oleh

Bupati Batubara Tegaskan Pengguna Jalan Tak Punya Kartu Vaksin Harap Putar Balik

-Daerah-1,018 views

Batubara.Mitanews.co.id | Untuk mengantisipasi lonjakan Covid-19, Bupati Batubara Ir H Zahir MAp menegaskan bagi pengguna jalan yang melintas di Kabupaten Batubara, diwajibkan harus mempunyai kartu vaksin.

“Bagi yang sudah divaksin baik vaksin pertama maupun kedua diberikan askes memasuki wilayah Kabupaten Batubara. Sedangkan yang tidak dapat menunjukkan kartu vaksin diminta untuk putar arah,” ujar Bupati Batubara saat meninjau dan memeriksa pos pengamanan arus mudik di dua lokasi di Kabupaten Batubara, Selasa (28/12/21).

Bupati Zahir juga menegaskan kepada pengguna jalan yang melintas di wilayah Kabupaten Batubara harus membawa dokumen lengkap. “Mereka tetap diperiksa kelengkapan surat-surat dan kartu vaksinnya,” sebut Bupati Zahir didampingi Kepala Dinas Kesehatan Batubara Wahid Khusayri dan Kadis Perhubungan Jonnis Marpaung serta unsur Forkopimda lainnya.

Bupati kepada wartawan menegaskan, dalam pemeriksaan yang dilakukan telah menemukan pengemudi truk yang tidak dapat menunjukkan kartu vaksin dan enggan untuk divaksin sehingga diminta untuk putar arah.

“Tidak hanya pengemudi yang diperiksa, bagi penumpang kendaraan umum juga turut diperiksa kartu vaksinnya. Ini dilakukan guna melindungi warga, baik pendatang maupun warga Batubara untuk mengurangi penyebaran Virus Corona dan juga untuk memperkuat herd immunity,” beber Bupati Zahir.

Selain itu disebutkan Zahir, peninjauan dilakukan untuk memastikan kesiapan pos pelayanan dalam pengamanan arus mudik Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Adapun yang ditinjau Bupati Zahir di 2 pos pengamanan arus mudik yaitu Pospam Simpang Kuala Tanjung Kecamatan Sei Suka dan Pospam Desa Mangkai Lama Kecamatan Lima Puluh.

Kedatangan Bupati Zahir untuk melihat secara langsung kesiapan anggota dan peralatan serta perlengkapan pelayanan dari Dinas Kesehatan bagi warga yang melintas baik antar kecamatan, kabupaten, kota maupun provinsi.

“Yang kita khawatirkan adalah ada bus atau angkutan barang yang supir atau kerneknya belum divaksin. Jika ada supir yang belum divaksin kita arahkan untuk divaksin terlebih dahulu, jika tidak mau maka kita minta kendaraannya untuk putar balik,” ungkap Zahir.

Selain melakukan peninjauan, Bupati Zahir juga memberikan makanan dan minuman tambahan kepada para petugas untuk menambah semangat dalam menjalankan tugasnya. (TAMIN)

Baca juga : Forkopimda Asahan Kunjungi Proyek PLTA Asahan III

News Feed