oleh

Launching Destinasi Wisata Jembatan Hamzah Al Fansuri Barus Berlangsung Meriah dan Sukses

-Daerah-2,289 views

<blockquote>TAPANULI TENGAH .Mitanews.co.id | Launching destinasi wisata baru yang dilakukan oleh Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani bersama dengan Ketua TP PKK Tapteng Ny Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani, Wali Kota Sibolga H Jamaluddin Pohan, Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul, dan Ketua DPRD Tapteng Khairul Kiyedi Pasaribu, serta ribuan masyarakat Tapteng lainnya, di Jembatan Hamzah Al-Fansuri, Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), pada Rabu (08/12/2021) malam itu berlangsung sukses dan meriah.>

Kemeriahan Launching destinasi wisata baru itu semakin terlihat saat Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani didampingi Ny Citra Bakhtiar Sibarani, Wali Kota Sibolga H. Jamaluddin Pohan didampingi Ny Farida Jamal Pohan, Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul didampingi Ny Juli Darwin Sitompul, dan Ketua DPRD Tapteng Khairul Kiyedi Pasaribu, menekan tombol dan diiringi pesta kembang api, serta sorotan lampu hias warna-warni yang menghiasi sepanjang jembatan Hamzah Al-Fansuri itu.

Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani dalam sambutannya menjelaskan bahwa saat ini ia sedang mengejar ketertinggalan pembangunan akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia, termasuk diantaranya Indonesia, sejak dua tahun terakhir ini.

Salah satu sektor yang berdampak akibat pandemi Covid-19 ini adalah sektor Pariwisata. Untuk itulah, dengan kehadiran Jembatan Hamzah Al-Fansuri Barus, yang didesain seindah mungkin serta dilengkapi dengan lampu hias, kini dijadikan sebagai destinasi wisata baru di Tapteng.

“Kita lagi mengejar ketertinggalan ini, walau sudah banyak infrastruktur yang kita kerjakan, kurang lebih ratusan kilometer infrastruktur jalan yang sudah kita kerjakan. Pekerjaan ini waktunya sangat singkat, kami juga berada pada pandemi Covid-19, serta terlalu banyak infrastruktur di Kabupaten Tapanuli Tengah ini yang rusak, sebelum kami menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tapanuli Tengah,” ungkap Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Bupati Bakhtiar berharap, jembatan megah yang dibangun berukuran 100 m kali 10 m ini mampu menjadi pemacu laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), khususnya di Kecamatan Barus dan sekitarnya.

“Dengan kehadiran puluhan ribu orang yang datang ke sini, pasti mereka akan makan dan minum di sekitar sini. Bahkan ada yang tinggal di sekitar sini. Mungkin jadi dia berangkat ke Makam Papan Tinggi, ke Makam Mahligai, melihat tugu titik nol dan juga ke Jembatan Hamzah Al-Fansuri ini. Karena lampu jembatan ini hidupnya malam hari, otomatis para pengunjung akan bermalam di Kecamatan Barus. Hal ini akan meningkatkan ekonomi di Kecamatan Barus ini. Jadi, uang itu akan tinggal di masyarakat sekitar Kecamatan Barus ini. Itulah salah satu efek ekonominya,” jelas Bupati Bakhtiar.

Selain keberadaan Jembatan Hamzah Al-Fansuri Barus ini, Bupati Bakhtiar juga saat ini sedang membangun Kota Mini di Kecamatan Pandan dan Kecamatan Barus, yang hingga saat ini masih dalam proses pengerjaan.

“Untuk Kecamatan Barus, sedang dikerjakan perluasan jalan mulai dari Kantor Pos Barus menuju Jalan Hamzah Al-Fansuri dan titik nol peradaban Islam di Nusantara yang sudah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada tahun 2017 yang lalu,” lanjut Bupati Bakhtiar.

Bupati Bakhtiar juga menambahkan, ruas jalan tersebut dibangun menjadi dua jalur dan akan ada lampu hias mengelilingi Kota Barus ini.

Sementara itu, untuk di Kecamatan Pandan, perluasan jalan juga saat ini sedang dikerjakan mulai dari Simpang Lampu Merah Pandan hingga simpang DPR. Rencananya, juga akan dipasang lampu warna-warni di sepanjang jalan tersebut dan juga akan ada air menari dibangun di bekas Kantor Dinas Kesehatan Tapteng tersebut.

“Kami pastikan bulan April atau awal Mei 2022 mendatang, sebelum berakhirnya masa jabatan kami nantinya, itu sudah terwujud, dan itu akan menjadi destinasi wisata baru di Tapteng. Ini akan menjadi ciri khas dan ikon baru di kota Pandan sebagai ibu kota Kabupaten Tapanuli Tengah,” ungkap Bupati Bakhtiar seraya menegaskan bahwa anak kampung mampu membangun kampung halamannya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Bakhtiar tak lupa mengimbau masyarakat untuk senantiasa menjaga dan merawat Jembatan Hamzah Al-Fansuri beserta lampu hiasnya.

Untuk diketahui, Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani bersama Wakilnya Darwin Sitompul memiliki cita-cita mulia untuk membenahi Tapteng, yang salah satunya adalah dengan membangun infrastruktur dan juga sektor pariwisata serta sektor-sektor lainnya.

Sejak dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Tengah pada 22 Mei 2017 yang lalu, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakilnya Darwin Sitompul, fokus membangun infrastruktur. Ratusan kilometer jalan rusak peninggalan pemerintahan sebelumnya telah selesai diperbaiki. Meski pada kenyataannya, masih ada beberapa ruas jalan yang belum dapat tersentuh, hal itu karena keterbatasan anggaran. 

Ditambah lagi, kondisi pandemi Covid-19 yang tidak hanya menguras energi, melainkan juga menguras banyak anggaran yang terpaksa harus di recofusing untuk penanganan Covid-19. 

Alhamdulillah saat ini, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), masuk dalam kategori daerah yang aman dari Covid-19, yang ditandai dengan perolehan penilaian level 1.

Jembatan Hamzah Al-Fansuri Barus, yang diresmikan tahun 2019 lalu, merupakan salah satu impian Bupati Tapteng dari sejak kecil. Dan saat ini, cita-cita itu sudah terwujud.

Bupati Bakhtiar pun terlihat sangat terharu dan bangga saat menyaksikan kegiatan malam itu bersama ribuan masyarakatnya.

Di kawasan jembatan ini juga, Bupati muda itu meresmikan Papan Cerita (Storynomics) Hamzah Al Fansuri,  Sastrawan Barus pada masa pembibitan Bahasa Persatuan Indonesia.

Kehadiran Papan Cerita itu semakin menyempurnakan nama besar sastrawan dunia asal Kota Barus, yakni Hamzah Al-Fansuri.

Sementara itu, sejumlah warga yang memenuhi kawasan jembatan Hamzah Al-Fansuri malam itu mengaku bangga karena telah berdiri bangunan semegah itu di daerah mereka.

“Kami sangat bangga dan berterima kasih kepada Bapak Bupati, Bakhtiar Ahmad Sibarani yang sudah menghadirkan destinasi wisata baru ini. Kami yakin sektor perekonomian kami akan berkembang karena akses jalan sudah terhubung dan pengunjung juga terus berdatangan. Sekali lagi, kami bangga dan berterima kasih kepada Bapak Bupati kami,” ungkap Ahmad Faisal Gultom dan Rahma Dini.

Demikin halnya dengan pedagang makanan dan kuliner yang ada di sekitar Jembatan Hamzah Al-Fansuri Barus, juga mengaku senang, karena penghasilan mereka bertambah.

“Pasti senanglah pak. Jualan kita semakin laris karena banyak pengunjung yang datang, apalagi malam ini benar-benar luar biasa. Terima kasih kami dari para pedagang kepada Pak Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani,” ujar Ibu Sri Rahayu, pedagang makanan.

Kegiatan launching ini pun turut disiarkan secara langsung di chanel Youtube Bakhtiar Ahmad Sibarani ( mn.16).

Baca juga : STPS BERSAMA LANAL SIBOLGA GELAR PEMBEKALAN PENDIDIKAN DASAR BELA NEGARA

News Feed