oleh

Terkait Pilkades, Kadis PMD Sergai Minta Optimalkan Anggaran

-Daerah-2,315 views

SERGAI, Mitanews.co.id | Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tahun 2022 yang akan digelar Maret akan tetap terlaksana sesuai jadwal dan dengan mengoptimalkan anggaran yang ada.Kita harus optimis.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sri Rahmayani, S.Sos, M.Si saat dikonfirmasi media ini, Senin (3/1/2022) pagi melalui pesan Whatsappnya.

Terkait anggaran yang belum jelas sesuai keluhan Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD), Sri menyebutkan Dinas PMD Sergai akan optimalkan penggunaan anggaran yang ada untuk kesuksesan Pilkades 2022.

“Soal realisasi anggaran ke P2KD, tergantung kapan APBDes masuk,dan akan segera di tindaklanjuti,”ujarnya.

Sebelumnya pun Kadis PMD ini pernah mengatakan, bahwa ini tergantung respon cepat para Kepala Desa dalam menyusun APBDes 2022.Kami upayakan semaksimal mungkin Januari 2022 tersalur.P2KD segera buat proposal karena apa dasarnya jika tidak dibuat dan mereka juga yang akan menggunakannya,ujar Sri baru-baru ini.

Sebelumnya diberitakan, Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), keluhkan anggaran Pilkades yang belum jelas.

Pasalnya, setelah dibentuk P2KD Sergai pada bulan Oktober tahun 2021, hingga sekarang kejelasan berapa anggaran yang akan mereka terima belum ada kepastian, padahal tahapan Pilkades sudah berlangsung.

“Mohon info nominal anggaran Pilkades disegerakan. Agar kami bisa menyusun Proposal Pilkades sesuai petunjuk Perbup,”kata Ketua P2KD Bogak Besar Kecamatan Teluk Mengkudu, Sarwo Edi Subowo, Senin (20/12) akhir tahun lalu.

Sarwo meminta bulan Desember atau awal Tahun sudah ada dana yang bisa diterima P2KD. “Karena selama tahapan berjalan, sudah sangat banyak juga pendahuluan dana dari kami. Hitungannya sudah jutaan lah,”ujarnya.

Mantan PPK Teluk Mengkudu ini juga menjelaskan, dengan adanya pembatasan 1 TPS maksimal 500 orang pasti membuat jumlah TPS semakin banyak. Tentunya anggaran operasional hari H juga pasti bertambah banyak.

“Berdasarkan informasi yang kami terima waktu sosialisasi di Aula Pemkab anggaran yang akan kita kelola tidak beda jauh dari anggaran Pilkades sebelumnya.
Tentunya ini sangat mengkhawatirkan kami P2KD. Memang sekarang Anggaran itu lagi dibahas Pemkab bersama Anggota DPRD. Kami yakin pemkab pasti sudah memperhitungkan semuanya”, ucapnya.

“Namun kami juga masih was was, apakah cukup atau tidak. Untuk itu kami berharap, kalau bisa Perwakilan P2KD dilibatkan dalam membahas anggaran,”imbuhnya.(mn.44)


Baca juga : SMSI Sumut Apresiasi Bupati Sergai Terpopuler di Media di Indonesia

News Feed