oleh

Bupati Bakhtiar Lakukan Langkah Wujudkan Tapteng Swasembada Pangan

-Daerah-1,533 views

TAPANULI TENGAH.MitaNews.co.id | Berbagai langkah dan upaya terus dilakukan oleh Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani agar Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) bisa menjadi swasembada pangan. Salah satu langkah yang sudah berhasil dilakukan Bupati Bakhtiar adalah dengan mendapatkan bantuan KUR Pertanian dari BNI. Di mana untuk tahap awal ini, sebanyak 1.964 petani di Tapteng mendapat fasilitas KUR yang berkerja sama dengan PT Daun Agro Nusantara selaku off taker (penjamin komoditas hasil tani).

Salah satu kelompok tani yang sudah mendapatkan fasilitas KUR ini adalah Komunitas Petani Holtikultura (KPH) yang ada di Kecamatan Sorkam, Sorkam Barat dan Pasaribu Tobing. 

Sebagai ungkapan rasa syukur para petani sekaligus untuk melakukan tanam perdana bawang merah, Komunitas Petani Hortikultura Tunas Baru menggelar acara syukuran atau Pesta Bona Taon yang dipusatkan di Balairung Sipea-pea yang berada di Kecamatan Sorkam Barat, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, pada Senin (24/01/2022).

Acara syukuran ini diawali dengan doa bersama untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar benih yang ditanam dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan panen yang memuaskan.

Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani yang diundang hadir dalam kegiatan itu, sangat mendukung langkah-langkah positif yang dilakukan para petani, khususnya Komunitas Petani Holtikultuira (KPH) Tunas Baru.

Sebagai bentuk perhatian dan dukungan Bupati kepada para petani, Bupati Bakhtiar menyerahkan bantuan 15 handsapryer, 2 Cultivator, dan Bibit Bawang Merah. Selain itu, Bupati Bakhtiar juga memberikan bantuan pupuk sebanyak 1,5 ton dari pribadi Bupati Bakhtiar kepada KPH Tunas Baru. 

“Kita akan terus mendorong sektor Pertanian kita agar daerah kita ini menjadi Swasembada Pangan, sehingga kebutuhan pangan kita tidak perlu lagi impor dari luar Tapteng,” ungkap Bupati Bakhtiar.

Untuk mendukung program tersebut, Bupati Bakhtiar juga meminta para Kepala Desa untuk memberikan bantuan pupuk kepada masyarakat yang bersumber dari anggaran Dana Desa, sehingga hasil pertanian masyarakat lebih meningkat lagi.

Sementara itu, Ketua KPH Tunas Baru, Ebling Hutasoit mengaku bangga dan berterima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan oleh Bupati Bakhtiar. Menurutnya, perhatian dan dukungan Bupati Bakhtiar ini kepada para petani di Tapteng akan membawa angin segar untuk keberlangsungan dan masa depan para petani.

“Kami akan terus mendukung dan melanjutkan program dari Pak Bupati Bakhtiar ini, kami sudah merasakan dan menyaksikan langsung bagaimana perhatian dan upaya yang dilakukan Pak Bupati Bakhtiar ini untuk meningkatkan perekonomian kami sebagai para petani ini,” ungkapnya bangga.

Hal senada juga disampaikan Direktur PT Daun Agro Nusantara, M. Hadi Nainggolan yang juga turut mengapresiasi kepedulian Bupati Bakhtiar terhadap para petani.

Selaku off taker (penjamin komoditas hasil tani) PT. Daun Agro Nusantara memastikan hasil dari petani Tapteng ini nantinya akan semakin meningkat, karena petani sudah terbebas dari rentenir dan tengkulak, dengan adanya program KUR dari perbankan yang berhasil diperjuangkan oleh Bupati Bakhtiar.

“Kami yakin, petani Tapteng akan bangkit dengan KUR perbankan yang berhasil diperjuangan oleh Bapak Bupati Bakhtiar ini. Dan itu akan berdampak positif terhadap pertumbuhan perekonomian petani dan masyarakat,” tegasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Tapteng, Khairul Kiyedi Pasaribu, Wakil Ketua DPRD Tapteng, Willy Sahputra Silitonga, para Asisten Sekdakab Tapteng, Para Pimpinan OPD Tapteng, perwakilan BPTP Kementan, Camat Sorkam Barat, Anggota KPH Tunas Baru dan Masyarakat lainnya.( mn.16 ).

Baca juga : 8 Truk Pembawa Barang Tanpa Dokumen Diamankan Polda

News Feed