oleh

Kapolres Padang Lawas Pimpin Apel Kasatkamling Tahun 2023

-Daerah-6,537 views

Padang Lawas.Mitanews.co.id ||


Kapolres Padang Lawas (Palas) AKBP Indra Yanitra Irawan S.I.K,.M.Si pimpin apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasatkamling) di Mapolres Palas, Rabu (21/06).

Hadir pada apel Kasatkamling tahun 2023, PLT Bupati Palas drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu, Forkopimda, Pimpinan OPD, PJU Polres Palas, Ketua PAMK H Pauzan Hamidy Hasibuan.

Kapolres AKBP Indra Yanitra Irawan dalam sambutannya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada awak Satkamling yang telah ikut serta membantu tugas Polri dalam menjaga kamtibmas.

"Ini merupakan wujud nyata peran serta dan kepedulian masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan untuk menciptakan situasi yang aman, damai dan kondusif," ucap kapolres.

Disampaikan, Satkamling merupakan garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan/Desa. Oleh karena itu, kehadirannya diharap mampu menjadi peringatan dini terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.

"Hal ini tentunya menjadi nilai penting kehadiran satkamling itu sendiri, karena awak satkamling baik ketua maupun pelaksananya adalah masyarakat setempat dimana mereka berdomisili. Sehingga masyarakat memiliki peran mandiri yang signifikan dalam menjaga keamanan dan keteraturan lingkungan serta menyelesaikan permasalahan demi kenyamanan bersama," kata Kapolres.

Kapolres berharap agar awak satkamling senantiasa berpegang teguh pada nilai, norma, dan etika pada setiap pelaksanaan tugas.

"Tanamkan bahwa fungsi kepolisian terbatas non yustisiil yang diberikan kepada rekan-rekan merupakan sebuah kehormatan yang harus selalu dijaga, karena kehadiran Satkamling juga merupakan representasi kehadiran Polri di tengah masyarakat," Harap Kapolres.

Usai Apel Kasatkamling, pemberian penghargaan kepada dua desa terbaik yaitu Lingkungan Dua Kelurahan Pasar Sibuhuan, Desa Tanjung Botung, Kecamatan Barumun.

Usai gelar apel, Plt Bupati Palas Ahmad Zarnawi Pasaribu (AZP) berpesan kepada seluruh ketua agar meningkatkan giat siskamling di wilayah masing-masing.

"Dengan adanya Siskamling ini masyarakat dapat memiliki daya tangkal dan daya cegah yang handal dalam menanggulangi dan mencegah adanya gangguan kamtibmas, sehingga tercipta situasi kamtibmas yang aman dan kondusif," pesan AZP

Ia menambahkan, terwujudnya situasi kamtibmas aman tidak terlepas dari besarnya partisipasi seluruh masyarakat.

"Kamtibmas yang aman dan kondusif tidak hanya ditangani atau menjadi tanggung jawab aparat keamanan saja, melainkan menjadi kewajiban bersama baik aparat maupun masyarakat itu sendiri," ungkap AZP.(FH)

Baca Juga :
Kapolres Padang Lawas Pimpin Apel Kasatkamling Tahun 2023

News Feed