oleh

Wakil Bupati Toba Tonny M Simanjuntak Siap Pimpin DHC 45 untuk Bangkitkan JSN Generasi Milenial

-Daerah-406 views


Wakil Bupati Toba Tonny M Simanjuntak Siap Pimpin DHC 45 untuk Bangkitkan JSN Generasi Milenial

TOBA.Mitanews.co.id ||


Wakil Bupati Toba Tonny M Simanjuntak menyatakan siap memimpin Dewan Harian Cabang Badan Pembudayaan Kejuangan (DHC BPK) 45 kabupaten itu, sekaligus menggerakkan jiwa, semangat dan nilai-nilai kejuangan (JSN) bangsa di Toba.

Hal itu ditegaskan Wakil Bupati ketika menerima Tim DHD BPK 45 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dipimpin Ketua DHD Mayjen TNI M Hasyim diwakili Sanggam Hutagalung (Wakil Ketua) di kediaman dinasnya di Balige, Rabu 20 Desember 2023.

Sanggam Hutangalung hadir bersama Wakil Sekretaris DHD 45 Sumut Vonder Richard Simanjuntak, Bidang NKBI Alam Saragih dan Bidang Infokom Zulfikar Tanjung.

“Saya siap memimpin DHC 45 Toba. Melalui forum ini kita akan gerakkan dan bangkitkan lebih kuat jiwa, semangat dan nilai-nilai 45 di tengah-tengah masyarakat, khususnya di kalangan generasi muda dan milenial,” tegas Wakil Bupati.

Dia mengakui terjadi degradasi karakter patriotisme bangsa dewasa ini terutama di kalangan generasi milenial, sehingga perlu upaya bersama untuk membangkitkannya kembali.

“Saya sering berlunjung menjadi pembina upacara di sejunlah sekolah. Saya merasakan atensi mereka terhadap simbol-simbol kebangsaan, kesejarahan dan nasionalisme cenderung memudar. Kondisi ini memprihatinkan jika tidak segera diantisipasi,” jelasnya.

Oleh sebab itu Wakil Bupati merasa gembira atas kunjungan Tim DHD 45 Sumut dan mengaku spontan terpanggil ketika Wakil Ketua DHD 45 Sumut Sanggam Hutagalung memaparkan fungsi dan tujuan mulia dan luhur organisasi bentukan pemerintah ini.

Sanggam Hutagalung yang mantan Sekda Kabupaten Taput dan rombongan merasa bangga dan berterima kasih atas kesediaan Wakil Bupati untuk diusulkan menjadi Ketua DHC 45 Kabupaten Toba periode mendatang.

Tentang keprihatinan Wakil Bupati soal indikasi terjadinya degradasi jiwa, semangat dan nilai kejuangan 45 Samggam mengakui hal ini salah satu program utama DHD 45 untuk memgantisipasinya.

Sanggam memaparkan beberapa program dan kegiatan telah dilakukan antara lain bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara dalam membangun karakter kebangsaan di kalangan pelajar.

Program yang didukung penuh oleh Kadis Pendidikan Sumut Dr H Asren Nasution MA jelas Sanggam sangat bernilai strategis dan ini akan bersinerji dengan semangat Wakil Bupati yang sering keliling ke sekolah-sekolah membangkitkan patriotisme pelajar.

Sanggam mengemukakan untuk membangun karakter bangsa generasi milenial masa depan merupakan tanggung jawab semua pihak khususnya DHD dan DHC 45.

Diakuinya generasi milenial saat ini kemampuan intelektualitasnya dalam hal ilmu pengetahuan dan teknologi tidak diragukan lagi. Bahkan ada indikasi kecerdasan intelektual mereka bisa melampaui para guru.

Hanya saja kekuatan karakter kebangsaan dan nasionalisme mereka masih harus dibina. Padahal ketika karakter itu keluar dari akar yang sesungguhnya maka tinggal menunggu rubuhnya suatu bangsa.

“Melalui DHD dan DHC 45 kita mempunyai wadah untuk ‘mengawal’ katakter generai milenial jangan sampai tergerus sedikit pun demi keutuhan bangsa Indonesia masa depan,” ujarnya

Itulah sebabnya lanjut Sanggam pihaknya sangat mengapresiasi Wakil Bupati yang siap membangkitkan nilai-nilai kebangsaan dengan konteks kekinian bagi gerenasi milenial maupun generasi ‘y’ dan ‘z’. Komitmen ini strategis dan fundamental.(MN.01)***

Baca Juga :
Kwarcab Pramuka Palas Tempati Gedung Baru

News Feed