oleh

Sepak Terjang Darmansah Bawa Abdya Defisit

-Daerah-1,048 views


Sepak Terjang Darmansah Bawa Abdya Defisit

ABDYA.MitaNews.co.id ||


H.Darmansah SPd MM, Putra kelahiran Sawang, Aceh Selatan ini resmi menjadi Pj. Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).
Setelah dilantik oleh Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, yang berlangsung di Anjong Mon Mata Meuligoe Gubernur Aceh di Banda Aceh pada Senin sore, 15 Agustus tahun 2022.

Darmansah diangkat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) atas persetujuan Presiden RI, setelah lolos tim verifikasi yang dibentuk untuk melihat rekam jejek para calon. Kepala Sekretariat Majelis Adat Aceh (MAA) Provinsi Aceh tersebut mengisi kekosongan jabatan setelah Bupati/Wakil Bupati Abdya definitif Masa Tugas 2017-2022, Akmal Ibrahim SH/Muslizar MT SP berakhir pada Sabtu, 13 Agustus 2022, pukul 24.00 WIB.

Megenal Sosok Darmansah.

Bedasarkan biodata, Darmansah merupakan ASN dengan pangkat Pembina Utama Madya (Golongan IV/d) lahirkan di Desa Ujung Karang, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan, tanggal 23 Septembar 1969. Menempuh Pendidikan dasar dan menengah di Kecamatan Sawang, yakni SDN Ujong Karang lulus 1981 dan SMP Negeri Sawang tamat 1984. Serta melanjukan pendidikannya di SPG (Sekolah Pendidikan Guru ) Negeri Tapaktuan tahun 1987.

Selanjutnya Darman mengawali karir sebagai Guru SD Negeri Ladang Baro, Kecamatan Meukek, Aceh Selatan sejak 1988 hingga 2000. Genap 12 tahun mengabdi sebagai tenaga fungsional guru sekolah dasar, Darman ditarik dalam jabatan struktural di Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh Selatan. Kemudian dirinya dipercaya sebagai Kasi Tenaga Guru dan Teknis pada Dinas Pendidikan tahun 2000-2001.

Karirnya yang cemerlang, baru satu tahun menempati jabatan tersebut, sejak 2001-2003 dirinya mendapat jabatan baru sebagai Kepala Bidang Pendidikan Dasar pada Disdik Aceh Selatan. Dua tahun berselang dirinya kembali mendapat jabatan baru yakni kepala bidang program pada dinas yang sama sejak 2003-2007.

Pada tahun 2009 Darmansah pindah ke Pemko Subulussalam, dan dipromosi menjadi Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan Dan UKM Kota Subulussalam. Setelah Tiga Tahun Bertugas Di Subulusalam Darmansyah melebarkan sayapnya ke pemerintahan Provisi Aceh, di ibu kota provinsi dirinya mendapat jabatan sebagai Kabid Perdagangan Dalam Negeri Pada Dinas Peridustrian Dan Perdagagan Aceh 20013-2016.

Selanjutnya dimutasi ke Dinas Pendidikan Aceh, menempati jabatan Kabid Pendidikan Luar Biasa dan Luar Sekolah mulai 2016. Satu tahun menjabat di bidang tersebut pada Januari 2017, ia di angkat sepak terjangnya semakin meningkat hinga tahun 2018, Gubernur Aceh saat itu mengangkatnya sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Aceh.

Hingga pada 2020 dirinya kembali di lantik sebagai Kepala Sekretariat MAA Provinsi Aceh. Dan pada tanggal 15 Agustus 2022, kemudian Darmansah dilantik sebagai Pj Bupati Abdya disamping menjabat Kepala Sekretariat MAA Aceh

Darmansah Membawa Abdya Menuju Defisit

Pada priode kedua Darmansah menjadi Pj Bupati Aceh Barat Daya tepatnya pada Tahun 2024 Abdya mengalimi defisit yang cukup besar sepanjang sejarah berdirinya Abdya hingga mencapai 70 miliar hal tersebut diungkapkan Ketua DPRK Aceh Barat Daya, Nurdianto kepada Mitanews.co.id, Sabtu 4 Mei 2024.

“Setahu saya tahun ini abdya mengalami defisit angaran yang cukup parah dan ini pertama kali mencapai 70 miliar”, ujar Nurdianto

Di sisi lain Darmansah melalui Kepala Badan Keuangan Kabupaten Aceh Barat Daya Fakhrudin mengatakan defisit angaran sebanyak 70 Miliar telah dirasionalkan namun untuk angkanya belum bisa di publis.

“Ya kita defisit hinga 70 miliar dan sudah kita rasionalkan dengan cara memotong TPK pegawai, dan gaji tenaga kontrak serta angaran rehab kantor dan Atk, namun untuk angkanya setelah di rasionalkan belum bisa kita ungkap ke publik karena alasan teknis,” ujar fakrudin. (Ali)***

Baca Juga :
3 Kader Terbaik NasDem Resmi Mendaftar dan Menyerahkan Berkas ke PDI-Perjuangan Tapteng

News Feed