oleh

Wabup Nias Hadiri Musrenbang Kecamatan Hiliserangkai

-Daerah-361 views


Wabup Nias Hadiri Musrenbang Kecamatan Hiliserangkai

NIAS.Mitanews.co.id ||


Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Hiliserangkai dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2025 secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Nias, di Aula Kantor Kecamatan Hiliserangkai, Selasa 09 Januari 2024.

Sekretaris Camat Hiliserangkai Karis Makmur Waruwu, S.Pd melaporkan bahwa Musrebang ini bertujuan untuk Membahas , Menyepakati serta Merumuskan permasalahan dan prioritas pembangunan daerah.

“Hasil dari forum ini akan dijadikan sebagai bahan pembahasan dalam penyusunan Rancangan Awal RKPD Kabupaten Nias Tahun 2025” Terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Anggota DPRD Kabupaten Nias Dafati Mendrofa memberikan apresiasi atas terselenggaranya Musrenbang di Kecamatan Hiliserangkai dan berharap agar dalam Kegiatan Musrenbang kecamatan ini, program- program musyawarah pengusulan pembangunan baik di Desa maupun di Kecamatan agar terwujud.

“Marilah saling kerja sama dan berasatu dalam membangun Kabupaten Nias di tahun- tahun yang akan datang. Saya berharap agar Pemerintahan Desa dan Pemerintahan Kecamatan selalu kerja sama dalam membangun” Harapnya.

Sementara Wakil Bupati Nias Arota Lase, A.Md, pada arahannya menyampaikan bahwa Pelaksanaan Musrenbang di Kecamatan Hiliserangkai pada hari ini adalah forum yang sangat strategis. Hal ini bertujuan sebagai Media Penajaman, Penyelarasan, Klarifikasi dan Kesepakatan usulan kegiatan prioritas pemerintah desa yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di Kecamatan Hiliserangkai” ujarnya.

Wabup Nias berharap melalui forum ini akan tercipta kesamaan pandangan dan tujuan dari seluruh pelaku pembangunan yang ada di Kecamatan dalam menyatukan Ide, Gagasan dan Masukan. Sehingga, fokus pembangunan yang terukur dan tepat sasaran dapat dimunculkan dari forum tersebut.

Seperti diketahui, agenda yang menjadi fokus pembagunan adalah “Pengembangan Kewirausahaan Dan Stabilisasi Ekonomi Kerakyatan Menuju Kemandirian Ekonomi Yang Berkelanjutan”. Agenda tersebut diharapkan dapat mendukung pencapaian Misi Ketiga dari Tri Sakti Nias Maju yaitu Petani, Peternak dan Nelayan Produktif.

“Ke depannya kita akan menghadapi banyak tantangan isu-isu strategis. Untuk itu, saya berharap agar dalam penentuan dan pengusulan kegiatan prioritas di tingkat Kecamatan tetap memperhatikan manfaat dan dampak yang luas di tengah-tengah masyarakat” tutup Wabup Nias mengakhiri.

Sementara itu, dalam pemaparan Camat Hiliserangkai Yasowanolo Waruwu, S.Sos mengungkapkan bahwa usulan yang diajukan oleh 15 Desa di Kecamatan Hiliserangkai sebanyak 108 Usulan. Tentunya, hal ini mengacu pada Indikator Bidang Infrastruktur, Kesehatan, Pendidikan, Sosial Ekonomi dan Budaya.

“Kiranya melalui usulan-usulan yang disampaikan ini dapat terwujud sesuai dengan agenda yang menjadi fokus pembangunan di Kabupaten Nias” Harapnya.(ad)***

Baca Juga :
Ilyas pastikan Pj Gubsu tidak Ikut Tandatangani Perpanjangan Kontrak Proyek Rp 2,7 T

News Feed