepada Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., selaku Koordinator Forkada yang baru.

Disaksikan oleh Bupati Nias, Ya’atulo Gulo,SE.,SH.,M.Si., Wakil Bupati Nias, Arota Lase,A.Md., Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu, Wali Kota Gunungsitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua, dan Wakil Bupati Nias Selatan, Firman Giawa,SH.,MH., Kapolres Nias, AKBP Wawan Iriawan,S.I.K., Dandim 0213/Nias, Letkol Inf. Martky Jaya Parangin Angin, Danlanal Nias, Kolonel Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo dan Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Agus Komarudin,SH.,Kajari Nias Selatan diwakili Kasi Intel, Satria Darma Putra Zebua,SH. Berikutnya dari ASN, para Sekda, Kepala Dinas, Badan dan Bagian dari Kabupaten/Kota se-Kepulauan Nias, serta tamu dan undangan lainnya.

Pada pertemuan Forkada itu, hal yang sangat serius dibahas adalah teknis pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19 di wilayah Kepulauan Nias, dan merumuskan konsep pembangunan untuk kepentingan se-Kepulauan Nias.

Antara lain: lanjutan pembangunan jalan lingkar Pulau Nias, pelebaran landasan Bandara Binaka, pengolahan perikanan, dan pelaksanaan surving tingkat internasional di pantai Sorake bulan Juli 2022 mendatang yang rencananya akan dihadiri oleh Bapak Presiden Republik Indonesia.

Perumusan konsep-konsep pembangunan tersebut akan ditindaklanjuti oleh para Sekda se-Kepulauan Nias yang dikoordinir oleh Sekda Nias Selatan. Dengan tahapan mengadakan pertemuan internal oleh masing-masing daerah.

Kemudian disatukan menjadi usulan pembangunan dan rencana kegiatan kepada Presiden Republik Indonesia dan Kementerian/Lembaga oleh Forkada se-Kepulauan Nias. Pembangunan dimaksud untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pulau Nias sebagai daerah terluar, terdepan dan tertinggal.

Demikian disampaikan oleh para Kepala Daerah dan Forkopimda sebagaimana disimpulkan oleh Bupati Nias Utara selaku Koordinator Forkada 2021. Rapat Forkada di Walo Green Telukdalam berjalan dengan baik, aman dan lancar. Rencana rapat berikutnya akan diadakan satu kali dalam tiga bulan secara bergiliran setiap Kabupaten/Kota.
(ad)

Baca juga : Mantan Kepala Bappeda Medan Terpidana Korupsi Ditangkap Kejatisu

News Feed