oleh

Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani Gelar Reses ke Sejumlah SMA dan SMK di Tapteng dan Sibolga

-Politik-157 views

TAPTENG.Mitanews.Mitanews.co.id | Wakil Ketua DPRD Sumatera Utara Rahmansyah Sibarani, SH berjanji akan memperjuangkan apa yang menjadi aspirasi dari siswa dan guru SMK Negeri 1 Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah dan SMK Negeri 3 Sibolga.

Hal tersebut disampaikan Rahmansyah Sibarani saat menggelar reses ke wilayahnya di daerah pemilihan (Dapil IX) Sumatera Utara (Sumut), pada Rabu (30/11/2022).

Kehadiran politisi muda Partai NasDem tersebut di SMK Negeri 1 Badiri mendapatkan sambutan hangat dari para siswa dan juga para guru.

Berbagai aspirasi dan harapan pun mereka  sampaikan kepada Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani, yang dikenal cukup memperhatikan daerah pemilihannya, khususnya Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Badiri, Kasdi Simanjuntak bersama dengan Ketua Komite Sekolah Edy Hutauruk menyampaikan, bahwa masalah banjir yang menggenangi sekolah dan juga status lahan SMK Negeri 1 Badiri yang masih menjadi persoalan hingga saat ini.

“Sampai saat ini persoalan lahan sekolah ini belum juga selesai, ditambah lagi banjir yang sering terjadi karena tidak adanya tembok penahan pada bagian depan sekolah. Demikian juga dengan fasilitas sekolah dan ruangan praktek, kondisinya masih sangat minim. Untuk itulah kami sangat mengharapkan bantuan dan perhatian dari Bapak Rahmansyah agar berkenan memperjuangkan anggaran di Provsu agar dapat mengatasi kendala yang ada di sekolah mereka,” kata Ketua Komite dan diamini oleh Kepala Sekolah tersebut.

Selain itu, Ketua Komite itu juga meminta kepada Rahmansyah Sibarani agar Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Pendidikan Sekolah yang belakangan ini dihentikan penyalurannya, agar dapat kembali dikucurkan guna membayar gaji para guru honorer yang belum punya Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) di sekolah tersebut. Karena dengan adanya BOP tersebut, pihaknya tidak lagi membebani para orangtua siswa dengan cara melakukan pengutipan uang SPP, seperti yang terjadi selama ini.

“Sejak dihentikannya BOP itu, kami para orang tua siswa dengan suka rela memberikan SPP agar dapat membantu pihak sekolah dan membayarkan gaji guru honor yang belum memiliki NUPTK.

Menanggapi keluhan tersebut, Rahmansyah Sibarani berjanji akan memperjuangkan anggaran pembangunan tembok penahan air di R-APBD tahun 2024 mendatang, karena tak mungkin tahun ini bisa direalisasikan, sebab APBD tahun 2023 sudah di ketok.

Namun untuk anggaran BOP, Rahmansyah menyampaikan akan berupaya merealisasikannya di tahun 2023 ini, yang dikhususkan kepada siswa-siswi yang kurang mampu.

"Kami akan bantu pengurusan NUPTK. Untuk BOP 2023 akan diprioritaskan bagi yang kurang mampu dan anggarannya sudah diketok. Untuk menembok sekolah, kita juga akan ajukan anggarannya di tahun 2024 mendatang, karena untuk anggaran 2023 tidak mungkin lagi, sudah selesai diketok,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Rahmansyah juga tak lupa mengingatkan para siswa agar jangan lagi tawuran.

“Jangan ada lagi tawuran, belajarlah dengan baik untuk meraih masa depan kalian. Saya adalah anak seorang guru, bukan dari keluarga yang hebat-hebat. Tetapi karena memiliki komitmen dan semangat, sehingga bisa menjadi salah seorang pimpinan di DPRD Sumut. Saya berharap, kelak anak-anak Tapteng  dapat menjadi penerus kami di DPRD Sumut, bahkan  juga di lembaga lainnya,” harapnya.

Rahmansyah juga mengimbau kepada warga Tapteng yang merasa kesulitan untuk berobat karena tidak punya BPJS, agar menghubunginya untuk didampingi dalam memperoleh layanan kesehatan di rumah sakit yang ada di Kota Medan.

Tak hanya itu, abang kandung mantan Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani tersebut juga memberi bantuan ke sekolah tersebut berupa pembangunan lapangan voli lengkap dengan bolanya.

Terkait persoalan lahan sekolah, Rahmansyah meminta Kepala Sekolah agar menyampaikan proposal ke DPRD Sumut untuk diselesaikan melalui anggaran APBD Pemprov Sumut, seperti yang sudah mereka lakukan terhadap sekolah di Kota Pematangsiantar.

Usai dari SMK Negeri 1 Badiri, Rahmansyah juga mengunjungi SMK Negeri 3 Sibolga di Kecamatan Pandan.

Selain itu, Rahmansyah juga memberikan bantuan bola kaki dan bola voli, serta jaring net voli kepada kedua sekolah tersebut. Bahkan Rahmansyah juga berkesempatan berdialog dengan para guru dan komite sekolah untuk menampung aspirasi terhadap sekolah tersebut.

Untuk diketahui, sebelumnya Wakil Ketua DPRD Sumut itu juga telah melaksanakan kegiatan reses ke sejumlah SMA/SMK Negeri di beberapa Kecamatan di Tapteng, yakni SMA Negeri 1 Andam Dewi, SMK Negeri 1 Barus Utara, SMA Negeri 1 Barus, serta SMA Negeri 1 dan SMK Negeri 1 di Kecamatan Sosorgadong.(MN.16)

Baca Juga : PWI Gelar UKW dan Penerimaan Anggota Akhir Desember

News Feed