oleh

Pangkalan TNI AL Sibolga Buka Penerimaan Calon Tamtama dan Bintara Gelombang I TA 2022.

-Daerah-972 views

SIBOLGA.Mitanews.co.id | Lembaga Penyediaan Tenaga Angkatan Laut (LAPETAL) melalui Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sibolga membuka penerimaan Calon Tamtama PK TNI AL Gelombang I TA 2022 dan Calon Bintara PK Pria  TNI AL Gelombang I TA 2022.

Pendaftaran Online Calon Tamtama dan Calon Bintara PK TNI AL Gelombang I TA 2022 ini dibuka sejak hari ini, Senin, tanggal 13 Desember 2021 sampai dengan tanggal 12 Januari 2022 mendatang. Sedangkan untuk Validasinya, dimulai sejak tanggal 20 Desember 2021 sampai dengan tanggal 12 Januari 2022.

Hal ini disampaikan oleh Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Syaifuddin Zuhri, M.Tr, Opsla melalui Ketua Tim Penerimaan Calon Tamtama (CATA) dan Calon Bintara (CABA) TNI Angkatan Laut, Sub Panitia  Daerah (Subpanda) Sibolga Letda Laut (E) Investo Ardhitya Raharjo kepada MitaNews, pada hari Senin (13/12/2021) di Mako Lanal Sibolga.

Letda Laut (E) Investo Ardhitya Raharjo menjelaskan bahwa untuk menjadi calon prajurit Tamtama dan Bintara TNI Angkatan Laut, harus memenuhi syarat yang telah ditetapkan.

“Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh para Calon Tamtama PK TNI Angkatan Laut Gelombang I TA 2022 adalah sebagai berikut, Warga Negara Indonesia, Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta Setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD RI Tahun 1945. Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara tepublik Indonesia (Polres Setempat). Pria berijazah minimal SMP sederajat. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti Dikma sampai dengan dua tahun setelah selesai Dikma. Tinggi badan sekurang-kurangnya 163 cm dengan berat badan seimbang. Berusia paling tinggi 22 tahun dan paling rendah 17 tahun 9 bulan pada saat pembukaan pendidikan pertama. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) maksimal 10 tahun, terhitung mulai saat dilantik menjadi kelasi dua/prajurit dua. Bukan prajurit TNI, anggota Polri maupun PNS. Sehat jasmani dan rohani, tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik telinga atau anggota badan lainnya kecuali yang disebabkan oleh ketentuan adat, tidak buta warna dan tidak berkacamata/memakai softlens. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah NKRI. Memiliki kartu BPJS atau Kartu Jaminan Kesehatan dan sejenisnya. Berdomisili sesuai KTP minimal 12 bulan di Wilayah Panitia Daerah/tempat pendaftaran terdekat yang dinyatakan sah secara administrasi maupun fakta, terhitung dari tanggal pembukaan pendaftaran online, dan Khusus untuk Satuan Pendidikan (Satdik) diprioritaskan Putra/Putri Asli Daerah,” kata Ketua Tim Penerimaan Calon Tamtama dan Calon Bintara TNI Angkatan Laut Panda Sibolga Letda Laut (E) Investo Ardhitya Raharjo.

“Sedangkat untuk Calon Bintara PK Pria TNI Angkatan Laut Gelombang I TA 2022 syarat-syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut, Warga Negara Indonesia, Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta Setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD RI Tahun 1945. Berusia paling tinggi 22 tahun dan paling rendah 17 tahun 9 bulan pada saat pembukaan pendidikan pertama. Sehat jasmani dan rohani, tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik telinga atau anggota badan lainnya kecuali yang disebabkan oleh ketentuan adat, tidak buta warna dan tidak berkacamata/memakai softlens. Berkelakuan baik dan tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara tepublik Indonesia (Polres Setempat). Pria atau Wanita mempunyai tinggi badan minimal 163 cm (untuk caba pria) dan minimal 160 cm (untuk caba wanita) dengan berat badan seimbang. Berijazah minimal SMA/MA/SMK semua jurusan, dengan nilai akhir rata-rata (UAH + UAS) minimal 55,00. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan pertama. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) paling lama 10 tahun, terhitung mulai saat dilantik menjadi sersan dua/serda. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah NKRI. Bagi yang sudah bekerja, wajib melampirkan surat persetujuan dari instansi tempat bekerja/terkait dan surat pernyataan bersedia diberhentikan dari status pegawai apabila diterima menjadi Bintara Prajurit Karier TNI Angkatan Laut. Bebas dari Narkoba yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Dokter. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap. Berdomisili sesuai KTP minimal 12 bulan di Wilayah Panitia Daerah/tempat pendaftaran terdekat yang dinyatakan sah secara administrasi maupun fakta, terhitung dari tanggal pembukaan pendaftaran online, dan Khusus untuk Satuan Pendidikan (Satdik) diprioritaskan Putra/Putri Asli Daerah,” lanjut Letda Laut (E) Investo Ardhitya Raharjo.

Lebih lanjut, Letda Laut (E) Investo Ardhitya Raharjo menjelaskan bahwa untuk menjadi Calon Tamtama dan Bintara TNI Angkatan Laut, para calon harus terlebih dulu mendaftarkan dirinya secara online melalui internet ke alamat website: al.rekrutmen-tni.mil.id

Setelah peserta melakukan pendaftaran secara online ke alamat website: al.rekrutmen-tni.mil.id , kemudian melakukan daftar ulang secara fisik ( validasi)  ketempat pendaftaran yang telah ditentukan dengan menunjukkan cetakan formulir pendaftaran dan dokumen asli antara lain, Akte Kelahiran, KTP Calon, KTP Orang Tua/Wali, Kartu Keluarga (KK), BPJS, Ijazah dan SKHUN SD, SMP dan SMA/MA,SMK yang masing-masing difotocopy satu lembar, paspoto hitam putih terbaru ukuran 4×6 cm dua lembar, 3×4 cm satu lembar, dan dua buah stopmap warna merah untuk Calon Tamtama serta dua buah stopmap warna biru untuk Calon Bintara.

“Bagi para Calon Tamtama dan Bintara yang telah mendaftarkan dirinya secara online serta berada di wilayah kerja Lanal Sibolga, pendaftaran ulangnya berlokasi di Mako Lanal Sibolga Jalan S. Parman Nomor 26 Kota Sibolga,” ungkap Ketua Tim  Penerimaan Calon Tamtama dan Calon Bintara TNI Angkatan Laut Sub Panda Sibolga Letda Laut (E) Investo Ardhitya Raharjo.

Sebagai bahan tambahan kepada para calon Tamtama dan Bintara TNI Angkatan Laut adalah sebagai berikut

a. Jika ada, agar melampirkan sertifikat/piagam prestasi yang dimiliki.

b. Calon yang dinyatakan tidak lulus seleksi tingkat pusat, akan dikembalikan ke daerah asal pendaftaran, dengan biaya Negara.

c. Calon hanya dibenarkan mendaftar disatu tempat pendaftaran

“Saya mengimbau kepada masyarakat, khususnya kepada para Calon Tamtama/Calon Bintara PK TNI Angkatan Laut dan juga para orang tua calon, agar berhati-hati dengan penipuan. Jangan mudah percaya dengan bujuk rayu siapapun juga, yang menjanjikan bisa meluluskan saudara menjadi Prajurit TNI AL. Selama kegiatan seleksi ini berlangsung, tidak ada pungutan biaya apapun/gratis,” imbau Ketua Tim  Penerimaan Calon Tamtama dan Calon Bintara TNI Angkatan Laut Sub Panda Sibolga Letda Laut (E) Investo Ardhitya Raharjo mengakhiri .( mn.16)

Baca juga : 4 Atlet Kodrat Abdya Lolos Pora Satu Diantaranya Wanita.

News Feed