oleh

KPU Sergai Gelar Bimtek Pemutakhiran Data dan Penggunaan Aplikasi Sidalih

-Daerah-749 views


KPU Sergai Gelar Bimtek Pemutakhiran Data dan Penggunaan Aplikasi Sidalih

SERGAI.Mitanews.co.id ||


Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serdang Bedagai menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pemutakhiran data pemilih dan penggunaan aplikasi sistem data pemilih (Sidalih) serta E-Coklit untuk Pilkada 2024, Sabtu 15 Juni 2024 pagi, di lokasi wisata Jerico Stable, Kecamatan Sei Rampah.

“Agenda hari ini memang sudah kita siapkan, mengingat saat ini tahapan perekrutan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantralih) sedang berjalan.Untuk itu kita harapkan Pantralih yang dipilih yang mampu melakukan pencoklitan sesuai ketentuan yakni benar-benar turun langsung ke warga", ujar Ketua KPU Sergai Agusli Matondang sesaat sebelum membuka Bimtek.

Ia mengingatkan, kesalahan dalam melakukan pencoklitan atau pendataan apalagi sampai hilangnya hak pilih warga yang mempunyai hak pilih akan berakibat pada kualitas pemilihan nanti.

Agusli juga kembali mengingatkan pentingnya menjaga soliditas dengan menjaga prinsip kolektif kolegial dalam pelaksanaan tugas-tugas sebab kesuksesan dan kegagalan adalah tanggungjawab bersama.

"Laksanakan tahapan sesuai jadwal dan tidak ada pemilihan suara ulang di TPS nanti dan pastikan kependudukan yang dicatat benar adalah penduduk Kabupaten Serdang Bedagai", tegas Matondang.

Sementara H.M Sopian Komisioner KPU Divisi Hukum dan Pengawasan lebih menekankan pengawasan dari PPK kepada PPS dan Pantralih dalam setiap tahapan.

"Jaga kekompakan, jaga kesehatan, dan jangan mencari titik kesalahan dan kelemahan masing-masing PPK", bilang Sopian.

Ditempat yang sama , Fuad Hasan Lubis anggota KPU dari Divisi Data dan Informasi, juga mengingatkan, agar Pantralih benar-benar turun ke rumah-rumah warga saat Coklit.

"Semua PPK yang lima harus mengawasi saat pencoklitan, maka hari semua PPK dihadirkan mengikuti Bimtek agar semua berperan,semua harus setara tidak ada unggul-unggulan", kata Fuad menegaskan.

Informasi diperoleh ,acara Bimtek dihadiri 85 PPK dari 17 kecamatan untuk mengikuti acara hingga sore dalam rangka pada persiapan pemutakhiran data pemilih.

Pembentukan data ke Sidalih dan coklit, akan dilakukan oleh Pantarlih, yang akan dimulai tanggal 24 Juni kedepan sampai 25 Juli 2024.

Baca Juga :
Management Kebun Silau Dunia Gelar Malam Keakraban dengan Satpam

News Feed